IMPLEMENTASI DATA MINING PADA DATA THE JAVANESE CAFE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Penulis

  • Kartiko Setyoardi Universitas Budi Luhur
  • Pipin Farida Ariyani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Data Mining, Association Rule, Algoritma Apriori, Support, Confidence, Lift Ratio

Abstrak

The Javanese Cafe, sebuah usaha kuliner yang berlokasi di Jl. Pasar Cerme Lor No.140, Cerme Lor, Kec. Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61171. The Javanese Cafe telah menggunakan sistem komputerisasi untuk mengelola data penjualan, volume transaksi harian terus bertambah, menyebabkan akumulasi data yang meningkat. Dengan demikian, seringkali data ini hanya dianggap sebagai catatan tanpa melibatkan langkah pengolahan tambahan. Dalam konteks ini, Metode Apriori menjadi fokus penelitian sebagai alat untuk mengidentifikasi dan mengkombinasikan item penjualan yang berpotensi meningkatkan keuntungan. Metode Apriori memiliki keunggulan dalam mengidentifikasi pola asosiasi di antara transaksi penjualan, membantu pemilik The Javanese Cafe menyusun strategi penjualan yang lebih efektif. Bagaimana menentukan rekomendasi kebutuhan berdasarkan keterkaitan antar item makanan dan minuman pada The Javanese Cafe. Melalui penerapan Metode Apriori, penelitian ini bertujuan memberikan kontribusi kepada The Javanese Cafe dalam pemahaman yang lebih baik tentang preferensi pelanggan, meningkatkan strategi penjualan, dan akhirnya mencapai target keuntungan yang diinginkan. Dengan metode aturan asosiasi sedangkan apriori digunakan di The Javanese Bistro untuk mengidentifikasi hubungan antar item dan menghasilkan aturan yang menyelesaikan masalah. Setelah analisis, ditemukan 3 set item: 6, 22, dan 29, yang dapat dijelaskan sebagai berikut: (6 = Minuman Caffe Latte; 22 = French Fries; 29 = Kopi Tubruk Susu). Dengan tingkat kepercayaan minimal 70%, hasilnya adalah 9 aturan dengan Lift Ratio > 1. Oleh karena itu, terdapat korelasi positif yang signifikan di antara [Caffe Latte, French Fries, Kopi Tubruk Susu], menunjukkan bahwa item-item tersebut sering kali muncul bersamaan dalam transaksi.

Referensi

Boby, Solikhun, and Zulia Almaida Siregar, “Analisis Pola Penjualan Produk Makanan dan Minuman Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 65–72, 2022, doi: 10.47065/jimat.v2i2.161.

J. R. Gumilang, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Konter Berbasis Web,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 226–233, 2021, doi: 10.33365/jatika.v1i2.612.

M. Fahmi and F. A. Sianturi, “Analisa Algoritma Apriori Pada Pemesanan Konsumen Di Café the L . Co Coffe,” SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 52–57, 2019.

M. Surur, H. Saputro, and N. Azizah, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pembelian (Cap N Chris Café & Resto Jepara) Berbasis Web,” J. Inf. Syst. Comput., vol. 2, no. 2, pp. 36–45, 2022, doi: 10.34001/jister.v2i2.393.

A. Sukanda and A. Andri, “Sistem Rekomendasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi E-Commerce Toko Sudirman Sport,” J. Nas. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 64–76, 2021, doi: 10.47747/jurnalnik.v2i1.523.

F. A. Sianturi, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan,” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2018, [Online]. Available: http://bowmasbow.blogspot.com/20.

D. Kurniawan, “Fakultas sains dan teknologi universitas buddhi dharma tangerang 2018,” 2018.

Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA DUA (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, p. 225, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1459.

D. Astuti, “Penentuan Rekomendasi Paket Promosi Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth Di The Javanese Cafe,” vol. 12, pp. 447–454, 2023.

T. Kurniana, A. Lestari, and E. D. Oktaviyani, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan Berbasis Web pada Cafe Sakuyan Side,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 13–23, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i1.7005.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 118, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.202.

D. A. Susanto, T. Matulatan, and D. A. urnamasari, “Implementasi Data Mininguntuk Mencari Keterhubungan Antar Itempada Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori(Studi Kasus : the Canopy Kafe Tanjungpinang),” Student Online J., vol. 2, no. 2, pp. 416–424, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Setyoardi, K., & Ariyani, P. F. (2024). IMPLEMENTASI DATA MINING PADA DATA THE JAVANESE CAFE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 195–204. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1231

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>