IMPLEMENTASI E-COMMERCE PADA TOKO RAJAWALI CCTV SEBAGAI SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE
Kata Kunci:
Bussines Model Canvas, E-Commerce, SEO, Toko Elektronik, Toko Komputer, WordPressAbstrak
Perkembangan internet yang sangat cepat membawa dampak besar segala aspek ,tidak terkecuali dalam bidang bisnis dan pemasaran. Kemudahan yang diberikan internet membuat banyak pelaku bisnis berpindah dari bisnis konvesional menjadi bisnis online. E-Commerce merupakan konsep perkembangan dalam sistem perdagangan yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli produk dan jasa melalui internet. Kelebihan bisa menggunakan internet antara lain adalah mudah dan cepat. Toko Rajawali CCTV yang penjualan hanya menggunakan sistem transaksi konvesional dengan menjalankan bisnisnya, pemiliki toko ingin mengembangkan bisnisnya menggunakan website penjualan online dengan tujuan dapat memberi solusi bagi masalah yang terjadi dan meningkatkan penjualan produk. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Research Applied (penelitian terapan Implementasi Sistem Infomasi Penjualan Berbasis E-commerce Pada Toko Rajawali CCTV dan pengoptimalan menggunakan Search Engine Optimazion (SEO). Hasil dari penelitian ini dapat menguntungkan semua pihak, baik pelanggan maupun pemilik toko.
Referensi
Aditya Yoga Prakasa, Reko Syarif Hidayatullah, and Siti Julaeha, “Perancangan Aplikasi Penjualan Cctv Pada Pt Internusa Technology Di Jakarta Selatan Berbasis Android,” J. Publ. Manaj. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 72–84, 2022, doi: 10.55606/jupumi.v1i1.219.
R. Irawati and I. B. Prasetyo, “Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang),” J. Penelit. Manaj. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 114–133, 2022.
E. Pudjiarti, A. A. Yana, and N. Hidayatun, “Pembangunan e-Commerce Berbasis Web untuk Strategi Penjualan CCTV,” J. Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 8, no. 1, pp. 42–45, 2019.
A. Hanif and R. H. Ramadhan, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Kamera CCTV Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall,” JAIS - J. Account. Inf. Syst., vol. 1, no. 02, pp. 24–29, 2021, doi: 10.31294/jais.v1i02.945.
A. Widyanto and H. Patrie, “Implementasi Penjualan Bebasis E-Commerce Pada Toko Synergie Motor,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 92–100, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1593.
Sigit Santosa and Hilman Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, 2021.
N. A. Martiana and L. Fajarita, “Perancangan Website E-Commerce Berbasis Wordpress Pada Sempurna Jaya Aluminium Product,” J. IDEALIS (Indonesia J. Inf. Syst., vol. 3, no. 6, pp. 298–305, 2020.
C. A. P. Pratama and L. L. Hin, “Implementasi Website E- Commerce Berbasis Content Management System Dalam Meningkatkan Penjualan Tembakau Pada Fuadbako Implementation Of E-Commerce Website Based On Content Management System In Increasing Tobacco Sales In Fuadbako,” no. September, pp. 1669–1677, 2022.
A. Alfarisi, “Perumusan Strategi Business Model Canvas ( BMC ) pada Perusahaan Sandal Toyosima Singosari,” J. Ilm. Mhs. FEB, pp. 1–14, 2019.
A. S. Fatin, “Pengembangan Media Penjualan Pada Toko Store Anak Branded Dengan E-commerce,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2335–2350, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2694.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.