Penerapan Algoritma Finite State Machine Pada Game Edukasi Mencocokan Satwa Untuk Anak Usia Dini

Penulis

  • Robianto Robianto Unversitas Budi Luhur
  • Purwanto Purwanto Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

game edukasi, finite state machine, anak usia dini

Abstrak

Dalam beberapa dekade terakhir jumlah game telah meningkat disertai dengan kurangnya minat belajar, terutama pada anak-anak. Game lebih populer dari sebelumnya seiring dengan perkembangan teknologi, game modern tidak hanya lebih menarik secara visual dari sebelumnya, tetapi juga memiliki tingkat interaktivitas dan realisme yang tinggi. Permainan edukatif dapat memberikan jalan untuk anak usia dini, sebaiknya orang tua juga terlibat dalam pembelajaran dalam lingkungan yang interaktif. Dengan mengetahui hal tersebut akhirnya sebuah game edukasi dirancang agar sesuai dengan anak-anak usia dini menerapkan algoritma Finite State Machine dan akhirya tercipta sebuah permainan mencocokan satwa untuk anak usia dini. Untuk membuat permainan lebih menantang secara mental dan menyenangkan bagi anak-anak, aplikasi akan menyajikan berbagai gambar satwa dan bayangannya kepada pengguna yang berada pada layar aplikasi game. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah permainan edukatif yang memperkenalkan anak usia dini kepada satwa. Kemudahan penggunaan adalah aspek terpenting dari sebuah aplikasi, untuk mengukur kemudahan penggunaan adalah melalui kuesioner, yang meminta pengguna untuk memberi peringkat tugas yang mereka lakukan. (User friendly) 94% (sangat baik), efisiensi (efficiency) 82% (baik), kegunaan (functionality) 89% (sangat baik), keandalan (reliability) 83% (baik), dan keseluruhan 87% (sangat baik). Fokus game ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang satwa secara menyenangkan dalam bermain sambil belajar.

Referensi

D. Ardiningsih, “Pengembangan Game Kuis Interaktif Sebagai Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Kuliah Teori Musik,” J. Inov. Teknol. Pendidik., Vol. 6, No. 1, Pp. 92–103, 2019, Doi: 10.21831/Jitp.V6i1.17725.

B. Pane, X. Najoan, And S. Paturisu, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” J. Tek. Inform., Vol. 12, No. 1, Pp. 1–9, 2017.

J. Kuswanto And F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi,” J. Media Infotama, Vol. 14, No. 1, 2018, Doi: 10.37676/Jmi.V14i1.467.

D. Damayanti, M. F. Akbar, And H. Sulistiani, “Game Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 7, No. 2, P. 275, 2020, Doi: 10.25126/Jtiik.2020721671.

F. Marzian And M. Qamal, “Game Rpg ‘ The Royal Sword ’ Berbasis Desktop Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine ( Fsm ),” Sisfo J. Ilm. Sist. Inf., Vol. 1, No. 2, Pp. 61–96, 2017.

G. Mau, “Rancang Bangun Game 2d Shooter Platformer Menggunakan Metode Finite State Machine,” Jati (Jurnal Mhs. Tek. Inform., Vol. 3, No. 1, Pp. 117–122, 2019.

S. B. Pujiatma, “Penerapan Metode Shuffle Random Dan Finite State Machine Dalam Pengembangan Game Pengenalan Komputer,” Vol. 2, No. 7, Pp. 1–8, 2022.

K. S. Arif, “Rancang Bangun Game Labirin Hijaiyah Dengan Unity Menggunakan Metode Finite State Machine,” Doubleclick J. Comput. Inf. Technol., Vol. 4, No. 1, P. 49, 2020, Doi: 10.25273/Doubleclick.V4i1.6608.

M. Herlambang, “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Dreadman,” Jati (Jurnal Mhs. Tek. Inform., Vol. 3, No. 2, Pp. 83–89, 2019, Doi: 10.36040/Jati.V3i2.870.

P. Universitas And B. Luhur, Perpustakaan Universitas Budi Luhur. 2018.

E. Maiyana, “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,” J. Sains Dan Inform., Vol. 4, No. 1, Pp. 54–65, 2018, Doi: 10.22216/Jsi.V4i1.3409.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Robianto, R., & Purwanto, P. (2022). Penerapan Algoritma Finite State Machine Pada Game Edukasi Mencocokan Satwa Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 600–606. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/423

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>