MODEL SISTEM INFORMASI PELAYANAN MAJELIS JEMAAT GEREJA KALIMANTAN EVANGELIS BANJARBARU

Penulis

  • Nidia Rosmawanti STMIK BANJARBARU
  • Maya Angreini
  • Muslihuddin Muslihuddin

Kata Kunci:

Majelis Jemaat, Pelayanan, R&D

Abstrak

Gereja adalah komunitas orang percaya dalam agama Kristen. Ini adalah kelompok orang yang berkumpul bersama dalam iman Kristen, membagikan ajaran-ajaran agama, dan berusaha untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai iman Kristen. Pelayanan Majelis Jemaat Gereja diperlukan karena memiliki peran yang sangat penting dalam membina dan mengembangkan kehidupan rohani serta memajukan pelayanan gereja dan masyarakat secara keseluruhan serta memberikan data kepada manajemen setiap waktu diperlukan. Pelayanan Majelis jemaat masih menggunakan pendataan yang manual sedangkan pada setiap data dan keperluan jemaat yang berbeda sehingga pendataan yang didapat bisa berjalan dengan baik, Tujuan dari penelitian ini adalah membangun model pelayanan majelis jemaat gereja berbasis website untuk mendukung pelaksanaan berbagai pelayanan gereja secara lebih efektif dan efisien. Pendekatan yang diambil untuk menyelesaikan permasalah ini adalah dengan menggunakan R&D  (Research and Development ) yaitu suatu proses pengembangan perangkat pendidikan yang dilakukan melalui serangkaian riset yang menggunakan berbagai metode dalam suatu siklus yang melewati berbagai tahapan. Dengan cara memantau dan mengembangkan kualitas riset. Dari hasil penerapan kuesioner aplikasi yang sudah dibagikan semua pertanyaan valid dan sebagian responden menyatakan Sangat Setuju  50,75%, Setuju 39%,Cukup Setuju 10,25%. Dari hasil jawaban tersebut maka disimpulkan aplikasi ini bisa diterima dan digunakan oleh majelis jemaat untuk membantu jemaat dalam masalah pendaftaran, dalam pendataan jemaat, kegiatan, pendeta, renungan pagi, perkawinan.

Referensi

Y.E. Evendi, “Upaya Badan Pengurus Daerah Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Majelis Gereja Kemah Injil Indonesia Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang”. Jurnal Kala Nea, vol. 1, no. 01, pp. 10-18, 2020.

E. Lovita, & A. Albert, “Mengungkap Nilai-nilai Ajaran Gereja Dalam Implementasi Pengendalian Intern”. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, vol. 18, no. 01, pp. 39-48, 2021.

D.C.P. Buani, & Y.C.L. Abineno, “Perancangan Sistem Informasi Jemaat Berbasis Web Di GKI Pulomas”. IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology, vol. 3, no. 2, pp. 64-69, 2022.

G. Pendidikan, “Pengertian Sistem Informasi Manajemen Terlengkap”. Gurupendidikan.Co.Id, 2021.

V. Saputri, & H. Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Data Hasil Panen Berbasis Web Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi”. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, vo. 4, no. 2, pp. 114-125, 2019.

A.F. Pakpahan, V. Siagian, & J. S. Ulyreke, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Keuangan Gereja Jemaat UNAI Berbasis Web Menggunakan Yii Framework”. TeIKa TeIKa, vol. 9, no. 1, pp. 63-77, 2019.

D.C.V.H. Wata, & C. Fibriani, “Perancangan Sistem Informasi Gereja Dengan Menerapkan Customer Relationship Management (Studi Kasus: Gereja Toraja Jemaat Palopo)”. TEMATIK, vol. 9, no. 2, pp. 182-190, 2022.

R. Riska, R. Tamin, & M. Sarjan, “Sistem Integrasi Data Musrenbang Desa Berbasis Web”. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, vol. 5, no. 1), pp. 7-12, 2019.

R. Marbun, & S. Harefa, “Pemanfaatan Sistem Informasi Gereja Gkpi Jemaat Khusus Perumnas Ii Mandala Berbasis Web Pada Era Revolusi Industri 4.0”. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, vol. no. 2, pp.141–146, 2020.

D.C.P. Buani, & Y.C.L. Abineno, “Perancangan Sistem Informasi Jemaat Berbasis Web Di GKI Puloma”. IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology, vol. 3, no. 2, pp. 64-69, 2022.

H. Hery, J. Nathanael, & A.E. Widjaja, “Pengembangan Sistem Informasi Gereja Berbasis Web Untuk Mendukung Kegiatan Jemaat Gereja Kristen XYZ”. Journal Information System Development (ISD), vol. 6, no. 1, pp. 25-33, 2021.

Y.R. Asih, A. Priyanto, & D.A. Puryono, “Sistem Informasi Pelayanan Jemaat Gereja Berbasis Website Menggunakan Analisis PIECES”. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 175-186, 2022.

D. Linda, N. Nursiyanto, & Y.C. Munthe, “Informasi Pelayanan Gereja Katolik Berbasis Web”. TEKNIKA, vol. 15, no. 2, pp. 289-298, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Rosmawanti, N., Angreini, M., & Muslihuddin, M. (2023). MODEL SISTEM INFORMASI PELAYANAN MAJELIS JEMAAT GEREJA KALIMANTAN EVANGELIS BANJARBARU. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1713–1720. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1077