ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA TOKO PERISAI YOGA YOGI UNTUK MENDUKUNG LAYANAN PENJUALAN
Kata Kunci:
E-Commerce, CMS, BMC, SEO, Toko Perisai Yoga YogiAbstrak
Toko Perisai Yoga Yogi adalah toko fashion yang menyediakan berbagai produk pakaian anak-anak dan orang dewasa. Dalam menjalankan usahanya Toko Perisai Yoga Yogi selalu mengalami permasalah yang terjadi diantaranya: kurangnya media promosi penjualan, pelanggan sulit mendapatkan informasi stok barang yang tersedia, kurangnya media untuk bertransaksi dan pembuatan laporan penjualan masih manual. Untuk mengatasi masalah yang terjadi penulis memberikan solusi dengan sistem e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) dengan tools dari Wordpress sebagai solusi pemecahan masalah pada sistem yang sedang berjalan saat ini. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu website tampil di halaman mesin pencari. Dengan penerapan e-commerce ini diharapkan ada peningkan penjualan, memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan, meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan, pembuatan laporan yang akurat dan mengatasi permasalahan yang terjadi pada Toko Perisai Yoga Yogi. Sehingga mampu untuk memperluas jangkauan pemasaran dan memberi kemudahan dalam mengakses informasi untuk calon pelanggannya, serta dapat mendukung layanan penjualan pada Toko Perisai Yoga Yogi.
Referensi
N. A. Rakhmawati, A. E. Permana, A. M. Reyhan, and H. Rafli, “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 32, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.868.
E. Y. Nasution, P. Hariani, L. S. Hasibuan, and W. Pradita, “Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia,” Jesya, vol. 3, no. 2, pp. 506–519, 2020, doi: 10.36778/jesya.v3i2.227.
Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” J. Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020,[Online].Available: https://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2486
Riswandi, “Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 13, no. April, pp. 15–38, 2019.
R. Pitriyani, G. Triyono, and S. Y. Nugroho, “Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (Cms),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2818.
A. Puspasari and P. Rabia, “Strategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemic covid-19 The shoe sales strategy uses the swot analysis method in the covid-19 pandemic era,” Akuntabel, vol. 17, no. 2, pp. 270–276, 2020.
K. Fadhli and N. D. Pratiwi, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 2, pp. 603–612, 2021, [Online]. Available: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684
A. Nabilaturrahmah and S. Siregar, “Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, dan e-WOM terhadap Minat Beli Produk Somethinc pada Followers Instagram @somethincofficial,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 7, pp. 41–49, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6534500.
. P. and A. Sanjaya, “Rekayasa Perangkat Lunak Perhitungan Harga Pokok Produksi Metode Full Costing Pada Umkm Mitra Cake Di Bandar Lampung,” J. Inf. dan Komput., vol. 9, no. 2, pp. 154–162, 2021, doi: 10.35959/jik.v9i2.243.
N. Widiyasono, “Implementasi Yoast Seo Dan Optimasi Keyword Untuk Meningkatkan Rank Pada Google Search Engine Result Page (Serp),” J. Siliwangi, vol. 7, no. 2, p. 2021, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.