PENERAPAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN CAT FOOD MENGGUNAKAN ALGORITME FREQUENT-PATTERN GROWTH PADA SURYA PETSHOP

Penulis

  • Ikhsan Endang Prasetya Universitas Budi Luhur
  • Pipin Farida Ariyani

Kata Kunci:

Association Rule, Data Mining, Market Basket Analysis, Frequent Pattern-Growth

Abstrak

Industri hewan peliharaan telah mengalami pertumbuhan yang pesat di tahun 2023, ditandai dengan semakin banyaknya masyarakat yang memiliki hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarganya. Menurut data penjualan Surya Petshop, penjualan cat food mengalami penurun selama dua minggu terakhir. Beberapa strategi telah diterapkan, seperti menggunakan promosi melalui penjualan online maupun menggunakan diskon, namun penjualan yang diperoleh belum mencapai target. Maka dari itu, Surya Petshop membutuhkan suatu sistem aplikasi yang dapat untuk mengidentifikasi pola berbelanja konsumen dalam menentukan strategi penjualan selanjutnya yang bisa diterapkan. Sistem ini dibuat berdasarkan data penjualan Surya Petshop yang diolah dengan menggunakan teknik data mining. Pada kasus ini, metode yang tepat adalah metode association atau biasa dikenal dengan Market Basket Analysis merupakan metode yang paling cocok digunakan untuk menganalisis pola perilaku pembeli yang membeli suatu produk pada suatu waktu. Penulis memilih algoritme frequent-pattern growth karena proses yang dilakukan lebih cepat dan efisien jika dibandingkan algoritme apriori yang harus memindai data secara terus menerus. Pada proses pengujian terhadap 311 total data dengan minimum support 5% dan minimum confidence 30% didapatkan 5 Rule dengan nilai pengujian Lift Ratio diatas 0.9. Dari hasil pengujian digunakan sebagai dasar untuk untuk merekomendasikan beberapa produk yang banyak diminati dan produk yang dibeli konsumen secara bersamaan.

Referensi

Saputra, A. S., & Oktavia, P. (2023). Penerapan Data mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Menggunakan Metode Apriori Pada Foodmart Supermarket Semanggi. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 2(02), 520-530.

Herasmus, H. (2017). Analisa Customer Service System Menggunakan Metode Data mining Dengan Algoritme FP-Growth (Studi Kasus di PT Batamindo Investment Cakrawala). Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 2(2), 31-43.

Nurmayanti, W. P., Sastriana, H. M., Rahim, A., Gazali, M., Hirzi, R. H., Ramdani, Z., & Malthuf, M. (2021). Market Basket Analysis with apriori algorithm and Frequent Pattern growth (FP-Growth) on outdoor product sales data. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 2(1), 132-139.

Ardianto, A., & Fitrianah, D. (2019). Penerapan Algoritme FP-Growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV. Fajar Sukses Abadi. InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 9(1), 49-60.

Harahap, S. Z., & Nastuti, A. (2019). Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritme Fp-Growth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung). Informatika, 7(3), 111-119.

Ardianto, M. Y., Adinugroho, S., & Indriati, I. (2021). Penentuan Tata Letak Produk menggunakan Algoritme FP-Growth pada Toko ATK. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(9), 3826-3832.

Firmansyah, F. (2021). Market Basket Analysis for Books Sales Promotion using FP Growth Algorithm, Case Study: Gramedia Matraman Jakarta. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 4(2), 383-392.

Hakim, M. J., & Akbar, Y. (2018). Market Basket Analysis Menggunakan Algoritme Apriori Berbasis Bahasa R (Studi Kasus Transretail Indonesia). CKI ON SPOT, 11(2).

Winarti, D., Revita, E., & Yandani, E. (2021). Penerapan Data mining untuk Analisa Tingkat Kriminalitas Dengan Algoritme Association Rule Metode FP-Growth. Simtika, 4(3), 8-22.

Fauzy, M., & Asror, I. (2016). Penerapan metode association rule menggunakan algoritme apriori pada simulasi prediksi hujan wilayah kota bandung. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 2(3).

Kurniawan, S., Gata, W., & Wiyana, H. (2018). Analisis Algoritme FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus: MT Shop Kelapa Gading). In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA) (pp. 61-69).

Unduhan

Diterbitkan

11-10-2023

Cara Mengutip

Prasetya, I. E., & Ariyani, P. F. (2023). PENERAPAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN CAT FOOD MENGGUNAKAN ALGORITME FREQUENT-PATTERN GROWTH PADA SURYA PETSHOP . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 790–799. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/902

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>