Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Produk Pada Toko Perjuangan Collection

Penulis

  • I Komang Ardika Viantama Universitas Budi Luhur
  • Painem Painem Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

data mining, algoritma apriori, association rule

Abstrak

Perjuangan Collection merupakan sebuah toko baju retail, yang menyediakan segala keperluan masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Toko ini juga menyediakan berbagai macam produk seperti; kaos, celana jeans, celana pendek, baju anak-anak, celana anak-anak, kemeja, jaket, gamis, batik, mukena, sarung, dan masih ada yang lainnya. Sebagai toko yang bergerak dibidang fashion, Dalam penjualan produk, penjual tidak mengetahui kombinasi produk yang sering terjual secara bersamaan dan belum adanya metode yang digunakan untuk mengetahui kombinasi produk yang sering terjual secara bersamaan. Selain itu karena penataan produk yang kurang teratur menyebabkan pelayanan menjadi kurang efisien. Seiring waktu berjalan, data penjualan yang dihasilkan juga semakin bertambah menjadi besar dan banyak. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang didapatkan diatas maka perlu dibuatkan sistem dengan menggunakan metode untuk melakukan analisis data penjualan produk. Metode yang digunakan untuk melakukan analisis data penjualan produk adalah metode algoritma apriori. Dengan menggunakan metode ini penjual dapat mengetahui kombinasi produk yang sering terjual pada saat bersamaan, sehingga penjual dapat mengatur penataan letak produk yang baik dan teratur agar pembeli atau karyawan dapat mencari dan mengambil produk dengan lebih cepat. Hasil penelitian yang didapatkan menggunakan metode algoritma apriori ini dengan nilai min confidence dan min support yang telah ditentukan, hasil akhir membentuk 3 hasil Analisis, yaitu salah satunya jika konsumen membeli kaos, jaket denim, maka konsumen juga akan membeli celana bahan. Didapatkan juga hasil uji lift ratio yang telah telah ditemukan berupa 3 rule yang valid/kuat aturan asosiasinya, salah satunya yaitu kaos, jaket denim -> celana bahan.

Referensi

A. S. Sanjani, Husanul Fahmi, “Implementasi Data Mining Penjualan Produk Pakaian Dengan Algoritma Apriori,” Indones. J. Appl. Inf., vol. 4, pp. 23–29, Nov. 2019.

N. Fitrina, K. Kustanto, and R. T. Vulandari, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Sistem Rekomendasi Barang Di Minimarket Batox,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 6, pp. 21–27, Okt. 2018.

N. Adha, L. T. Sianturi, and E. R. Siagian, “Implementasi Data Mining Penjualan Sabun Dengan Menggunakan Metode Apriori ( Studi Kasus : PT. Unilever),” Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 219–223, Mei. 2017.

N. E. Putria, “Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel,” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 6, pp. 29–39, Mar. 2018.

I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer., vol. 8, pp. 671–678, Nov. 2017.

A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, pp. 103–108, Aug. 2019.

M. P. Tana, F. Marisa, and I. D. Wijaya, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 3, pp. 17–22, Aug. 2018.

A. Aditya, C. Putra, H. Haryanto, and E. Dolphina, “Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang,” CSRID J., vol. 10, pp. 93–103, Jun. 2018.

S. Al Syahdan and A. Sindar, “Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 1, pp. 56–63, Okt. 2018.

J. L. Putra, M. Raharjo, T. A. A. Sandi, R. Ridwan, and R. Prasetyo, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Pada Perusahaan Retail,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, pp. 85–90, Mar. 2019.

R. Fitria, W. Nengsih, and D. H. Qudsi, “Implementasi Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas,” J. Sist. Inf., vol. 13, pp. 118, Okt. 2017.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Viantama, I. K. A., & Painem, P. (2022). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Produk Pada Toko Perjuangan Collection. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 438–444. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/66

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>