Penerapan Metode Multimedia Development Life Cycle Untuk Aplikasi Game Permainan Timun Mas Berbasis Android
Abstrak
Indonesia kaya akan cerita rakyat yang mempunyai nilai kearifan lokal yang dapat digunakan untuk pembelajaran karakter. Penelitian ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam mempelajari nilai moral yang ada di dalam cerita rakyat. Penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah game berbasis android bertemakan cerita rakyat timun mas yang dapat membantu memecahkan masalah kurangnya minat dan pengetahuan anak terhadap cerita rakyat terutama cerita rakyat timun mas dengan memadukan cerita rakyat dan game elektronik. Metode Pengembangan dalam pembuatan game bertema cerita rakyat ini dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dan dengan menggunakan algoritma finite state machine. Hasil dari pengembangan metode mdlc ini adalah sebuah game platforms yang bertema cerita rakyat timun mas yang yang dapat dijalankan di smartphone. Dengan dibuatnya game ini, penulis berharap dapat melestarikan cerita rakyat indonesia yang sudah mulai ditinggalkan oleh anak–anak zaman sekarang. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat membuat aplikasi game edukasi yang bertemakan cerita rakyat timun mas dengan pengujian pengguna menghasilkan nilai 78,63% dengan skala baik. Kontribusi penelitian ini adalah dapat memberikan pengetahuan dalam dunia game, khususnya game yang bersifat edukasi. Sisi edukasi dalam game ini berupa memperkenalkan cerita rakyat secara modern dan tidak membosankan.