PENERAPAN ASOSIASI DATA MINING UNTUK STRATEGI PENJUALAN PT. ABADI JAYA RODAPERKASA DENGAN ALGORITMA APRIORI

Penulis

  • Ryo Umar Wahid Mahasiswa
  • Subandi Dosen Pebimbing

Kata Kunci:

Data Mining, algoritme apriori, Strategi Penjualan, Association Rule

Abstrak

Penjualan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan. PT. Abadi Jaya Rodaperkasa, perusahaan yang bergerak dalam penjualan suku cadang kendaraan roda empat, terutama truk dan kendaraan lainnya. Perusahaan ini melakukan banyak transaksi penjualan setiap harinya, yang menyebabkan data transaksi mereka terus bertambah seiring waktu. Namun, data ini hanya disimpan dalam bentuk arsip dan belum dimanfaatkan sepenuhnya sebagai informasi yang berharga untuk strategi penjualan berikutnya. Untuk mengolah data transaksi tersebut lebih lanjut dan mendapatkan informasi baru yang berharga dalam proses pengambilan keputusan, penulis melakukan penelitian dengan menciptakan sebuah sistem aplikasi Data Mining. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pola-pola tersembunyi, relasi, dan informasi penting lainnya dari data yang sangat besar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan algoritme Apriori dengan metode asosiasi rule untuk mengidentifikasi hubungan antara item-item yang terjual. Selama proses pengujian, sebanyak 861 data transaksi dan 225 item produk diuji, dan dari total 961 data transaksi, ditemukan 5 aturan dengan tingkat kepercayaan (confidence) di atas 50%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat 2 aturan dengan tingkat kepercayaan 50% dan 3 aturan dengan tingkat kepercayaan di atas 60%. Selain itu, semua aturan tersebut memiliki nilai lift ratio di atas 1 dan korelasi positif, yang menandakan bahwa hubungan antara item-item tersebut cukup kuat dan saling berhubungan dalam transaksi penjualan. Dengan adanya sistem aplikasi Data Mining ini, PT. Abadi Jaya Rodaperkasa dapat memanfaatkan data transaksi mereka secara lebih efektif dan mendapatkan wawasan berharga untuk meningkatkan strategi penjualan mereka di masa depan

Referensi

Y. Apridonal, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE ASSICIATION RULE RULE DENGAN ALGORITME APRIORI UNTUK ANALISA POLA PENJUALAN BARANG.” Jurteksi, 2019.

A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritme Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019.

A. O. B. Ginting, “Penerapan Data Mining Korelasi Penjualan Spare Part Mobil Menggunakan Metode Algoritme Apriori (Studi Kasus: CV. Citra Kencana Mobil),” Journal of Information and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 70–77, 2021.

R. Saputra and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritme Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020.

I. Firnando et al., “Implementasi Algoritme Apriori Dan Forecasting Pada Transaksi Penjualan,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 3, no. 3, 2019.

E. Budiyati, H. Hurniningsih, and M. D. Lusita, “Implementasi Metode Algoritme Apriori Untuk Penempatan Buku pada Rak Perpustakaan STMIK Jakarta STI&K,” JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), vol. 4, no. 1, pp. 30–39, 2020.

F. Dristyan and A. Syafnur, “Aplikasi Web Usage Mining Menggunakan Metode Association Rule Dengan Algoritme Fp-Growth Untuk Mengetahui Pola Browsing Pengunjung Website,” in Prosiding Jakarta, Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2019, pp. 1060–1065.

Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “Penerapan Algoritme Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Kendaraan Roda Dua (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” Jurnal Teknoinfo, vol. 16, no. 2, pp. 225–232, 2022.

I. Maryani, O. Revianti, H. M. Nur, and S. Sunanto, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Di Toko GOC Kosmetik Dengan Menggunakan Metode Algoritme Apriori,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 8, no. 1, pp. 92–98, 2022.

Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “Penerapan Algoritme Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Kendaraan Roda Dua (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” Jurnal Teknoinfo, vol. 16, no. 2, pp. 225–232, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Umar Wahid, R., & Subandi. (2023). PENERAPAN ASOSIASI DATA MINING UNTUK STRATEGI PENJUALAN PT. ABADI JAYA RODAPERKASA DENGAN ALGORITMA APRIORI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 614–621. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/816

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>