PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA PT. CHINA CONSTRUCTION BANK INDONESIA

Penulis

  • Muhamad Irfansyah Universitas Budi Luhur
  • Lis Suryadi Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem Penunjang Keputusan, Simple Additive Weighting, PT China Construction Bank Indonesia, Penilaian

Abstrak

Pada penelitian ini terdapat sebuah pembahasan tentang sebuah sistem penunjang keputusan untuk menentukan pegawai bank terbaik pada PT. China Construction Bank Indonesia, KCP Gading Serpong. Persaingan dalam lingkungan kerja yang semakin kompetitif memacu PT. China Construction Bank Indonesia, KCP Gading Serpong untuk lebih fokus pada peningkatan  kualitas kinerja pegawai bank. Permasalahan dalam mencari pegawai bank terbaik terletak pada evaluasi dan perhitungan hasil evaluasi. Selama ini akar permasalahan dalam proses pencarian pegawai bank terbaik terbagi menjadi tiga kategori yaitu People (pegawai yang kurang termotivasi dalam bekerja), Process (dilakukan secara manual dan juga belum adanya bobot kriteria), dan Method (belum adanya metode penelitian dan penilaian yang baik). Oleh karena itu membuat sistem pemilihan pegawai baik terbaik yang  dikembangkan dengan sistem dan metode pengolahan data. Pada kenyataannya kebutuhan akan  informasi sangat berkaitan dengan suatu alat yang mengatasi masalah yang ada pada sistem sebelumnya. PT. China Construction Bank Indonesia, KCP Gading Serpong perlu sekali untuk menerapkan teknologi informasi perhitungan penilaian pegawai bank dengan tujuan menghasilkan aplikasi untuk membantu menentukan pegawai bank terbaik menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Pemilihan pegawai bank terbaik dimulai dari penentuan kriteria, pemberian nilai bobot, melakukan proses normalisasi dan penentuan pegawai bank terbaik. Dengan kriteria yang diusulkan yaitu Main Goals CRO, Main Goals Teller, Competencies, Responsivness, dan Empathy. Sistem penunjang keputusan pemilihan pegawai bank terbaik pada PT. China Construction Bank Indonesia, KCP Gading Serpong menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berbasis web dengan menggunakan Hypertext Preprocessing (PHP) yang bertujuan untuk meghasilkan data yang akurat dan objektif. Dengan juga menggunakan database MySQL untuk menyimpan data perhitungan dan mengolah data. Hasil akhir dari penelitian ini menampilkan keluaran rangking untuk membantu dalam pemilihan pegawai bank terbaik dan mencetak hasil keputusan pegawai bank terbaik. Maka terpilih seorang pegawai bank terbaik yaitu Astrie dengan nilai 0,98. Dampak dari penelitian yang menggunakan sistem penunjang keputusan ini dapat mempercepat proses pengolahan data yang dilakukan oleh pengambilan keputusan karena proses perhitungan dan percetakan hasil ada dalam suatu sistem, serta dapat mempercepat proses seleksi pemilihan pegawai bank terbaik.

Referensi

E. Turban, J. E. Aronson, And T.-P. Liang, “Decision ’Astern Cconomy 1edition Support Systems And Intelligent Systems,” Sist. Pengambilan Keputusan, 2017.

N. D. Apriani, N. Krisnawati, And Y. Fitrisari, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Saw Dalam Pemilihan Guru Terbaik,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., 2021, Doi: 10.47134/Jacis.V1i1.5.

M. W. P. Mahendra, “Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Teknisi Wan Pt. Telkom Akses Yogyakarta Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” J. Fasilkom, 2021, Doi: 10.37859/Jf.V11i1.2452.

M. Ihsan, D. Anubhakti, And Y. Santoso, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Untuk Pemilihan Karyawan Terbaik Pada Pt . Nowme Implementation Of Simple Additive Weighting ( Saw ) Method For Best Employee Selection At Pt Nowme,” Vol. 2, No. April, Pp. 744–753, 2023.

Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&Dsugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D). In Metodelogi Penelitian.),” In Metodelogi Penelitian(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D), 2017.

A. Vandy Pramujaya Putra And D. A. Kurniawati, “Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (Fta), Failure Mode And Effect Analysis (Fmea), Dan Fishbone Analysis,” 1st Conf. Ind. Eng. Halal Ind. Progr. Stud. Tek. Ind. Fak. Sains Dan Teknol. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019, 2019.

Dwiifanka, M. T. Roni Habibi S.Kom., A. Rahman, And Echa, Sistem Informasi Peminjaman Ruangan, Vol. 1, No. 1. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020. [Online]. Available: Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Sistem_Informasi_Peminjaman_Ruangan/Bztudwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1

R. Dan Salahuddin, “Model Pengembangan Perangkat Lunak,” Model Pengemb. Perangkat Lunak, 2017.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Uml (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung, 2018.

I. Wahyu, S. Suparni, And A. B. Pohan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman Pada Kopwali Tangerang Dengan Metode Ahp Dan Saw,” Ijcit (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., 2020, Doi: 10.31294/Ijcit.V5i1.6559.

Y. Apriyani, M. Hidayat, And D. Sudarsono, “Penentuan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Saw Pada Sma Negeri 9 Tasikmalaya,” Ijcit (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., 2019.

A. Setiadi, Y. Yunita, And A. R. Ningsih, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting(Saw) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik,” J. Sisfokom (Sistem Inf. Dan Komputer), 2018, Doi: 10.32736/Sisfokom.V7i2.572.

H. Apriadi, F. Amalia, And B. Priyambadha, “Pengembangan Aplikasi Kakas Bantu Untuk Menghitung Estimasi Nilai Modifiability Dari Class Diagram,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Irfansyah, M., & Suryadi, L. (2023). PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK PADA PT. CHINA CONSTRUCTION BANK INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1554–1563. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1000

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>