ANALISIS DATA TRANSAKSI (MARKET BASKET ANALYSIS) PENJUALAN VAPE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEBSITE

Penulis

  • Rafli Fatahillah Univesitas Budi Luhur
  • Arief Wibowo

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritma Apriori, Association Rule, Market Basket Analysis

Abstrak

Perkembangan Teknologi yang signifikan memiliki banyak keuntungan terhadap perusahaan-perusahaan baru untuk berkembang dengan cepat. Hal ini tentu berdampak kepada perusahaan yang tidak bisa mengikuti percepatan itu dengan penjualan terus menurun disetiap bulannya. Banyak perusahaan vape yang produknya tidak terjual dikarenakan sulitnya menentukan produk yang perlu di dibeli lebih banyak dan produk yang perlu dikurangi dari distributor dan penyesuaian beberapa promosi untuk menarik konsumennya serta selalu kesulitan ketika menentukan produk yang cocok digunakan sebagai promosi. Maka dari itu dibuatlah sistem data mining berbasis website untuk melihat pola penjualan terhadap produk yang dibeli oleh konsumen untuk menentukan strategi penjualan selanjutnya yang lebih efektif. Pada kasus ini metode yang akan digunakan adalah Metode Apriori dan Association Rules. Proses pengujian menggunakan 245 total transaksi di dapatkan 12 rule dengan nilai minimum support 25% dan nilai minimum confidence 20% dengan lift ratio diatas 1.

Referensi

Arfiansyah, W., Iwan Rizal Setiawan, & Prajoko, P. (2022). Sistem Rekomendasi Paket Diskon Barang dengan Algoritma Apriori di Toko Ryzy. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(2), 379–389. https://doi.org/10.51903/pixel.v15i2.887

Astuti, Y., & Novitasari, H. (2022). Algoritma Apriori sebagai Penentu Pola Penjualan Produk Jeans. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 9(1), 20–28. https://doi.org/10.21107/edutic.v9i1.7416

Badrul, M., Studi, P., & Informasi, S. (2016). Algoritma Asosiasi dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XII(ALGORITMA ASOSIASI DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISA DATA PENJUALAN), 121–129.

Darmawan, I. A., Randy, M. F., Yunianto, I., Mutoffar, M. M., & Salis, M. T. P. (2022). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Golongan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Sebatik, 26(1), 223–230. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1622

Ichsan, M., Wijaya, P., Aqromi, N. L., Afiyah, S. N., Teknologi, I., & Malang, A. (2023). Implementasi Data Mining Pola Pembelian Pada Toko Santoso Tiga Sumenep Dengan Menerapkan Algoritma Apriori. 17(2), 97–108.

Rahmattullah, R. (2022). Peningkatan Strategi Penjualan dengan metode Association Rule Pada Toko Ritel ABC. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2022 23.

Sapitri, A., Elisya, N., Mustafa, N. M., & Badrul, M. (2022). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Minat Customer Parfume Dari Riwayat Data Penjualan Anggreani. Universitas Nusa Mandiri Jl. Jatiwaringin, 7(1), 28534471.

Tarigan, P. M. S., Hardinata, J. T., Qurniawan, H., Safii, M., & Winanjaya, R. (2022). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang ( Studi Kasus : Toko Sinar Harahap). Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.25008/janitra.v2i1.142

Wahyudi, T., Informasi, S., Tinggi, S., Komputer, I., Karya, C., Sawit, D., & Timur, K. J. (2022). Penerapan Data Mining Pada Transaksi Penjualan Pakaian Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Jupiter, 14(2), 473–482.

Widodo, A. A., & Fachrudin, I. A. (2022). Prediksi Itemset Promosi Penjualan Menggunakan Metode Market Basket Analysis. Konvergensi, 18, 18–24.

Unduhan

Diterbitkan

12-10-2023

Cara Mengutip

Fatahillah, R., & Wibowo, A. (2023). ANALISIS DATA TRANSAKSI (MARKET BASKET ANALYSIS) PENJUALAN VAPE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI BERBASIS WEBSITE. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 901–908. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/938

Terbitan

Bagian

Artificial Intelligence

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>