Implementasi Kriptografi Menggunakan Metode Advance Encryption Standart (AES 128) Pada Aplikasi Inisiasi Project Berbasis Web Di PT Pins Indonesia

Penulis

  • Sandy Andreas Universitas Budi Luhur
  • Purwanto Purwanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Kriptografi, Enkripsi, Dekripsi, Keaman, AES-128

Abstrak

PT Pins Indonesia mempunyai data yang penting untuk disimpan dalam komputer. Namun jika data disimpan tanpa pengamanan yang baik, data tersebut dapat dicuri, diubah oleh pihak atau orang tertentu yang dapat merugikan perusahaan. Agar tidak tidak dapat dicuri ,disalah gunakan, diubah oleh pihak atau orang tertentu, maka dibutuhkan suatu metode untuk dapat mengamankan data. Proses dokumen inisiasi project yang dilakukan secara manual rentan terhadap kerahasiaan dokumen karena proses inisiasi project secara manual biasanya mengirimkan dokumen dalam bentuk hardcopy. Oleh karena itu diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu proses dokumen inisiasi project tersebut. Dengan mengutamakan keamanan pada dokumen yang  dikirim diperlukan metode pengamanan dengan sistem kriptografi. Metode yang digunakan adalah Advanced Encryption Standard (AES) 128 dengan  menggunakan kunci enkripsi dan dekripsi yang sama. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses dokumen inisiasi project menjadi lebih mudah dan aman.

Referensi

R. Nuari, N. Ratama, “Implementasi Algoritma Kriptografi AES (Advanced Encryption Standard) 128 Bit Untuk Pengamanan Dokumen Shipping,“ Journal Of Artificial Intelligence And Innovative Applications”, vol. 1, no.2, pp. 37-44, 2020.

A. R. Tulloh, Y. Permanasari and E. Harahap, “Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Penyandian File Dokumen,” Jurnal Matematika INISBA, vol. 15, no. 1, pp 1-14, 2016.

A. J. Menezes, P. C. V. Oorschot and S. A. Vanstone, “Handbook of Applied Cryptografi,” 5th printing, 2001.

R. Primartha, “Penerapan Enkripsi Dan Dekripsi File menggunakan Algoritme Advanced Encryption Standard (AES),” Journal of Research in Computer Science and Applications Informatics Engineering Department, vol.1 no. 01, pp. 1-19, 2013.

A. Widarma, “Kombinasi Algoritme AES, RC4 dan ELGAMAL dalam Skema Hybrid Untuk Keamanan Data,” CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), vol. 1, no. 1, pp. 1-8, 2016.

R. Primartha, “Penerapan Enkripsi Dan Dekripsi File menggunakan Algoritme Advanced Encryption Standard (AES),” Journal of Research in Computer Science and Applications Informatics Engineering Department, vol.1 no. 01, pp. 1-19, 2013.

R. T. Shita and L. Li Hin, “Implementasi Algoritma Kriptografi AES 128BIT Dan Elgamal Untuk Pengamanan E-Mail Pada Bandara International Sultan Mahmud Baharuddin II Palembang,” Jurnal BIT, vol. 15, no. 1, pp. 1-11, 2018.

F. A. Sianturi, “Perancangan Aplikasi Pengamanan Data dengan Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES), Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp.42–46, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Andreas, S., & Purwanto, P. (2022). Implementasi Kriptografi Menggunakan Metode Advance Encryption Standart (AES 128) Pada Aplikasi Inisiasi Project Berbasis Web Di PT Pins Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 337–343. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/351

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>