PENERAPAN ALGORITME APRIORI UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN PRODUK PADA KEDAI BM COFFEE

Penulis

  • Febrian Said Pamungkas Universitas Budi Luhur
  • Mardi Hardjianto

Kata Kunci:

Algoritme Apriori, Metode Asosiasi, Poduk Bundling

Abstrak

Saat ini perkembangan teknologi telah berkembang sangat pesat dan mempengaruhi berbagai macam bidang, khususnya dalam bidang kuliner. Munculnya banyak persaingan pada bidang ini dikarenakan makanan dan minuman adalah kebutuhan utama bagi semua orang. Penelitian dilakukan pada kedai BM Coffee berlokasi di daerah Kabupaten Tangerang. Kedai BM Coffee adalah kegiatan bidang usaha yang berfokus pada usaha penjualan makanan, minuman dan biji kopi tertentu. Masalah yang terjadi timbul dikarenakan ada pegawai yang mencuri beberapa aset milik toko dan menebarkan isu yang tidak benar, sehingga menyebabkan kerugian materi dan meningkatkan rasa ketidakpercayaan pelanggan. Masalah umum yang terjadi adalah pengelola kesulitan untuk mengetahui masing-masing produk yang terjual, dikarenakan untuk pendataan penjualan pada saat ini dilakukan dengan cara manual. Pengelola juga kesulitan dalam menentukan strategi penjualan pada menu baru dan minat pelanggan. Penelitian kali ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan atusiasme pelanggan melalui teknik data mining. Penelitian berfokus pada analisis data transaksi penjualan produk, untuk membuat suatu model aplikasi perhitungan dan analisis produk berbasis web, menggunakan algoritme apriori dan metode asosiasi. Penelitian ini menggunakan data uji coba dengan total 40 menu dan menggunakan total transaksi yang berjumlah 765 record. Penelitian ini dilakukan dengan menetapkan nilai minimal support 10 dan minimal confidence 20% nilai ini ditetapkan berdasarkan uji coba yang telah dilakukan. Rules yang terbentuk hanya untuk pencarian 2 itemset yang berjumlah 8, dan 3 itemset tidak ditemukan karena tidak memenuhi nilai minimal yang diinputkan. Hasil dari pencarian yang telah dilakukan akan digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan membentuk suatu product bundling akan diganti setiap minggunya.

Referensi

P. N. Harahap and S. , “Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Studi Kasus PT.Arma Anugerah Abadi Cabang Sei Rampah,” Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi , vol. 11, no. 1, pp. 46-50, 2019.

S. H. Fahmi and A. Sindar, “Implementasi Data Mining Penjualan Produk Pakaian Dengan Algoritma Apriori,” Indonesian Journal of Applied Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 23-29, 2019.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” Jurnal Teknik Komputer, vol. 4, no. 3, pp. 156-161, 2018.

R. Saputra and A. J. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi , vol. 7, no. 4, pp. 262-276, 2020.

A. Prasetyo, N. Musyaffa and R. Sastra, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Studi Kasus Dapoerin's,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 8, no. 5, pp. 94-96, 2020.

N. F. Ulfha and R. Amin, “Implementasi Data Mining Untuk Mengetahui Pola Pembelian Obat Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika, vol. 17, no. 6, pp. 396-402, 2020.

A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk Bagi Pelanggan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 7, no. 7, pp. 103-108, 2019.

M. Syahril, K. Erwansyah and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 3, no. 8, pp. 118-136, 2020.

M. F. Mulya, N. Rismawati and R. R. Alifi, “Analisis Dan Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Kantin Universitas Tanri Abeng,” e-Journal Universitas Indraprasta Persatuan Guru Republik Indonesia, vol. 12, no. 9, pp. 210-218, 2019.

A. H. Nst, I. R. Munthe and A. P. Juledi, “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori untuk Meningkatkan Penjualan,” Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas, vol. 6, no. 10, pp. 188-197, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Pamungkas, F. S., & Hardjianto, M. (2023). PENERAPAN ALGORITME APRIORI UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN PRODUK PADA KEDAI BM COFFEE . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1164–1171. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1083

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>