PENERAPAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD 128 UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN PADA PT. INDOTRADE JASAMA

Penulis

  • Cesario Novanada Limenta Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Utomo Budiyanto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Windarto Windarto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Dewi Kusumaningsih Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Kriptografi, Enkripsi, Dekripsi, AES-128, Pengamanan Dokumen

Abstrak

File merupakan dokumen yang berisikan hasil pekerjaan maupun informasi-informasi penting yang tersimpan di dalam komputer. File yang dianggap penting harus dijaga kerahasiaannya dengan membutuhkan pengamanan sehingga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan. PT. Indotrade Jasama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang chemical trading atau penjualan bahan baku kimia. Perusahaan ini memiliki data penting seperti dokumen transaksi, dokumen data client, dokumen keuangan, dan masih banyak dokumen lainnya yang dimana dokumen tersebut tidak boleh diketahui sembarang orang yang disimpan pada komputer. Perusahaan ini belum memiliki database yang berfungsi sebagai media penyimpanan dokumen sehingga apabila karyawan membutuhkan suatu dokumen, mereka harus meminta kepada karyawan yang mempunyai dokumen yang dibutuhkan, kegiatan ini dapat menimbulkan kebocoran data. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengamanan data agar tidak dapat dicuri oleh pihak yang tidak berhak. Aplikasi ini menggunakan metode Advanced Encryption Standard (AES)-128 untuk enkripsi dan dekripsi data. AES-128 adalah suatu algoritme simetris block yang cukup aman karena memiliki 10 putaran dalam proses enkripsi serta dekripsinya. Aplikasi ini di buat menggunakan bahasa pemrograman PHP. Data yang di enkripsi adalah file dokumen. Berdasarkan implementasi dan pengujian program, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini mampu untuk mengamankan dan menjaga isi file dokumen penting perusahaan. Kontribusi penelitian ini adalah untuk mengatasi kebocoran atau pencurian data berupa file dokumen pada PT. Indotrade Jasama. Hasil dari penelitian ini adalah file berhasil di enkripsi sehingga file terjaga keamanannya.

Referensi

F. A. Nurbi and U. Budiyanto, “Penerapan Algoritme Rivest Code 4 Untuk Pengamanan Dokumen Di CV. Bintang Pratama Mandiri,” Semin. Nas. Mhs. …, no. September, pp. 182–191, 2022.

R. Priambudi, J. Jayanta, and C. Nugrahaeni, “Penerapan Algoritma Kriptografi AES (Advanced Encryption Standard) dan Algoritma Kompresi RLE (Run Length Encoding) Untuk Pengamanan File Dokumen,” Format J. Ilm. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, p. 11, 2022.

F. Akbar and S. Waluyo, “Sistem Keamanan Database Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard(AES-128) Studi Kasus : Red Avenue Indonesia,” Skanika, vol. 1, no. 2, pp. 821–828, 2018.

D. Pratomo, N. B. Nugroho, and R. I. Ginting, “Implementasi Kriptografi Untuk Mengamankan Data Penjualanan Di PT. Papparich Medan Menggunakan Metode AES 128,” J. Cyber Tech, no. x, 2021.

L. Sodikin and T. Hidayat, “Analisa Keamanan E-Commerce Menggunakan Metode Aes Algoritma,” Teknokom, vol. 3, no. 2, pp. 8–13, 2020.

Asriyanik, “Studi Terhadap Advanced Encryption Standard (Aes) Dan Algoritma Knapsack Dalam Pengamanan Data,” 2017.

A. Prameshwari and N. P. Sastra, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Untuk Enkripsi dan Dekripsi File Dokumen,” Eksplora Inform., vol. 8, no. 1, p. 52, 2018, doi: 10.30864/eksplora.v8i1.139.

G. Grehasen and S. Mulyati, “Pengamanan Database Pada Aplikasi Test Masuk Karyawan Baru Berbasis Web Menggunakan Algoritma Kriptografi AES-128 Dan RC4,” Budi Luhur Inf. Technol., vol. 14, no. 1, pp. 52–60, 2017.

J. Prayudha, _ S., and _ I., “Implementasi Keamanan Data Gaji Karyawan Pada PT. Capella Medan Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard (AES),” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 2, p. 119, 2019.

M. Ziaurrahman, E. Utami, and F. W. Wibowo, “Modifikasi Kriptografi Klasik Vigenere Cipher Menggunakan One Time Pad Dengan Enkripsi Berlanjut,” J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. (halaman 2), 2019.

T. Erlangga and D. Kusumaningsi, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard-128 (AES-128) Untuk Pengamanan Database Berbasis Desktop Pada Icaltoys,” Skanika, vol. 1, no. 2, pp. 565–569, 2018.

S. Waluyo, Ferdiansyah, and firman, “Sistem Keamanan Management File Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES-128) Studi Kasus : Tabitha Indonesia,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Univ. Ibn Khaldun Bogor, p. 639, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Limenta, C. N., Budiyanto, U., Windarto, W., & Kusumaningsih, D. (2023). PENERAPAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD 128 UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN PADA PT. INDOTRADE JASAMA . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 26–33. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/580

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>