PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN TATA LETAK PENJUALAN DI TOKO SWALAYAN

Penulis

  • Imron Ramdhani Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur
  • Bulion Dragon Andah Universitas Budi Luhur
  • Deni Mahdiana Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, Association Rule, Algoritma Apriori, Tata Letak, Swalayan

Abstrak

Swalayan merupakan tempat yang menjual kebutuhan sehari-hari. Seiring waktu kebutuhan rumah tangga semakin meningkat, maka dengan itu transaksi pada toko swalayan menjadi meningkat. Pola pembelian setiap konsumen yang berbeda-beda sangat berpengaruh pada produk-produk yang tersedia di toko swalayan. Penentuan tata letak produk pada toko swalayan juga sangat berpengaruh pada produk-produk yang lain karena menyebabkan penjualan menjadi kurang optimal. Maka dari permasalahan yang terjadi, pengelola swalayan harus mencari cara dengan memanfaatkan data transaksi yang ada agar penjualan pada toko swalayan menjadi optimal. Penelitian ini memanfaatkan data transaksi yang sebelumnya hanya disimpan, dapat diolah menggunakan algoritma apriori mencari nilai minimum support dan minimum confidence dengan lift ratio yang dapat menghasilkan produk-produk yang paling sering dibeli bersamaan. Sehingga pengelola toko swalayan dapat menentukan tata letak produk  yang seharusnya dijauhkan dan produk yang didekatkan. asosiasi menggunakan algoritma apriori dapat menghasilkan analisis pola pembelian produk pada swalayan dan dapat dijadikan referensi bagi pengelola swalayan agar dapat mendekatkan tata letak produk yang dihasilkan adalah telur, minyak, dan tepung dengan nilai confidence terbesar yaitu 91% dan lift ratio 1.75, lalu produk yang harus dijauhkan adalah kecap, snack, permen, susu, dan susunan yang paling akhir adalah deterjen dan sabun dikarenakan deterjen dan sabun memiliki bahan kimia yang sangat berbahaya untuk makan, sehingga penjualan produk pada swalayan yang sebelumnya kurang optimal menjadi lebih baik. Pengelola juga dapat menjauhkan barang yang terlaris agar dapat meningkatkan penjualan pada produk yang kurang laku.

Referensi

N. Fadila Matondang, H. Jaya, S. Informasi, and S. Triguna Dharma, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Penjualan Barang Elektronik,” Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 21, no. 2, pp. 102–114, 2022, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jis

K. N. Anjumi and C. Bella, “Analisis Data Pola Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” 2022.

A. Syahputra Auliadaya, M. Rizki, M. Axel Fairuz Azhary, J. Ahmad Nugraha, and I. Gunawan Rahmatullah, “Analisa Pola Pembelian Produk Pada Toko Cimahi-Ruko Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” 2019.

R. K. W. S. P. P. Maresta Dora, “Analisa Transaksi Penjualan Dalam peningkatan Promosi Penjualan Berbasis Sistem Informasi,” Jurnal Ekombis Review, vol. 11, no. 1, pp. 357–368, 2022, doi: 10.37676/ekombis.v11i1.

R. Khairul, W. M. Sari, S. T. Ekonomi, D. Bisnis, and P. Putra, “Study Program of Management Faculty of Economic,” Jurnal Ekombis Review, vol. 11, no. 1, pp. 357–368, 2023, doi: 10.37676/ekombis.v11i1.

Y. Suhanda, I. Kurniati, and S. Norma, “Penerapan Metode Crisp-DM Dengan Algoritma K-Means Clustering Untuk Segmentasi Mahasiswa Berdasarkan Kualitas Akademik,” Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 12–20, Sep. 2020, doi: 10.37012/jtik.v6i2.299.

A. Adri, N. D. Rumlaklak, and D. R. Sina, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan (STUDI KASUS: TOKO UD. SURYANI),” Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 182–188, Oct. 2021, doi: 10.35508/jicon.v9i2.5132.

R. Andika Johan, R. Himilda, and N. Auliza, “Penerapan Metode Association Rule Untuk Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” 2019.

H. Rizkiyanto, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menganalisa Transaksi Pakaian Di Toko Sahabat Busana Besuki,” 2019.

A. F. Yudanar, S. H. Fitriasih, and M. Hasbi, “Rekomendasi Barang Di Toko Elektrik Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. 8, no. 2, Oct. 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i2.499.

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Ramdhani, I., Gata, G., Andah, B. D., & Mahdiana, D. (2023). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN TATA LETAK PENJUALAN DI TOKO SWALAYAN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1032–1040. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/991

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>