PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO MBUL FOODIES UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN PEMASARAN
Kata Kunci:
frozen food, E-Commerce, Business Model Canvas, Content Management System, Search Engine Optimation, Toko Mbul FoodiesAbstrak
Kemajuan teknologi dan informasi saat ini berkembang pesat. Kemajuan tersebut terjadi hampir di semua bidang kehidupan manusia yang juga meliputi bidang perdagangan barang dan jasa. Kebanyakan orang saat ini mencari kemudahan dalam melakukan kegiatan jual beli, mereka mencari kemudahan akses informasi harga dan produk, serta dalam membeli, orang lebih memilih untuk membeli secara online, sehingga strategi bisnis dengan pemanfaatan teknologi E-Commerce dirasa sangatlah tepat untuk menunjang bisnis di sektor perdagangan. Adanya website dan penerapan E-Commerce dalam suatu perusahaan, maka akan memberikan dampak yang besar bagi perusahaan, terutama dalam bidang pemasaran produk. Selain itu, internet telah mempromosikan gaya hidup masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Toko Mbul Foodies merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang Frozen Food yang berada di Jl. Kayu Putih No.44, RT.06/RW.01, Pondok Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Proses promosi dan pemasaran belum optimal karena hanya mengandalkan WhatsApp dan Facebook Fanspage, serta hanya pembeli yang sudah kenal atau sudah pernah membeli produk Mbul Foodies sehingga kondisi pendapatan dan penjualan produk mengalami stagnan atau tidak mengalami kenaikan. Selain itu proses pemesanan dilakukan secara manual dan pencatatan proses pembayaran juga secara manual dimana admin harus mengecek bukti pembayaran terlebih dulu dan mencatatnya di aplikasi bukukas. Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penelitian untuk memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di toko Mbul Foodies. Dengan menggunakan metodologi Business Model Canvas (BMC) untuk menganalisa model bisnis, Fishbone Diagram untuk menganalisa masalah, Content Management System (CMS) untuk pembuatan website, Search Engine Optimization (SEO) dan Marketing Mix 4P. Hasil akhir dari penelitian ini berbentuk website E-Commerce yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk jajanan ditoko Mbul Foodies.
Referensi
B. Gunalwaln, M. S. Mubalralk, N. Alnbalr, alnd R. Salnjalyal, “Straltegi Pengembalngaln Teknologi E-Commerce Umkm Rumalh Salyur Lembalng Menggunalkaln Metode Alnallisis Swot,” J. Teknol. Daln Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.526.
M. D. Firmalnsyalh, Salddalm, S. Balchtialr, S. Sfenrialnto, alnd E. R. Kalburualn, “Salles Informaltion System Using Web for Smalll Business Service) Salles Informaltion System Using Web,” Int. J. Mech. Eng. Technol., vol. 10, no. 03, pp. 1696–1702, 2019.
Sugeng, “E-Commerce Sebalgali Pendukung Pemalsalraln,” J. Sist. Inf. Univ. Suryaldalrmal, vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.35968/jsi.v4i1.81.
P. lucky tirmal Iralwaln alnd D. Rozalndo, “Ralncalng Balngun Sistem E-Commerce Clothing Store daln Modul Custom Design Lalb Terintegralsi,” Smaltikal J., vol. 10, no. 01, pp. 1–9, 2020, doi: 10.32664/smaltikal.v10i02.397.
Al. D. Putral alnd Al. D. Putral, “Ralncalng Balngun Alplikalsi E-Commerce Untuk Usalhal Penjuallaln Helm,” J. Inform. daln Rekalyalsal Peralngkalt Lunalk, vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2020, doi: 10.33365/jaltikal.v1i1.145.
Alhmald Zalini Muchtalr alnd Sirojul Munir, “Peralncalngaln Web E-Commerce Umkm Restoraln Balkso Alremal Menggunalkaln Fralmework Lalralvel,” J. Teknol. Terpaldu, vol. 5, no. 1, pp. 26–33, 2019.
D. D. Kurnialwaln alnd Al. Widjaljal, “Implementalsi E-Commerce Dengaln Metode Business Model Calnvals Paldal Toko Sepaltu Ralpillo,” Bit (Falkultals Teknol. Inf. Univ. Budi Luhur), vol. 18, no. 2, p. 80, 2021, doi: 10.36080/bit.v18i2.1696.
F. N. Alnisal alnd H. Iralwaln, “Peneralpaln E-Commerce Sebalgali Solusi Mempertalhalnkaln Usalhal di Eral Palndemi COVID-19 Studi Kalsus Bellaltex,” Senalmikal, no. September, pp. 611–623, 2021, [Online]. Alvalilalble: https://conference.upnvj.alc.id/index.php/senalmikal/alrticle/view/1710%0Alhttps://conference.upnvj.alc.id/index.php/senalmikal/alrticle/downloald/1710/1384
M. Alldal, “Sistem Informalsi Penjuallaln Baln Berbalsis Alndroid Paldal Express Baln,” INTI Nusal Malndiri, vol. 14, no. 2, pp. 153–162, 2020, doi: 10.33480/inti.v14i2.1130.
Y. Al. Sujalrwo alnd Al. Raltnalsalri, “Alplikalsi Reservalsi Palrkir Inalp Menggunalkaln Metode Fishbone Dialgralm daln QR-Code,” J. Sisfokom (Sistem Inf. daln Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.
T. Kusriyalnti, “Peralncalngaln Straltegi Bisnis Dengaln Metode Business Model Calnvals Paldal Leoral Design Interior & Furniture,” J. Malnalj. Pendidik. daln iImu Sos., vol. 1, no. 2, pp. 506–515, 2020, doi: 10.38035/JMPIS.
B. R. Hallilintalr alnd D. Alriyus, “Implementalsi Seo (Sealrch Engine Optimizaltion) Paldal Website Algc (Aluto Generalted Content) Untuk Meningkaltkaln Serp (Sealrch Engine Result Palge) Studi Kalsus : Website Galllery,” Semin. Nals. Teknol. Inf. daln Multimed. 2018, vol. 6, no. 1, pp. 1-3–13, 2018, [Online]. Alvalilalble: https://ojs.almikom.alc.id/index.php/semnalsteknomedial/alrticle/view/2065
D. Rialndikal alnd Al. U. Halmdalni, “Implementalsi E-Commerce Dengaln Teknik SEO daln Straltegi Pemalsalraln 4P Untuk Meningkaltkaln Penjuallaln Produk Alksesoris Motor Paldal XYZ Motoshop,” J. Medial Inform. Budidalrmal, vol. 4, no. 3, p. 785, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2242.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.