PENERAPAN METODE TOPSIS PADA SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PELANGGAN TERBAIK DI PT. SETIABUDI HOJAYA
Kata Kunci:
Sistem Penunjang Keputusan, Topsis, Pemilihan Pelanggan Terbaik, PT. Setiabudi HojayaAbstrak
Pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa ataupun barang seperti di PT.Setiabudi Hojaya yang menerima jasa laundry dan menjual mesin laundry pelanggan itu merupakan bagian terpenting dalam memajukan sebuah perusahaan. Oleh karena itu melakukan Analisa pelanggan sangat diperlukan. Tujuan penelitian yang saya buat ini adalah untuk menentukan pelanggan terbaik, jadi pada pelanggan terbaik ini akan mendapatkan reward atau harga khusus. Persaingan di dunia industri ini juga semakin ketat seiring dengan meningkatnya industri yang ada. Untuk dapat bersaing dengan industri lain maka diperulukan pengamatan pada pelanggan.melihat permasalah ini maka diperlukan sebuah sistem penunjang keputusan untuk memudahkan PT. Setiabudi Hojaya memilih pelanggan terbaiknya yaitu dengan menggunakan metode Techique For Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis). Kesimpulan penelitian ini, diharapkan dapat membantu PT. Setiabudi Hojaya dalam menyeleksi atau memilih pelanggan terbaik dan memberikan reward pada pelanggan, berdasarkan hasil pengujian untuk hasil akhirnya Anastasia Melani dengan nilai 0.7305788007351 sehingga Anastasia Melani dinyatakan sebagai pelanggan terbaik di PT. Setiabudi Hojaya.
Referensi
Aditya, R. and Pranatawijaya, V.H. (2021) ‘Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype’, 1(June), pp. 47–57.
Memberikan Reward Pelanggan’, Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 04(1), pp. 88–101.
Aris, A., Anggara, R. and Zamzami, Z.A. (2016) ‘Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada PKBM Bhakti Sejahtera’, Cices, 2(1), pp. 87–98. doi:10.33050/cices.v2i1.215.
Asmara, J. (2019) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala)’, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), pp. 1–7.
Dawis, A.M. (2020) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward Pegawai Menggunakan Metode TOPSIS’, Jurnal Ilmiah SINUS, 18(1), p. 11. doi:10.30646/sinus.v18i1.429.
Hanafri, M.I., Triono and Luthfiudin, I. (2018) ‘Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global’, Jurnal Sisfotek Global, 8(1), pp. 81–86. Available at: http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/175.
Handayani, M. (2017) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Di Menggunakan Metode Topsis’, Jurnal Teknologi Informasi, 1(1), p. 54. doi:10.36294/jurti.v1i1.43.
Hardita, V.C., Utami, E. and Luthfi, E.T. (2019) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik’, Creative Information Technology Journal, 5(2), p. 138. doi:10.24076/citec.2018v5i2.177.
Hermiati, R., Asnawati, A. and Kanedi, I. (2021) ‘Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql’, Jurnal Media Infotama, 17(1), pp. 54–66. doi:10.37676/jmi.v17i1.1317.
Jihad, M.A. (2019) ‘Pemanfaatan Metode Technique for Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis) Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik’, Jurnal Informasi dan Komputer, 7(1), pp. 1–6. doi:10.35959/jik.v7i1.117.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.