IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD UNTUK PENGAMANAN FILE PADA SMP NEGERI 189 JAKARTA BARAT

Penulis

  • Nur Ubay Baidoi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Mardi Hardjianto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Arief Wibowo Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Enkripsi, Dekripsi, Advanced Encryption Standard (AES), Kriptografi, Pengamanan File

Abstrak

Sebuah data dan informasi menjadi suatu aspek yang harus terjaga keamanan dan kerahasiaannya pada saat ini di dunia teknologi informasi. Data dan informasi menjadi suatu aset pada instansi maupun individu, khususnya di lembaga pendidikan SMP Negeri 189 Jakarta. Sebuah lembaga pendidikan memiliki banyak file yang sangat penting untuk dijaga kerahasiaannya seperti data diri siswa dan siswi serta nilai UAS masing-masing. File data diri dan nilai UAS dari siswa dan siswi bersifat internal yang hanya dapat dilihat oleh pihak sekolah saja, dan untuk mengantisipasi kebocoran dari file dan data tersebut maka harus ada pengamanan dalam sebuah file. Penelitian ini akan merancang sebuah sistem pengamanan file yang mengimplementasikan kriptografi sebagai metode yang dipakai, kriptografi merupakan suatu jalan keluar atau metode dalam pengamanan sebuah file yang tepat untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan dari data dan informasi yang penting. Dalam merancang sebuah sistem diperlukan sebuah algoritma yang dipakai, dan algoritma dari kriptografi yang akan dipakai adalah algoritma Advanced Encryption Standard (AES) untuk melakukan proses dari enkripsi file dan dekripsi file. Ditentukannya algoritma AES karena memiliki suatu tingkat keamanan pertukaran informasi yang cukup bagus. Hasil dari uji coba data yang berbeda saat dilakukannya enkripsi dan dekripsi dengan ukuran file yang beda akan mempengaruhi waktu dalam proses enkripsi dan dekripsi. File yang berukuran 57.8389 bytes memiliki waktu enkripsi 05,57 milisecond dan file yang berukuran 156.438 bytes memiliki waktu enkripsi 15,40 milisecond. Kesimpulan dari hasil implementasi, bahwa algoritma kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) dapat menjaga keamanan dan kerahasiaan dari file dan data yang ada pada lembaga pendidikan SMP Negeri 189 Jakarta Barat.

Referensi

W. Pramusinto, N. Wizaksono and A. Saputro, "Aplikasi Pengamanan File Dengan Metode Kriptografi AES 192, RC4 Dan Metode Kompresi Huffman," JURNAL BIT, vol. 16, no. 2, pp. 47-53, 2019.

I. Gunawan, "Peningkatan Pengamanan Data File Menggunakan Algoritma Kriptografi AES Dari Serangan Brute Force," TECHSI, vol. 13, no. 1, pp. 14-25, 2021.

H. S. Djong and S. Siswanto, "Implementasi Kriptografi Dengan Menggunakan Metode RC4 dan AES-256 Untuk Mengamankan File Dokumen pada PT Varnion Technology Semesta," SENAFTI, vol. 1, no. 1, pp. 149-158, 2022.

M. Syahril and H. Jaya, "Aplikasi Steganografi Pengamanan Data Nasabah di Standard Chartered Bank Menggunakan Metode Least Significant Bit dan RC4," SENSASI, vol. 1, no. 1, pp. 505-509, 2019.

M. Azhari, D. I. Mulyana, F. J. Perwitosari and F. Ali, "Implementasi Pengamanan Data Pada Dokumen Menggunakan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES)," Pendidikan Sains dan Komputer, pp. 163-171, 2022.

D. Hulu, B. Nadaek and S. Aripin, "Implementasi Algoritme AES (Advanced Encryption Standard) Untuk Keaman file Hasil Radiologi di RSU Imelda Medan," KOMIK, vol. 4, no. 1, pp. 78-86, 2020.

L. A. Indrayani and I. M. Suartana, "Implementasi Kriptografi dengan Modifikasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) untuk Pengamanan File Document," JINACS, vol. 1, no. 01, pp. 42-47, 2019.

A. Prameshwari and P. N. Sastra, "Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen," Eksplora Informatika, p. 52, 2018.

D. R. Saragi, J. M. Gultom, J. A. Tampubolon and I. Gunawan, "Pengamanan Data File Teks (Word) Menggunakan Algoritma RC4," JSON, vol. 1, no. 2, p. 114, 2020.

F. Muharram, H. Aziz and A. R. Manga, "Analisis Algoritma Pada Proses Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Advanced Encryption Standard (AES)," Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, pp. 1-4, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Baidoi, N. U., Hardjianto, M., & Wibowo, A. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD UNTUK PENGAMANAN FILE PADA SMP NEGERI 189 JAKARTA BARAT. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 1–9. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/570

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>