ALGORITMA APRIORI DALAM IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PEMBUATAN PAKET PENJUALAN DI MESHA PETSHOP

Penulis

  • Theodorus Agum Gumilang Budi Luhur
  • Pipin Farida Ariyani

Kata Kunci:

Algoritma Apriori, Association Rule, paket produk, data mining

Abstrak

Mesha Petshop, sebuah toko yang menyediakan berbagai kebutuhan petshop seperti makanan kucing, makanan burung, obat-obatan, vitamin hewan, dan mainan kucing, berusaha meningkatkan penjualan dengan membuat paket produk yang menggabungkan item-item yang sering dibeli oleh pelanggan dalam satu transaksi. Untuk mencapai tujuan ini, Mesha Petshop menganalisis data transaksi dari toko fisik dan platform online seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak menggunakan metode Data Mining, yaitu metode association rule dan algoritma apriori. Sebanyak 110 transaksi diuji dengan nilai support 0,1 dan confidence 0,3, yang menghasilkan beberapa aturan asosiasi penting. Aturan-aturan ini memberikan wawasan berharga tentang pola pembelian pelanggan, memungkinkan Mesha Petshop untuk menyusun paket produk menarik. Hasil analisis data menunjukkan beberapa pola pembelian menarik, seperti hubungan antara produk "Takari 100gram" dengan "Kalung Motif Paw", "Gantungan Buah Plastic" dengan "Super Trucuk", "Topsong Rumput Laut" dengan "Topsong Madu", "Rantai Kunci Pintu" dengan "Super Trucuk", "Cat Choize Adult Salmon" dengan "Cat Choize Adult Tuna 800gram", "Susu Profat" dengan "Dot Kucing", serta "Super Trucuk" dengan "Super Murai". Dengan memanfaatkan aturan-asosiasi ini, Mesha Petshop dapat menyusun paket produk yang menarik dan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, dengan harapan dapat meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan serta memperkuat posisi kompetitif dalam industri petshop.

Referensi

Alexander J.P. Sibarani (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi (JATISI) 7(2), Hal. 262-276.M. A. Sanchez, S. Uremovich, dan P. Acrogliano, “Mining Tuberculosis Data,” in Data Mining and Medical Knowledge Management : Cases and Applications, R. Bellazzi, R. Jirousek, K. Mourik, J. Paralik, L. Torgo, dan B. Zupan, Eds. Hersey, New York: Medical Information Science Reference, 2009, pp. 332–349.

Ade Fitria Lestari, M. Hafiz (2020). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse. JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA , 5 (1).

Adhitia Erfina, Melawati, Nunik Destria Arianti (2020). PENERAPAN METODE DATA MINING TERHADAP DATA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO FASENTRO FANCY). Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi JURSISTEKNI, 2 (3) Hal 14 -22.

(Arfhan Prasetyo, Numan Musyaffa, Ricki Sastra (2020). IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS DAPOERIN'S). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 8 (2).

Denny Rusdianto,Sutiyono, Ludi Zaelani (2020). IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BALE BANDUNG. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA 2(2).

Efrika Manurung, Penda Sudarto Hasugian (2019). DATA MINING TINGKAT PESANAN INVENTARIS KANTOR MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA KEPOLISIAN DAERAH SUMATERA UTARA. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 4 (2).

Haryo Kusumo, Eko Sediyono, Marwata Marwata (2019). Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1 (1) Halaman : 51-62

Muhammad Syahril, Kamil Erwansyah, Milfa Yetri (2020). Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD 3(1), pp.118-136.

Novalia Barkah, Entin Sutinah , Nani Agustina (2019). Metode Asosiasi Data Mining Untuk Analisa Persediaan Fiber Optik MenggunakanAlgoritma Apriori. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 20 (3) Halaman: 237–248.

Sry Pay Tualeka1, Faza Alameka, Nariza Wanti Wulan Sari (2021). IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN DAN PENEMPATAN STOK BARANG PADA CV PASTIJAYA HOUSEWAREMENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. SEMINASTIKA..

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Agum Gumilang, T., & Farida Ariyani, P. (2023). ALGORITMA APRIORI DALAM IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PEMBUATAN PAKET PENJUALAN DI MESHA PETSHOP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 966–975. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/960

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence