PENERANGAN OTOMATIS DAN MONITORING ARUS LISTRIK MENGGUNAKAN ARDUINO UNO BERBASIS INTERNET OF THINGS

Penulis

  • Muhammad Fathur Rahman Universitas Budiluhur
  • Gunawan Pria Utama Universitas Budiluhur

Kata Kunci:

Arduino Uno, ,Internet of Things, Otomatis, Penerangan, Sensor LDR, Sensor PZEM-004T

Abstrak

Di kehidupan sehari-hari manusia tak pernah lepas dari penggunaan lampu listrik, untuk menghemat penggunaan dari energi listrik, umumnya manusia menggunakan sebuah saklar untuk memutus aliran dari energi listrik, namun penggunaan dari saklar manual ini, nampaknya sangat kurang efisien, dilihat dari banyaknya manusia yang lupa untuk mematikan saklarnya, sehingga penggunaan energi listrik menjadi boros dan menyebabkan pengeluaran yang cukup membebankan dan menghindarkan kita dari terjadinya konsleting arus listrik. Seperti yang terjadi di daerah perkampungan Parung Serab yang berada pada Kecamatan Ciledug, yang mana warganya suka lupa untuk mematikan lampu rumah sehingga pernah terjadi konsleting yang disebabkan oleh lampu, yang menyebabkan banyak membuang listrik yang seharusnya tidak diperlukan dan menyebabkan bahaya. Oleh karena itu, ide untuk mengembangkan sebuah saklar yang dapat bekerja secara otomatis untuk menyalakan dan mematikan lampu dalam rumah tanpa harus menekan tombol saklar lagi. Alat ini di lengkapi dengan sensor cahaya LDR (light dependent resistor), dengan kontrol menggunakan Arduino uno dan Switch yang di kontrol dengan Menggunakan Relay sehingga bisa mengatur untuk otomatisnya di matikan atau tidak dan dengan sensor arus listrik PZEM bisa memonitori penggunaan arus listrik yang ada di rumah sehingga bisa mengetahui penggunaan dari arus listrik yang terdapat di rumah, sistem ini dapat bekerja baik untuk mengurangi tidak efisiennya penggunaan listrik yang di sebabkan lupanya manusia saat mematikan saklar lampu.

Biografi Penulis

Gunawan Pria Utama, Universitas Budiluhur

Dosen Fakultas Teknologi Informasi

Referensi

A. K. Nalendra and M. Mujiono, “Perancangan IoT (Internet of Things) Pada Sistem Irigasi Tanaman Cabai”, Generation Journal, Vol. 4 No. 2, pp. 61-68 Tahun 2020.

T. Darmanto and H. Krisma, “Implementasi Teknologi IoT Untuk Pengontrolan Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Android”, JTIUST, Vol. 4 No. 1, pp. 1-12, Tahun 2019.

Desmira, D. Aribowo, G. Priyogi and S. Islam, “Aplikasi Sensor LDR (Light Dependent Resistor) Untuk Efisiensi Energi Pada Lampu Penerangan Jalan Umum”, PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, Vol. 9, No.1, pp. 21-29, Tahun 2022.

F. Al Ghifari, A. Anjalni, D. Lestari, and U. Al Faruq, “PERANCANGAN DAN PENGUJIAN SENSOR LDR UNTUK KENDALI LAMPU RUMAH”, j. kumparan fis. j. teach. phys., vol. 5, no. 2, pp. 85–90, Sep. 2022.

Andrian, Zulkarnain and H. Baehaqi, “Sistem kWH Meter Digital Menggunakan Modul PZEM-004T”, Jurnal Tiarsie, Vol. 16, No. 1, pp. 29-34, Tahun 2019.

Y. Novriandry and D. Triyanto, Suhardi, “Prototipe Sistem Monitoring, dan Pengisian Token Listrik Prabayar Menggunakan Arduino Uno Berbasis Website”, Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi, Vol. 08, No. 3, pp. 61-72, Tahun 2020.

Hj. A. Irmayani P, Asrul, and M. N. Kaliky “Desain Bangun Ayakan Alat Mesin Tanaman Perkebunan”, Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendali dan Listrik, Vol. 2, No. 1, pp. 12-22, Tahun 2020.

R. Rahmat Hasrul, “Rancang Bangun Prototipe WC Pintar Berbasis Wemos D1R1 yang Terhubung Pada Android”, SainETIn, vol. 5, no. 2, pp. 51-59, Jun. 2021.

A. Firmansyah and D. A. Pratama “Perancangan Smart Parking System Berbasis Arduino Uno”, Sigma: Information Technology Journal of UPB, Vol. 8, No. 2, pp. 1-9, 2018.

S. P. Santoso and F. Wijayanto, “Rancang Bangun Akses Pintu Dengan Sensor Suhu dan Handsanitize Otomatis Berbasis Arduino”, Jurnal Elektro, Vol. 10. No. 1, Tahun 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Rahman, M. F., & Utama, G. P. (2023). PENERANGAN OTOMATIS DAN MONITORING ARUS LISTRIK MENGGUNAKAN ARDUINO UNO BERBASIS INTERNET OF THINGS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1840–1848. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/947

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>