APLIKASI KEAMANAN FILE MENGGUNAKAN ALGORITME KRIPTOGRAFI AES 128 BERBASIS WEB PADA PILAR MEDICAL CENTER

Penulis

  • Abiansyah Trista Pandya Universitas Budi Luhur
  • Joko Christian Chandra

Kata Kunci:

Keamanan File, Kriptografi, advanced Encryption Standard (AES)-128

Abstrak

Perkembangan jaringan internet yang sangat membantu manusia untuk bertukar data. Saat bertukar data dan informasi dengan orang lain melalui Internet, transmisi data semakin rentan terhadap serangan penyadapan yang dapat membahayakan integritas data dan bersifat rahasia atau pribadi. Namun pada kenyataannya, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang biasa disebut penjahat dunia maya dapat masuk ke dalam banyak kasus pencurian data atau penyadapan data yang sangat rahasia. Pilar Medical Center merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan yang melayani pelayanan medis memiliki record pasien yang datanya bersifat rahasia. Saat ini data tersebut masih dalam bentuk file biasa yang dapat dibaca pihak yang tidak berwenang. Oleh karena itu Pilar Medical Center perlu meningkatkan keamanan data dengan menerapkan pengamanan kriptografi menggunakan algoritme Advanced Encryption Standard 128 (AES 128). Algoritme enkripsi AES telah berhasil digunakan dalam aplikasi keamanan file berbasis web di Pilar Medical Center. Waktu yang diperlukan untuk proses enkripsi dan dekripsi sebanding dengan ukuran file yang akan diproses (semakin kecil ukuran file yang akan diproses, semakin cepat proses enkripsi dan dekripsinya. Begitu pun sebaliknya, semakin besar ukuran file, semakin lama pula proses enkripsinya dan dekripsi proses berlangsung). Aplikasi ini telah di uji dengan metode Blackbox dan berfungsi penuh untuk data atau dokumen yang bertipe .doc, .docx, .xls, .xlsx, .ppt, .pptx. Pengembangan sistem diperlukan agar tidak hanya dapat menangani dokumen tertulis tetapi juga dokumen gambar, video dan audio. Sistem harus dikembangkan dengan AES192 atau AES258, Hal ini akan mempersulit pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data.

Referensi

D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Infomasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” Simbolika, vol. IV, pp. 62-72, 2018.

M. Azhari, D. I. Mulyana, F. J. Perwitosari and F. Ali, “Implementasi Pengamanan Data pada Dokumen Menggunakan,” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. II, pp. 163-171, 2022.

H. Wijaya, “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI AES-128 UNTUK MENGAMANKAN URL (UNIFORM RESOURCE LOCATOR) DARI SQL INJECTION,” Akademika Jurnal, vol. 17, pp. 8-13, 2020.

Guntoro, “Badoystudio,” 15 June 2023. [Online]. Available: https://badoystudio.com/metode-waterfall/.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “PENGUJIAN BLACKBOX SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PT INKA (PERSERO) BERBASIS EQUIVALENCE PARTITIONS,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. IV, pp. 22-26, 2021.

I. B. Pujaastawa, “TEKNIK WAWANCARA DAN OBSERVASI UNTUK PENGUMPULAN BAHAN INFORMASI,” UNIVERSITAS UDAYANA, Bali, 2016.

F. N. Pabokory, I. F. Astuti and A. H. Kridalaksana, “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN DATA PADA PESAN TEKS, ISI FILE DOKUMEN, DAN FILE DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITME ADVANCE ENCRYPTION STANDARD,” Jurnal Informatika Mulawarman, vol. X, pp. 20-31, 2015.

A. Rahmatulloh, Y. Permanasari and E. Harahap, “Kriptografi Advance Encryption Standard (AES) Untuk Penyandian File Dokumen,” Jurnal Matematika UNISBA, vol. XV, pp. 7-14, 2016.

A. Prameshwari and N. P. Sastra, “Implementasi Algoritme Advance Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen,” Jurnal Eksplora Informatika, vol. VIII, pp. 52-58, 2018.

V. Yuniati, G. Indriyanta and A. Rachmat, “ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DENGAN ALGORITME AES 256 UNTUK SEMUA JENIS FILE,” Jurnal Informatika, vol. V, pp. 22-31, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Trista Pandya, A., & Chandra, J. C. (2023). APLIKASI KEAMANAN FILE MENGGUNAKAN ALGORITME KRIPTOGRAFI AES 128 BERBASIS WEB PADA PILAR MEDICAL CENTER. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 36–45. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/777

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>