RANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA PT. CIPTA MULTI PERSADA

Penulis

  • Muhammad Yusuf Saputra Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Electronic Customer Relationship (E-CRM), Retain, Alat Kesehatan

Abstrak

Pada era globalisasi yang canggih, pembuatan statistik sangat penting bagi banyak jenis aktivitas, tetapi khususnya penting bagi perusahaan komersial. Faktor pembuatan catatan memiliki kapasitas untuk memberikan kontribusi yang signifikan dan ramah lingkungan. Meskipun demikian, masih banyak bisnis yang belum mengintegrasikan teknologi catatan ke dalam operasi sehari-hari mereka. Selama bisnis ini berjalan, belum ada cara mudah untuk mengetahui dan meningkatkan kepuasan pelanggan, seperti media bagi pelanggan untuk memberkan kritik dan saran, atau cara bagi pelanggan memesan dari jauh secara online. Faktor-faktor tersebut merupakan masalah yang akan diatasi dalam penelitian ini menggunakan konsep dari sistem Customer Relationship Management (CRM). Dalam konsep ini, yakini retain sebagai konsep untuk mempertahankan pelanggan dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen.

Referensi

Erawati (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall. Jurnal Media Informasi Budidarma, 3(1), 1. https://doi.org/10.30865/mib.v3il.987 .

Lubangaol, Matrin Halomoan (2020). Rancangan Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Penyewaan Properti Berbasis WEB Di Kota Batam. Jurnal Comasie, 01(03), 83-92.

GilGomez et al. (2019) “Research model for measuring the impact of customer relationship management (CRM) on performance indicators,” Econ. Res. Istraz, vol.34, no.1, 2019, doi:10.1080/1331677X.2019.1836992.

Qomariah L.N. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pelayanan di Sekolah Menggunakan Framework Of Dynamic. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Huda A.A. (2021). 10 Hari Mengusai Object Oriented Programming, 1st edn. Yogyakarta: Deepublish. Available at: https://book.google.co.id/books?id=To4gEAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&dq=object+oriented+programming.

Henderi Raharja, U. And Rahwanto, E. (2021). UML Powered Design System Using Visual Paradigm. 1st edn. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Syarif, M. And Nugraha, W. (2020). ‘Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce’, Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 4(1), p. 70 halaman. Available at: https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240.

Alda, M. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. 1st edn. Bandung: Media Sains Indonesia.

Candrianto (2021). Kepuasan Pelanggan: Suatu Pengantar. 1st edn. Edited by M.R. Aqli. Malang: Literasi Nusantara.

Rahayu (2021). Manage Customer Loyalty. 1st edn. Jakarta: Universitas Prof. Moestopo.

Yofhanda Septi Eirlangga, Aldo Eko Syaputra (2024). Implementasi E-CRM untuk Pemesanan Tiket Travel Pada PT. Nice Trans Group. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi, 2024. vol.5. no.2, 145-154. https://jsisfotek.org/index.php.

Mutia Hannisyah Putri Lubis, Havid Syafwan, Prstiyanilicia Putri (2023). Implementasi E-CRM Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Toko Key Distro Kisaran. Jurnal Ilmiah Multidisplin Nusantara. vol. 1, no.2 51-57. https://jurnal.padangtekno.com/index/php/jimnu .

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Saputra, M. Y., & Novita, I. (2024). RANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA PT. CIPTA MULTI PERSADA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1769–1777. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/senafti/article/view/1543

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>