IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE PADA GAME “MALIN KUNDANG: SIMPLE PLATFORM GAME” DENGAN UNITY GAME ENGINE
Kata Kunci:
Malin Kundang, Game Engine, Finite State Machine, Simple Platform GameAbstrak
Game lokal ditujukan untuk memberikan pengenalan terhadap kebudayaan lokal Indonesia melalui sebuah narasi yang terdapat pada game “Malin Kundang: Simple Platform Game”. Tujuan dari pembuatan game ini adalah banyak anak muda zaman sekarang yang tidak begitu mengetahui tentang kebudayaan dan nilai-nilainya maka dari itu mereka harus diajarkan tetapi tidak melewatkan hal-hal yang menarik para anak muda yaitu melewati media digital seperti Game. Tingkat kecanduan bermain game pada anak muda juga menjadi faktor mengapa game ini dibuat sebagai media edukasi pengenalan budaya lokal kepada masyarakat khususnya anak muda. Pada game “Malin Kundang : Simple Platform Game”. untuk mencapai tujuan dari pembuatan game ini akan menggunakan unsur genre Action, Platformer agar dapat menceritakan kebudayaan lokal pada game ini dan untuk menambah ketertarikan bagi pemain. Menurut dari hasil pengujian maka 88,8% dari pemain yang menyimpulkan Game dapat bekerja dengan baik serta fitur-fitur lainnya yang ada digame dapat dibuat dengan baik dan game berfungsi sebagai media pengenalan cerita Malin Kundang.
Referensi
A. Murini Wulandari And R. Purba, “Perancangan Board Game Edukatif Tentang Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar,” J. Fsd, Vol. 2, No. 1, Pp. 163–176, 2021, [Online]. Available: Https://E-Journal.Potensi-Utama.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Fsd/Article/View/1197
Juliana, D. Driyani, And S. Khotijah, “Pengenalan Cerita Rakyat Dan Game Edukasi Untuk Anak Menggunakan Android,” J. Ilm. Inform. Arsit. Dan Lingkung., Vol. 14, No. 2, Pp. 103–110, 2019, [Online]. Available: Http://Jurnal.Pelitabangsa.Ac.Id/Index.Php/Pelitatekno/Article/Download/235/188
A. Badruddin, “Perancangan Dan Implementasi Finite State Machine Pada Game ‘ Castle Of Illusion ,’” Vol. 3, No. 1, Pp. 345–350, 2019.
E. Wahyu, H. #1, A. Nur, R. #2, M. Fauzan, And A. #3, “Jepin (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika) Penerapan Finite State Machine Pada Battle Game Berbasis Augmented Reality,” Vol. 5, No. 1, Pp. 54–61, 2019.
A. T. Ramadan And M. Hardjianto, “Penerapan Finite State Machine Pada Game ‘ Pendekar Cisadane ’ Berbasis Android Application Of Finite State Machine On Android-Based " Pendekar Cisadane " Game,” No. September, Pp. 1065–1072, 2022.
C. Jhon Silalahi, “Pembuatan Game Fps Bertema ‘Dirgantara Zombies’ Menggunakan Unreal Engine 4 Tugas Akhir,” 2020.
E. Yulsilviana And H. Ekawati, “Penerapan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Game Agent Legenda Anak Borneo,” Sebatik, Vol. 23, No. 1, Pp. 116–123, 2019, Doi: 10.46984/Sebatik.V23i1.453.
A. N. Ashari, M. Jajuli, And B. A. Dermawan, “Game Edukasi Anak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android,” Multinetics, Vol. 6, No. 2, Pp. 99–109, 2020, Doi: 10.32722/Multinetics.V6i2.2817.
M. Budaya, T. Bangsa, B. A. Septa, And A. Saifudin, “Penerapan Algoritma Finite State Machine Pada Game Horror 3d Untuk,” Maret, Vol. 4, No. 1, Pp. 2622–4615, 2019, [Online]. Available: Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Informatika
M. A. Shodikin, “Pembuatan Game ‘ Pentualangan Di Negeri Dongeng ’ Sebagai Media Belajar Dengan Metode Finite State Finite State Machine In The Game " Petualangan Di Negeri Dongeng ",” No. September, Pp. 1219–1226, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.