IMPLEMENTASI E-CRM UNTUK LAYANAN KELUHAN PELANGGAN PADA PT. PRESTASI PIRANTI INFORMASI
Kata Kunci:
E-CRM, Penyedia Jasa Internet, Aplikasi E-CRM, Pelayanan Keluhan Pelanggan, Waterfall, Provider InternetAbstrak
Penelitian ini membahas tentang implementasi E-CRM pelayanan keluhan pelanggan pada PT. Prestasi Piranti Informasi yang memiliki kesulitan dalam menangani keluhan pelanggan yang menyebabkan kesulitan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Sehingga pada penelitian ini, melakukan analisis dan perancangan untuk mengimplementasikan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada PT. Prestasi Piranti Informasi yang memiliki tiga tahapan yaitu mendapatkan pelanggan baru (Acquire), meningkatkan hubungan pelanggan (Enhance), dan mempertahankan pelanggan (Retain). Pada penelitian ini kami merancang dan membangun aplikasi E-CRM dengan beberapa fitur seperti penanganan keluhan pelanggan, informasi untuk promo, dan penambahan bandwidth bagi pelanggan. Dengan menerapkan beberapa fitur tersebut, maka diharapkan implementasi aplikasi E-CRM pada PT Prestasi Infromasi dapat meningkatkan hubungan pelanggan (Enhance), dan mempertahankan pelanggan (Retain) bagi PT Prestasi Piranti Informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan sistem Waterfall. Kesimpulan penelitian ini, dengan rancang bangun aplikasi E-CRM maka PT. Prestasi Piranti Informasi memiliki layanan keluhan pelanggan dengan menggunakan fitur keluhan yang bertujuan untuk membantu pelanggan untuk dapat memberikan keluhan secara detail, sehingga perusahaan dapat segera menanggapi keluhan pelanggan dengan cepat dan teratur. Kemudian fitur promo, dapat membantu pelanggan untuk mengetahui informasi produk perusahaan yang sedang promo. Serta fitur promo penambahan bandwidth bagi pelanggan lama sehingga akan meningkatkan loyalitas bagi pelanggan lama di PT Prestasi Piranti Informasi.
Referensi
O. Mungkasa, “Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19,” J. Perenc. Pembang. Indones. J. Dev. Plan., vol. 4, no. 2, pp. 126–150, 2020, doi: 10.36574/jpp.v4i2.119.
N. Azizah, “APJII: Pandemi, Kebutuhan Internet di Indonesia Meningkat,” republika.co.id, 2022.
K. Ishak, “Customer Relationship Management ( Crm ) Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri Cust., vol. 13, no. 1, pp. 43–48, 2017.
H. N. Putra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” Sink. J. dan Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 67–77, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/130
Supono and V. Putratama, Pemrograman WEB dengan menggunakan PHP dan framework codeigniter. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
F. Agustini, “Sistem Informasi Penyewaan Kamar Menggunakan Metode Waterfall Dengan Konsep Pemrograman Berbasis Objek (Studi Kasus : Hotel Bonita Cisarua Bogor),” J. Tek. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 114–123, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1441
Betha Sidik, Membangun pemrograman berbasis web dengan kemudahan dan fasilitas codeigniter 3. Bandung: Informatika Bandung, 2018.
H. Purnomo, “Sistem Informasi Customer Relation Management Berbasis Web Pada Isp ( Studi Kasus : Pt . Nusantara Tamamultimedia ),” J. Teknol. Inf. Vol., vol. 7, no. 1, pp. 17–26, 2017.
R. M. Putri, T. H. Pudjiantoro, and P. N. Sabrina, “Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management pada Perusahaan Provider Internet PT. Blitzspot Network Solution,” Pros. SNST Fak. Tek., vol. 1, no. 1, pp. 228–233, 2019.
K. Amalia, H. Ginardi, and A. Munif, “Perancangan dan Desain CRM pada Aplikasi CallTenant,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. 219–225, 2018, [Online]. Available: https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/viewFile/29073/5093
R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi, 2015.
A. S. Rosa and M. Salahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.
Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung, 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.