PROTOTIPE INTERNET OF THING PAKAN KUCING OTOMATIS, DENGAN WEMOS D1R1, ULTRASONIK DAN WATER LEVEL

Penulis

  • Angelina Septiani Vania Putri Universitas Budi Luhur
  • Gunawan Pria Utama Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Internet Of Things, Water Level, prototyping , ultrasoik

Abstrak

Alat ini memberikan solusi bagi pemilik kucing yang sibuk dan karyawan di petshop untuk memberikan makan secara rutin. Terkadang, jadwal pemberian makan kucing menjadi tidak teratur karena kesibukan di luar rumah, yang dapat menyebabkan kucing kelaparan saat pemilik sedang berada di luar rumah atau karyawan terlalu sibuk dengan tugas-tugas lain. Alat ini memanfaatkan internet Sensor Ultrasonik untuk mendeteksi jarak pakan dalam wadah, sehingga pemilik atau karyawan dapat mengetahui tingkat pakan yang tersisa melalui monitor smartphone. Status yang ditampilkan di aplikasi memberitahu jika pakan hampir habis atau masih cukup. Selain itu, alat ini dilengkapi dengan Sensor Ketinggian Air untuk memonitor tingkat air dalam wadah minum kucing. Ketika air di bawah batas yang ditentukan, pompa secara otomatis akan mengisi wadah dengan air dari penampungan, dan ketika air melebihi batas, pompa akan mati otomatis untuk mencegah tumpahan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe alat berfungsi dengan baik. Namun, terdapat sedikit delay sekitar 2 hingga 4 detik pada kontrol alat yang dioperasikan melalui smartphone, dan Sistem Otomatis juga mengalami delay selama 3 detik. Delay ini disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil dan ketidakstabilan pasokan listrik. Diharapkan alat pemberi makan kucing otomatis ini dapat memberikan kesejahteraan dan kenyamanan bagi kucing peliharaan bahkan ketika pemilik atau karyawan tidak berada di sekitar. Alat ini diharapkan menjadi solusi yang sangat berguna bagi para pemilik atau karyawan dalam menjalankan kegiatan rutin tanpa harus mengganggu tugas-tugas lain yang sedang mereka kerjakan. Dengan alat ini, pemilik kucing dapat lebih tenang meninggalkan hewan peliharaan mereka, dan karyawan petshop dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada kucing yang menjadi tamu mereka.

Referensi

M. R. Muzaky, Y. A. Pranoto dan N. Vendyansyah, “Penerapan IOT (Internet Of Things) Pada Pemantauan Kesehatan Kandang Hewan Jenis Landak Mini Berbasis Arduino Dengan Menggunakan Metode Logika Fuzzy,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 2 September 2021.

S. F. Kadir, "Mobile IOT (Internet of Things) Untuk Pemantauan Kualitas Air Habitat Ikan Hias Pada Akuarium Menggunakan Metode Logika Fuzzy," Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 3, 1 Maret 2019.

A. Rakhman and R. , "Analisa Pakan Burung Otomatis Menggunakan Arduino Berbasis Internet of Things," Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 5, 5 Mei 2020.

R. Devitasari and K. P. Kartika, "Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Kucing Otoatis Menggunakan Mikrokontroler NODEMCU Berbasis Internet of Things (IOT)," Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 14, 2 November 2020.

S. dan S. A. Putra, “Perancangan Sistem Penjadwalan Dan Monitoring Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet Of Thing,” Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks, vol. 2, 1 April 2019.

F. Lisika, “Rancang Bangun Pemberi Pakan Kucing Otomatis Berbasis Internet Of Things,” Universitas Dinamika, vol. 3, 2022.

A. R. Saputra, A. P. Sasmito dan D. Rudhistiar, “Rancang Bangun Pakan Dan Filterisasi Pada Budidaya Ikan Channa Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 5, 2 September 2021.

N. R. Akram dan A. L. Mawardi, “Penerapan Teknologi Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet Of Things Dalam Upaya Peningkatan Hasil Panen Ikan Lele,” Jurnal Masyarakat Mandiri, vol. 6, 6 Desember 2022.

S. Anindita, C. Mahendra dan H. , “SIstem Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet Of Things Dengan Wemos D1R1,” Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, vol. 6, 1 April 2022.

S. Anamika, J. Warta dan P. Kustanto, “Sistem Monitoring pH, Suhu, dan Pakan Otomatis Pada Budidaya Lobster Air Tawar Berbasis IoT Menggunakan Metode K-NN,” Journal of Information and Information Security, vol. 3, 2 Desember 2022.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Vania Putri, A. S., & Utama, G. P. (2023). PROTOTIPE INTERNET OF THING PAKAN KUCING OTOMATIS, DENGAN WEMOS D1R1, ULTRASONIK DAN WATER LEVEL. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 2100–2107. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/993

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>