MODEL PELAYANAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS BERBASIS WEB

Penulis

  • Muslihuddin Muslihuddin STMIK BANJARBARU
  • Ahmad Mujahid
  • Nidia Rosmawanti

Kata Kunci:

Survey kepuasan masyarakat,Indeks Kepuasan Masyarakat, Web

Abstrak

Pelayanan survey kepuasan masyarakat sangat penting dalam berbagai bidang dan sektor, termasuk pelayanan publik, bisnis, lembaga pemerintah, dan institusi lainnya.  Dengan layanan survey maka sebuah instansi mengevaluasi kualitas layanan yang mereka berikan, Meningkatkan Kualitas Pelayanan, melakukan pengukuran kinerja. Penelitian yang dibuat  merupakan  sebuah Model Pelayanan Survey Kepuasan Masyarakat Pada Puskesmas Berbasis Web dimana masing-masing puskesmas dapat memanajemen hasil survey yang akan dilakukan oleh masyarakat dan sehingga diharapkan tidak adanya lagi keterlambatan dalam pengumpulan rekapan survey kepuasan masyarakat, hasil kejelasan dari survey kepuasan masyarakat itu dapat akurat karena, dalam pembuatan laporan survey kepuasan masyarakat dapat sesuai waktu dan sistem yang akan dibuat berbasis user friendly. Hasil dari uji user acceptance menyatakan bahwa Aplikasi aplikasi pelayanan survey kepuasan masyarakat Puskesmas Kota Banjarbaru berbasis web dari 20 responden hasil rata-rata yang didapatkan bahwa 31% responden menyatakan sangat setuju, responden 69 % setuju dari sisi  admin aplikasi pelayanan survey kepuasan masyarakat pada Puskesmas Kota Banjarbaru berbasis web ini dapat  mempercepat penyampaian informasi laporan  pelaksanaan survey kepuasan masyarakat pada Puskesmas Kota Banjarbaru dihasilkan bahwa 63 % sangat setuju dan 47 % setuju

Referensi

J. Tamala, S.Sulastri, E. Elisawati, & N. Nurhadi, (2023). Aplikasi Standar Kepuasan Masyarakat Berbasis Web. Journal Of Engineering And Technology Innovation (JETI), 2(02), 81-91.

S.R. Larono, (2019). Analisis Survei kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Perijinan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18-32.

A. Kriswibowo, & E.R. Nawangsari, (2018). Analisis Kepuasan Masyarakat Riset Pada Pengguna Layanan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Penerbit Sasanti Institute.

B. Jenawi, R. Setyadihardja, Z. Karim, F. Setiawan, & R. Angraini, (2020). Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bintan. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(1), 102-112.

R.N. Kholifah, & B. Setiyono, (2018). Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 8(01), 161-170.

B.C. Sagai, Y. D. Rindengan, , & S. D. Karouw, (2018). Analisa Kepuasan Masyarakat Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Pemerintah Kota Manado. Jurnal Teknik Informatika, 13(4).

A. Halim, & H. Aksad, (2017). Aplikasi Penerapan Customer Satisfaction Index Pada Pelayanan Kepuasan Masyarakat Di Pengadilan Negeri Kotabaru. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 5(3).

F. Finarsih, & J. Arifin, (2022). Survey Kepuasan Masyarakat Pada Pelayananperpanjangan Sim C Selama Pandemi Covid-19 Dikantor Satuan Lalu Lintas Polres Barito Timur. Japb, 5(1), 426-438.

Y. Firmansyah, R. Maulana, & M. S. Maulana, (2021). Implementasi Metode SDLC Prototype Pada Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Berbasis Website Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 9(3), 315-323.

D. Ayuni, A. Firdaus, A. Wibowo, & D. Nurnaningsih, (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Kecamatan Rajeg). JIKA (Jurnal Informatika), 5(1), 1-7.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Muslihuddin, M., Mujahid, A., & Rosmawanti, N. (2023). MODEL PELAYANAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1688–1695. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1073