IMPLEMENTASI ALGORITME K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKKAN WILAYAH RAWAN BANJIR

Penulis

  • Try Wathoriq Universitas Budi Luhur
  • Subandi

Kata Kunci:

Banjir, data mining, Clustering, K-Means

Abstrak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menghadapi tantangan dalam mengelola data bencana banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut. Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penanganan bencana banjir, diperlukan pendekatan yang efisien untuk mengelompokkan wilayah berdasarkan tingkat dampak yang dialami. Data mining, dengan metode K-Means Clustering, dapat menjadi solusi yang potensial untuk mengidentifikasi pola dan pengelompokan wilayah banjir yang serupa berdasarkan dampak yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode data mining K-Means Clustering dalam pengelompokkan wilayah banjir berdasarkan dampak yang terjadi pada data yang diberikan BPBD Kota Tangerang. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan pengelompokan wilayah banjir yang lebih efisien dalam upaya pengambilan keputusan dalam penanganan bencana banjir. Data historis tentang bencana banjir di Kota Tangerang dikumpulkan dan dipersiapkan untuk analisis. Metode K-Means Clustering diterapkan untuk mengelompokkan wilayah berdasarkan tingkat dampak yang dialami akibat banjir. Pengelompokan ini dilakukan dengan mempertimbangkan parameter seperti jumlah kejadian, jumlah kerusakan, korban menderita, korban meninggal, korban menghilang, korban mengungsi. Evaluasi dilakukan untuk mengukur kualitas pengelompokan dan mendapatkan wawasan yang berarti. Pada hasil penelitian ini Implementasi data mining K-Means Clustering berhasil menghasilkan pengelompokan wilayah banjir yang signifikan berdasarkan tingkat dampak yang terjadi. Wilayah dengan dampak banjir serupa dikelompokkan bersama, memungkinkan BPBD Kota Tangerang untuk mengidentifikasi pola dan karakteristik yang berkaitan dengan tingkat dampak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak yang terjadi akibat banjir pada wilayah yang rentan terhadap bencana banjir, melalui implementasi teknik data mining menggunakan algoritme K-Means Clustering. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kerawanan banjir berdasarkan dampak yang terjadi. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang dampak banjir pada wilayah yang rawan, serta membantu dalam mengembangkan langkah-langkah konkrit untuk mengurangi kerugian dan merencanakan tindakan yang lebih adaptif dalam menghadapi risiko banjir.

Referensi

P. Septiana Ananda Et Al., “Kmeans Clustering Menggunakan Rapidminer Dalam Segmentasi Pelanggan Dengan Evaluasi Davies Bouldin Index Untuk Menentukan Jumlah Cluster Paling Optimal,” Jurnal Batirsi, Vol. 6, No. 2, 2023.

H. U. Rabbani And D. Anubhakti, Implementasi Data Mining Untuk Prediksi Tangga Lagu Aplikasi Langit Musik. Telekomunisasi….

H. Prastiwi, J. Pricilia, And E. Raswir, “Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (Jakakom) Implementasi Data Mining Untuk Menentuksn Persediaan Stok Barang Di Mini Market Menggunakan Metode K-Means Clustering.”

Y. Pratama, H. Hendrawan, E. Rasywir, B. T. Carenina, And D. R. Anggraini, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Mengelompokkan Provinsi Berdasarkan Banyaknya Desa/Kelurahan Dengan Upaya Antisipasi/Mitigasi Bencana Alam,” Building Of Informatics, Technology And Science (Bits), Vol. 4, No. 3, Dec. 2022, Doi: 10.47065/Bits.V4i3.2549.

W. Sanusi, A. Zaky, D. Besse, And N. Afni, “Analisis Fuzzy C-Means Dan Penerapannya Dalam Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Faktor-Faktor Penyebab Gizi Buruk.”

M. R. Irianto, A. Maududie, And F. N. Arifin, “Implementation Of K-Means Clustering Method For Trend Analysis Of Thesis Topics (Case Study: Faculty Of Computer Science, University Of Jember),” Berkala Sainstek, Vol. 10, No. 4, P. 210, Dec. 2022, Doi: 10.19184/Bst.V10i4.29524.

F. Tempola, M. Muhammad, And A. Mubarak, “Penggunaan Internet Dikalangan Siswa Sd Di Kota Ternate: Suatu Survey, Penerapan Algoritma Clustering Dan Validasi Dbi Use Of The Internet In The Elementary School Students In Ternate City: A Survey, Implemented Of Clustering Algorithm And Validation Dbi,” Vol. 7, No. 6, 2020, Doi: 10.25126/Jtiik.202072370.

R. Julianti Hablum, A. Khairan, J. Jati Metro, And K. Ternate Selatan, “Jiko (Jurnal Informatika Dan Komputer) Ternate Clustering Hasil Tangkap Ikan Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Ternate Menggunakan Algoritma K-Means,” 2019.

I. Kadek, J. Arta, G. Indrawan, G. R. Dantes, P. Studi, And I. Komputer, “Data Mining Rekomendasi Calon Mahasiswa Berprestasi Di Stmik Denpasar Menggunakan Metode Technique For Others Reference By Similarity To Ideal Solution.”

S. Informatika And A. Polinema, “Evaluasi Kmeans Clustering Pada Preprocessing Sistem Temu Kembali Informasi,” Siap), P. 2020.

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Wathoriq, T., & Subandi. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITME K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKKAN WILAYAH RAWAN BANJIR . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1086–1093. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1028

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>