Pengamanan Data Keuangan Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard 128 Pada PT. Charise Deo Indonesia

Penulis

  • Aif Ramadan Universitas Budi Luhur
  • Painem Painem Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

pengamanan file, kriptografi, enkripsi file, data keuangan, advanced encryption standard

Abstrak

PT. Charise Deo Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang perdangan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Data yang ada pada PT. Charise Deo Indonesia masih berupa data asli yang belum dilindungi dengan sistem pengamanan data termasuk data keuangan, data keuangan disuatu perusahaan sangatlah penting sehingga perlu dijaga agar tidak dapat dimanipulasi atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak memiliki wewenang, maka dengan itu mengamankan data sangatlah penting untuk menjaga kerahasiaannya setiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pengamanan file data keuangan berbasis web dengan mengimplementasikan enkripsi pada isi data file menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES-128). Sehingga file asli tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan. salah satunya caranya adalah menggunakan algoritma kriptografi untuk enkripsi pada data yang banyak digunakan saat ini. Metode Advanced Encryption Standard (AES) adalah algoritma kriptografi yang dapat melakukan enkripsi dan dekripsi data dan merupakan salah satu metode kriptografi yang dapat diandalkan dalam mengamankan data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa, aplikasi enkripsi data keuangan menggunakan metode Advanced Encryption Standard (AES-128) berbasis website ini dapat meningkatkan keamanan data pada PT. Charise Deo Indonesia. Isi data telah diacak dengan menggunakan huruf, angka, simbol, atau kombinasi ketiganya. Data yang terenkripsi tidak dapat dipahami jika dekripsi tidak dilakukan dengan kunci yang sesuai untuk mengenkripsi data. Hasil dari penelitian ini berdasarkan beberapa pengujian yang dilakukan, keamanan data ini berjalan cukup baik dengan rata-rata waktu enkripsi 1,2687 detik.

Referensi

A. I. Suranta and D. V. Shaka Yudha Sakti, “Penerapan Algoritma Aes (Advance Encryption Standart) 128 Untuk Enkripsi Dokumen Di Pt. Gunung Geulis Elok Abadi,” Skanika, vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2022.

S. Vivi Wahdini, D. Hartama, and I. Okta Kirana, “Pengamanan Data Pelanggan dan Penjualan Menggunakan Implementasi Algoritma Kriptografi,” J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 1, no. 3, pp. 101–107, 2021.

I. Gunawan, S. Tunas, and B. Pematangsiantar, “Peningkatan Pengamanan Data File menggunakan Algoritma Kriptografi AES dari Serangan Brute Force,” TECHSI, Vol. 13, No. 1, pp. 14–25, 2021.

T. S. Alasi, “Implementasi Kriptografi Dengan Algoritma Ceasar Cipher Untuk Keamanan Data Microsoft Office Word Dan Excel,” J. Inf. Komput. Log., vol. 1, no. 2, pp. 1–4, 2019.

A. P. Nugroho and H. B. Suseno, “Keamanan Data Transaksi Nasabah Pada Aplikasi Bank Sampah Berbasis Web Menggunakan Algoritma AES,” Keamanan Data Transaksi Nasabah Pada Apl. Bank Sampah Berbas. Web Menggunakan Algoritm. AES, vol. 5341, no. April, pp. 9–17, 2020.

B. Anwar, N. B. Nugroho, J. Prayudha, and A. Azanuddin, “Implementasi Algoritma RSA Terhadap Keamanan Data Simpan Pinjam,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 1, p. 30, 2019.

M. Azhari, D. I. Mulyana, F. J. Perwitosari, and F. Ali, “Implementasi Pengamanan Data pada Dokumen Menggunakan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES),” J. Pendidik. Sains dan Komput., vol. 2, no. 01, pp. 163–171, 2022.

D. Widyawan and I. Imelda, “Pengamanan File Menggunakan Kriptografi Dengan Metode Aes-128 Berbasis Web Di Komite Nasional Keselamatan Transportasi,” Skanika, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2021.

W. Pramusinto, N. Wizaksono, and A. Saputro, “Aplikasi Pengamanan File Dengan Metode Kriptografi AES 192, RC4 dan Metode Kompresi Huffman,” J. Bit, vol. 17, no. 2, pp. 46–52, 2020.

N. Cristy and F. Riandari, “Implementasi Metode Advanced Encryption Standard (AES 128 Bit) Untuk Mengamankan Data Keuangan,” JIKOMSI: Jurnal Ilmu Komput. dan Sist. Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 75–85, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Ramadan, A., & Painem, P. (2022). Pengamanan Data Keuangan Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard 128 Pada PT. Charise Deo Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 49–57. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/75

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>