PROTOTIPE BERBASIS IOT MENGGUNAKAN ALAT WEMOS D1 R1, SENSOR DHT 11, MQ 2 DI PT. PLN ICON PLUS

Penulis

  • Alfio Yuliastino Fakultas Teknologi Informasi

Kata Kunci:

sensor MQ 2, Internet Of Things, Wemos D1 R1, DHT11

Abstrak

Pada saat ini teknologi pertumbuhannya sangat cepat, salah satunya ialah pemanfaatan Internet of Things. Internet of Things adalah suatu konsep yang dapat menghubungkan semua perangkat elektronik menggunakan jaringan internet.Ruang Server merupakan ruangan penyimpanan untuk server, perangkat teknologi dan perangkat listrik. Ruang server salah satu asset penting untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan sehari-hari maupun penerapan teknologi. Sangat penting adanya alat untuk melakukan monitoring dan mengontrol jarak jauh untuk ruang server. Dengan adanya teknologi yang memudahkan untuk untuk memonitoring dan mengontrol ruangan server agar suhu stabil, tidak adanya api maupun gas, dan juga untuk menimalisir adanya pemicu kebakaran. Sistem ini menggunakan metode prototipe ini dengan tujuan yaitu sistem monitoring dan kendali pada ruang server berbasis Internet of Things menggunakan mikrokontroler Wemos D1 R1 agar memudahkan karyawan untuk melakukan monitoring suhu dari jarak jauh dan menimalisir adanya gas maupun api yang bisa memicu kebakaran. Konsep ini diterapkan dengan sensor DHT 11 untuk monitoring suhu, Sensor MQ 2 untuk mengecek pada ruangan server ada gas atau tidak maupun Flame sensor untuk mendeteksi ada atau tidaknya api. Lalu untuk rancangan mobile android menggunakan tombol on atau off untuk menyalakan lampu. Hasil pengujian ini alat berjalan dengan lancer namun ada beberapa delay dikarenakan koneksi jaringan internet, kabel maupun arus listrik. Dengan adanya penelitian ini, maka dapat membantu mengelola ruang server dan dapat mempermudah melakukan pengontrolan dan identifikasi masalah di ruang server PT. PLN Icon Plus.

Referensi

Aldisa, R.T. and Alfarisi, S. (2022) ‘Sistem Pendeteksi Keamanan Ruangan “Smart Security” Dengan Metode Fuzzy Logic Menggunakan Sensor PIR Berbasis Internet of Things (IoT)’, Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 4(1), p. 176. Available at: https://doi.org/10.30865/json.v4i1.4862.

Anggoro, W.W. and Widiasari, I.R. (2021) ‘Perancangan dan Penerapan Kendali Lampu Ruangan Berbasis IoT (Internet of Things) Android’, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3). Available at: http://jurnal.mdp.ac.id.

Arief Deswar, F. and Pradana, R. (2021) MONITORING SUHU PADA RUANG SERVER MENGGUNAKAN WEMOS D1 R1 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT), Technologia.

Dwi Cahyadi, H., Mirza, Y. and Laila, E. (2022) Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Flame Sensor dan Sensor Asap Berbasis Arduino, Jurnal Laporan Akhir Teknik Komputer.

Fatra, D. and Syazili, A. (2020) ‘SISTEM MONITORING SUHU JARAK JAUH PADA RUANG SERVER BERBASIS INTERNET OF THINGS’, Bina Darma Conference on Computer Science [Preprint].

Fauzan Bagus Pratama, M., Alfiandi, R., Puspa Rahayu, D., Studi Teknik Informatika, P. and Piksi Ganesha Bandung Jl Jend Gatot Subroto No, P. (2022) PERANCANGAN SISTEM PENDETKSI SUHU RUANGAN YANG IDEAL BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) DI SMK PERINTIS.

Isador Harsapranata, A., Kamal Raya No, J., Barat, R. and Barat, J. (2019) ‘PENGEMBANGAN INTERNET OF THINGS YANG DIMANFAATKAN DALAM MONITORING RUANG SERVER’, 4. Available at: https://doi.org/10.22236/teknoka.v%vi%i.4194.

Kristiyanti, D.R., Wijayanto, A. and Aziz, A. (2022) ‘Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis Internet of Things Menggunakan MQTT dan Telegram BOT’, Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI), 1(1), pp. 61–73. Available at: https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.60.

Nusyirwan, D. (2019) ‘“FUN BOOK” RAK BUKU OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DAN BLUETOOTH PADA PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISWA’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 12(2), p. 94. Available at: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.31140.

Rachmat, A., Rahmat, A.F. and Imran, L. (2021) ‘PENGENDALIAN SUHU RUANGAN MENGGUNAKAN MENGGUNAKAN FAN DAN DHT11 BERBASIS ARDUINO’, CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), 6(1).

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Yuliastino, A. (2023). PROTOTIPE BERBASIS IOT MENGGUNAKAN ALAT WEMOS D1 R1, SENSOR DHT 11, MQ 2 DI PT. PLN ICON PLUS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1858–1866. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/990

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.