SENSOR SUHU PADA RUANGAN DATA CENTER MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODE MCU ESP8266

Penulis

  • Rivan Ashari Firmansyah Universitas Budi Luhur
  • Rizky Tahara Shita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Arduino Uno, Mikrokontroler, Sensor Suhu, Arduino IDE, Temperature, node mcu esp8266

Abstrak

Pemantauan suhu digunakan dalam berbagai aplikasi di seluruh dunia dalam industri semacam itu seperti data center untuk perangkat pemantauan suhu biasa dapat berkembang aplikasi dan memberikan keamanan lebih untuk produksi dan proses untuk industri.Sensor suhu digital memberikan akurasi lebih dan suhu yang lebih luas spektrum deteksi; menambahkan fleksibilitas pemantauan jarak jauh dan penyimpanan data, lebih system pemantauan suhu yang kuat dapat dibangun.Pada penelitian kali ini, sebuah perangkat Arduino dan sensor suhu digital yang bernama Node MCU ESP8266 digunakan untuk membangun pemantauan suhu fisik sistem mikrokontroler dan Pemrosesan digunakan karena fleksibilitasnya dalam hal sistem operasi, IDE, dan efektivitas biaya, untuk memprogram dan mengkonfigurasi system mengatasi masalah praktik buruk umum yang digunakan di sekitar pemrograman perangkat Arduino Node MCU ESP8266. Suhu ruangan yang dapat ditampilkan di LCD. Metode perancangan sistem dimulai dari kajian arsitektur sistem, perencanaan sistem kontrol suhu, dan pembuatan prototype sistem kontrol suhu. Penelitian ini menghasilkan prototype sistem kontrol suhu yang dilengkapi dengan fitur penampil suhu dengan LCD, sehingga suhu ruangan akan tertampil di LCD, apabila suhu tertampil diluar batas maksimum maka akan menghidupkan pendingin ruangan dan pendingin akan mati jika suhu berada dibawah batas minimum. Sistem ini bekerja dengan menggunakan beberapa perangkat diantaranya: Arduino, Sensor Suhu, Pendingin, dan Penampil Suhu (LCD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Arduino Uno telah bekerja dengan baik sebagai pengolah pusat desain ini. Desain dapat mendeteksi suhu di dalam ruangan dan semuanya informasi ditampilkan pada LCD 16x2.

Referensi

J. O. Farida. “PEMBANGUNAN DATA CENTER DAN MANAJEMEN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI KEJAKSAAN NEGERI MEMPAWAH” (2021)

A. A. Bayu. “RANCANG BANGUN SENSOR SUHU PADA MOTOR BERBASIS ARDUINO UNO”, in EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol 4, no 3, 2020.

S. Mochamad. “UJI AKURASI SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL”, vol 6, no 3, 2021.

R. Syam. “DASAR DASAR TEKNIK SENSOR MAKASSAR: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDIN”, vol 5, no 7, 2018.

A. Budi.”PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK KONTROL SUHU MENGGUNAKAN ARDUINO BERBASIS ANDROID”, vol 2, no 5, 2020.

K. Makinwa. “SMART TEMPERATURE SENSORS IN STPENULISRD CMOS”, Electronic Instrumentation Laboratory / DIMES, Delft University of Technology, Delft, The Netherlands, vol 3, no 5, 2019.

Ida Ayu Putu Febri Imawati, “SISTEM PENGONTROL SUHU RUANGAN DENGAN ARDUINO UNO DAN SENSOR LM35”, JMTI, Vo 12(1), pp 21-26, Apr. 2022, doi: 10.5281/zenodo.6513501.

Prihatmoko, D., "PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENGONTROL SUHU RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO", Simetris: Jurnal Teknik Mesin (Elektro dan Ilmu Komputer), Vol 7(1), pp 117-122, 2016, doi:https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.495

P. Andi, N. M. “Yulvia. RANCANG BANGUN ALAT PERINGATAN KEBAKARAN DENGAN SENSOR SUHU DAN ASAP MENGGUNAKAN ARDUINO”, Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, vol 1, no 6, 2022.

Pratama, R.A. and Permana, I., “Simulasi Permodelan Menggunakan Sensor Suhu Berbasis Arduino”, Edu Elektrika Journal, Vol 10(1), pp.7-12, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Ashari Firmansyah, R., & Shita, R. T. (2023). SENSOR SUHU PADA RUANGAN DATA CENTER MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODE MCU ESP8266. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2082–2090. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/949