IMPLEMENTASI ALAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODEMCU ESP8266 LOLIN

Penulis

  • Joko Malis Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Imelda Imelda Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Wahyu Pramusinto Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Painem Painem Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Indonesia

Kata Kunci:

Alat Penyiram Tanaman Otomatis, Mikrokontroler NodemMCU ESP8266, Internet of Things, Alat Penyiram Tanaman

Abstrak

Pada zaman sekarang IoT (Internet of Things) banyak digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia mengelola berbagai tanaman. Pada perkembangan teknologi salah satunya berupa penerapan IoT (Internet of Things) untuk menciptakan alat penyiram tanaman otomatis. Masalahnya butuh waktu untuk menyiram tanaman, padahal sering kali saat tiba waktunya menyiram tanaman kondisinya masih ditempat lain. Akibatnya tanaman menjadi kering dan mati, oleh karena itu dibutuhkan alat yang dapat melakukan penyiraman secara otomatis atau penyiraman yang dikendalikan dari jarak jauh, Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat penyiram tanaman secara otomatis berdasarkan sensor kelembaban dengan pesan peringatan pada smartphone dan memudahkan seseorang melakukan proses penyiraman guna menjaga kadar air tanaman. Penelitian ini menggunakan beberapa modul atau komponen antara lain soil mousture untuk mengukur kelembaban tanah, sensor ultrasonik untuk mengukur persediaan air, NodeMCU ESP8266 Lolin sebagai pusat kendali dan pompa motor sebagai penyiram tananam. Alat ini dilengkapi oleh aplikasi telegram yang terpasang pada smartphone untuk memonitoring nilai kelembaban tanah, nilai ketinggian Air dan notifiksi penyiraman. Karena Mikrokontroler banyak digunakan pada peralatan elektronik yang serba otomatis dan merupakan chip praktis yang dapat melakukan proses sesuai dengan printah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan mikrokontroller NodeMCU ESP826 mikrokontroller ini sudah dilengkapi dengan modul wifi ESP8266SE sehingga sangat cocok untuk pembuatan IoT. Untuk metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode prototype untuk menghasilkan alat yang sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna. Manfaat Penelitian untuk mempermudah pemilik tanaman melakukan penyiraman tanaman tersebut untuk kapan saja dan dimana saja tanpa harus ada dilokasi penyiraman karena alat penyiraman otomatis ini dapat dikendalikan dari jarak jauh, Hasil dari pengujian alat ini memiliki keakuratan hingga mencapai rata - rata 75%, dapat digunakan ketika pemilik berpergian dalam waktu yang cukup lama.

Referensi

Kafiar, E.Z., Allo, E.K., dan Dringhuzen J. M. Rancang Bangun Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Kelembaban YL-39 Dan YL-69. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol.7 No.3, ISSN : 2301-8402 267. 2018.

Sabilla, Y.B. Rancang Bangun Alat Penyiram Tanaman Otomatis. JRM. Volume 06 Nomor 01 91 – 99. 2020.

A. Nurdianto, D. Notosudjono, and H. Soebagia, “Rancang bangun sistem peringatan dini banjir (early warning system) terintegrasi internet of things,” Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Teknik Elektro, vol. 01, 2018.

T. Darmanto and H. Krisma, “Implementasi Teknologi IoT Untuk Pengontrolan Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Android,” Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), vol. 04, no. 1, 2019.

A. K. Nalendra and M. Mujiono, “Perancangan Iot (Internet Of Things) Pada Sistem Irigasi Tanaman Cabai,” Generation Journal, vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.29407/gj.v4i2.14187.

A. S. Edy Widodo, “Smart Fishfeed Untuk Budi Daya Ikan Air Tawar Berbasis Internet Of Things,” SIGMA - Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, vol. 10, no. 3, 2020.

M. Royhan, “m Pemasangan Lampu penerangan di Ruang dengan Sensor Passive Infrared Receiver (PIR) terintegrasi Arduino,” Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.52661/j_ict.v2i2.54.

N. Latif, “Penyiraman Tanaman Otomatis Menggunakan Sensor Soil Moisture dan Sensor Suhu,” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 7, no. 1, 2021, doi: 10.35329/jiik.v7i1.180.

Yuliza, “Detektor Keamanan Rumah Melalui Telegram Messeger,” Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, vol. 9, no. 1, 2018.

M. Palestin, R. Pramana, S.T, M.T, and E. Prayetno, S.T., M.Eng, “Prototipe Sistem Monitoring Dan Kontrol Suhu Air Pada Kolam Ikan Nila Berbasis Arduino Uno Dan Cayenne,” Teknik Elektro UMRAH, 2017.

O. T. Kwaar and X. B. N. Najoan, “Rancang Bangun Aplikasi Pengendalian Saluran Air dalam Rumah Berbasis Internet of Things,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Malis, J., Imelda, I., Pramusinto, W., & Painem, P. (2023). IMPLEMENTASI ALAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NODEMCU ESP8266 LOLIN. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 526–533. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/629

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>