PENERAPAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI UNTUK STRATEGI PENJUALAN PADA KAFE BOX KOFFIES BERBASIS WEB

Penulis

  • Agus Widodo Universitas Budi Luhur
  • Painem

Kata Kunci:

Association Rule, Data Mining, Algoritma Apriori, Pola Penjualan

Abstrak

Kafe Box Koffies telah menerapkan sistem komputerisasi untuk pengolahan data penjualan. Tetiap harinya jumlah data transaksi penjualan di Kafe Box Koffies terus meningkat sehingga terjadi akumulasi data yang besar. Tetapi data tersebut keseringan hanya dianggap sebagai catatan tanpa melibatkan proses analisis tambahan, sehingga tidak memberikan nilai tambahan yang dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan cara ini, penulis menganalisis data melalui penerapan metode pemrosesan data atau penambangan data menggunakan metode association rule dan algoritma apriori. Tujuan utamanya adalah mengidentifikasi keterkaitan antar item dan merumuskan aturan yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di Kafe Box Koffes. Dengan mengetahui korelasi antar produk, perusahaan dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, seperti paket penjualan yang lebih menarik, penawaran bundling, atau rekomendasi produk yang relevan. Dampak yang dihasilkan adalah pembentukan 3 set item yang terbentuk dari 1; 15; dan 2. Dalam konteks ini, item 1 Kopi Susu Raden, item 2 Pisang / Bakar Cokelat Keju, item 3 Spiva. Selanjutnya, dengan minimum support sebesar 10%, dan minimum confidence sebesar 50%, diperoleh tujuh pola perhitungan yang membentuk aturan dengan Lift Ratio > 1. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara [Kopi Susu Raden, Pisang / Bakar Cokelat Keju] dan Spiva], yang menyiratkan bahwa kombinasi-kombinasi ini cenderung lebih sering muncul bersamaan, maka dapat disimpulkan bahwa menu item ini dapat di jadikan strategi penjualan dengan metode Cross Selling.

Referensi

A. L. Mikraj, D. Apriana, and C. Yuliansyah, “Optimalisasi Penjualan Online Melalui Teknik Data Mining (Studi Kasus E-Commerce),” Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, vol. 4, no. 2, pp. 514–527, 2024.

M. Safii and A. Trydillah, “Implementasi Data Mining dalam Menentukan Pola Pembelian Obat dengan Metode Algoritma Apriori,” METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 3, no. 1, pp. 66–71, 2019, doi: 10.30865/mib.v7i4.6555.

A. Harist N, I. R. Munthe, and A. P. Juledi, “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori untuk Meningkatkan Penjualan,” Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, vol. 06, no. 1, pp. 188–197, 2021, doi: 10.54367/jtiust.v6i1.1276.

T. Kurniana, A. Lestari, and E. D. Oktaviyani, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan Berbasis Web pada Cafe Sakuyan Side,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 13–23, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i1.7005.

N. Agustiani, D. Suhendro, W. Saputra, and S. Tunas Bangsa Pematangsiantar, “Penerapan Data Mining Metode Apriori Dalam Implementasi Penjualan Di Alfamart,” Pros. Semin. Nas. Ris. Dan Inf. Sci., vol. 2, pp. 300–304, 2020.

B. L. Iverson and P. B. Dervan, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” pp. 7823–7830.

Y. Syahra, M. Syahril, and Y. Y, “Implementasi Data Mining Dengan Menggunakan Algoritma Fuzzy Subtractive Clustering Dalam Pengelompokan Nilai Untuk Menentukan Minat Belajar Siswa Smp Primbana Medan,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 17, no. 1, p. 54, 2019, doi: 10.53513/jis.v17i1.113.

D. A. Ulandari and D. Swanjaya, “Perbandingan Transformasi Data pada Penentuan Peserta Bimbingan Belajar Menggunakan Metode Perceptron,” Pros. SEMNAS INOTEK …, pp. 191–196, 2020.

S. Masripah and L. Ramayanti, “Penerapan Pengujian Alpha Dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru,” Swabumi, vol. 8, no. 1, pp. 100–105, 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i1.7448.

M. Surur, H. Saputro, and N. Azizah, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pembelian (Cap N Chris Café & Resto Jepara) Berbasis Web,” J. Inf. Syst. Comput., vol. 2, no. 2, pp. 36–45, 2022, doi: 10.34001/jister.v2i2.393.

A. Y. Rahmawati, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dan Ular Tangga Pintar pada Penjumlahan dan Pengurangan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Polorejo TP. 2019/2020,” Thesis, pp. 1-68, 2020.

S. Widaningsih, “Perbandingan Metode Data Mining Untuk Prediksi Nilai Dan Waktu Kelulusan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Dengan Algoritma C4,5, Naïve Bayes, Knn Dan Svm,” J. Tekno Insentif, vol. 13, no. 1, pp. 16–25, 2019, doi: 10.36787/jti.v13i1.78.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Widodo, A., & Painem. (2024). PENERAPAN DATA MINING ALGORITMA APRIORI UNTUK STRATEGI PENJUALAN PADA KAFE BOX KOFFIES BERBASIS WEB. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 186–194. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1225

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>