SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT UMUM MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB PADA KLINIK LKC

Penulis

  • Jeihans Putra Jaya Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Hari Soetanto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Windarto Windarto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Wahyu Pramusinto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Diagnosa Penyakit Umum, Forward Chaining, Sistem Pakar, Klinik LKC

Abstrak

Sistem pelayanan kesehatan dalam waktu terakhir ini menjadi pusat atensi masyarakat bersamaan dengan masa transisi baru di Indonesia. Perihal sistem ini menjadikan pelayanan kesehatan menjadi suatu acuan yang di utamakan dan sangat penting dalam melayani masyarakat mendiagnosa suatu penyakit. Pertumbuhan di bidang AI bisa menjadi penolong masyarakat mengakses pelayanan kesehatan dengan terdapatnya kemajuan teknologi, terutama di Klinik Kesehatan LKC Bintaro. Upaya ini juga ditingkatkan guna memperbarui mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. Penyakit umum ialah salah satu penyakit yang kerap ditemukan dalam sehari-hari. Namun, penindakan penyakit ini masih susah dijangkau sebab keterbatasan waktu serta jarak tempuh yang kurang memadai. Bersumber pada pertimbangan tersebut hingga diperlukanlah suatu sistem pakar yang sanggup mendiagnosa penyakit umum berbasis website dengan metode forward chaining. Sistem pakar ini berjalan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL sebagai database. Penelitian ini bertujuan agar dapat menolong masyarakat dalam mendiagnosa penyakit umum bersumber pada tanda- tanda yang dialami. Tujuan dari pembuatan penelitian ini dimaksudkan untuk mendeteksi penyakit umum secara dini agar dapat terbantu serta bisa ditangani dengan cepat. Hasil dari pengujian Sistem pakar berjalan dengan baik dalam mendiagnosa penyakit umum dan secara efektif serta efisien, dapat membagikan infomasi tentang penyakit, indikasi, pengobatan, serta pemicu dari penyakit tersebut dan pengolahan informasi penyakit dapat ditangani sesuai indikasi penderita di Klinik LKC Bintaro.

Referensi

Alvin, A. Doni, and S. Rio, “Penggunaan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kanker Darah (Leukemia),” 2019.

I. Jaya, “Reformasi Sistem Kesehatan Nasional pada tanggal 20 Januari 2021 Oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK).” Yogyakarta, p. 5, 2021, [Online]. Available: http://p2p.kemkes.go.id/penguatan-sistem-kesehatan-dalam-pengendalian-covid-19/.

H. Jurnal, R. Maryani, and D. Haryanto, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ibu Hamil Dengan Metode Forward Chaining,” JUMANTAKA, vol. 01, p. 1, 2018.

M. ST,.M.Kom, D. Retina, and A. Muhaimin, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Pinang Menggunkan Metode Forward Chaining,” J. Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 38–42, Apr. 2021, doi: 10.33060/jik/2021/vol10.iss1.201.

R. Bayu Himawan, “Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosa Penyakit Chikungunya,” p. 70, 2017.

R. Amanda Putri and M. Kuliah, “Sistem Pakar.”

S. Rahmatullah, D. Silvia Purnia, and A. Suryanto, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mata Dengan Metode Forward Chaining,” CDROM.

V. Sarini, S. T. Dewi, M. Eng, and M. Indah, “Rancangan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Lambung Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 5, no. 1, 2019.

A. NurJumala, N. A. Prasetyo, and H. W. Utomo, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Rhinitis Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 1, p. 69, Feb. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i1.3815.

A. Syaripudin, “Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Gejala Covid-19,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 05, 2022.

S. Nurera Revsi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lovebird Menggunakan Metode Forward Chaining,” 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Jaya, J. P., Soetanto, H., Windarto, W., & Pramusinto, W. (2023). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT UMUM MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB PADA KLINIK LKC. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 235–244. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/595

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>