SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT PADA PEROKOK DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR

Penulis

  • Cahyo Aji Widyasworo Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Muhammad syafrullah Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Indra Indra Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Windarto Windarto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Sistem Pakar, Forward Chaining, Certainty Factor, Diagnosa Penyakit, Penyakit pada Perokok

Abstrak

Tentu, kita tahu rokok dapat menyebabkan banyak penyakit yang akan menimpa kita, banyak masyarakat yang tidak peduli akan kesehatannya sendiri, padahal mereka tahu betapa bahayanya rokok karena rokok dapat merusak tubuh kita sendiri. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada tugas akhir ini di Rumah Buah Hati Ciputat di mana selama ini untuk menangani atau diagnosa penyakit seseorang karena merokok masih dilakukan dengan cara manual karena ketidak adaan alat atau sistem untuk membatu pekerjaan dokter umum maupun dokter spesialis. Tujuan tugas akhir ini membuat sistem pakar diagnosa penyakit pada perokok dengan metode Forward Chaining dan Certainty Factor berbasis web di Rumah Sakit Buah Hati Ciputat, dengan menggunakan metode Forward Chaining sistem pakar ini dapat mencari kesimpulan berdasarkan fakta – fakta yang ada berdasarkan data dari pakar. Dan dengan metode Certainty Factor Sistem Pakar ini memberikan hasil berupa nilai persentase kepastian suatu penyakit sehingga dokter dapat mengetahui seberapa besar persentase penyakit yang di alami seorang pasien khususnya pasien perokok serta persentase kemungkinan penyakit lainnya. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sistem pakar ini adalah PHP, javascript, CSS dan MySQL , phpmyadmin untuk pengolahan databasenya. Dari hasil pengujian Black Box testing diperoleh 100% sesuai dengan kebutuhan sistem. Serta pengujian akurasi dengan 11 sampel penyakit dan 45 gejala mendapatkan nilai akurasi 79%-97%.

Referensi

K. D. Prasetio, I. K. Sireegar, and Suparmadi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Disebabkan Rokok dengan Menggunakan Metode Forward Chaining”, Jurnal Media informatika budidarma, vol.6, no.4, pp. 2205-2213, 2022.

T. B. A. Daniati, E. Juliansyah, and Sohibun, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sinting Kabupaten Sintang”,jurnal kesehatan masyarakt, vol. 1, no. 1, pp.1-8, 2022.

S. Muntari, Febriansyah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Perokok menggunakan MetodeTeorema Naive Bayes”, Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 3, no.4, pp. 686-695, 2022.

M. R. Wijaya, D. N. Willim, “Implementasi Metode Forward Chaining Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Pada Perokok”, jurnal sains dan Teknologi (SAINTEK), vol. 3, no.1, pp. 27-30, 2021.

F. P. Juniawan, “Penggunaan Metode Forward Chaining Dalam Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kejiwaan”, Jurnal Ilmiah Informatika Global vol.8, no.1, pp. 29-35, 2017.

D, M, Efendi, P. Y. Sari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Wajah Dengan Metode Certainty Factor Pada Klinik Skin Rachel”, Jurnal Informasi dan Komputer vol. 8, no.1, pp. 59-68. 2020.

H. Dona, Maradona, and Masdewi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung Dengan Metode Casebased Reasoning (CBR)”, Jurnal Sistem Informasi vol. 3, no. 1, pp. 1-12, 2021.

W. W. Nanda, Fauziah, and A. Iskandar,“Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Perokok Aktif Berbasis Android”, kumpulan jurnal ilmu komputer (KLIK) ,vol. 8 no. 2, pp. 187-198. 2021.

F. A. Nugroho, “perancangan sistem Pakar Diagnosa Penyakit jantung dengan metode forward chaining”, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 3, no. 2, p. 75, 2018.

R. R. Girsang, H. Fahmi,“Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata Katarak Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web”, Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 11 no. 1, pp. 27-31, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Widyasworo, C. A., syafrullah, M., Indra, I., & Windarto, W. (2023). SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT PADA PEROKOK DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 287–295. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/720

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>