Sistem Identifikasi Masuk Perpustakaan Menggunakan RFID Berbasis IOT Di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Bintaro

Penulis

  • Iqbal Yahya Universitas Budi Luhur
  • Joko Christian Chandra Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

RFID Perpustakaan, Identifikasi Masuk Perpustakaan, Arduino, NodeMCU, monitoring web

Abstrak

Banyaknya jumlah pengunjung perpustakaan sekolah merupakan salah satu indikator untuk mengukur minat baca siswa sehingga diperlukan data laporan pengunjung harian yang akurat dan cepat. Pada saat ini proses pembuatan data laporan pengunjung pada perpustakaan Sekolah Budi Mulia Dua Bintaro masih bersifat konvensional, salah satunya pencatatan kehadiran siswa di dalam perpustakaan masih menggunakan lembar absensi, hal ini menjadi tidak efisien karena pada pembuatan data laporan pengunjung harian memakan waktu lama. Oleh karena itu, penelitian akan mengembangkan sebuah sistem identifikasi masuk perpustakaan yang menggunakan teknologi RFID. Dengan menjadikan kartu RFID sebagai kartu pelajar diharapkan siswa selalu dapat menggunakan kartu ini untuk akses masuk ke perpustakaan sehingga proses identifikasi akan lebih mudah dengan meng-query data identitas siswa dari database. Dengan sistem identifikasi masuk perpustakaan menggunakan RFID berbasis IoT membantu dalam proses pelaporan data pengunjung. Hasil  dari penelitian ini adalah sistem yang berguna membantu proses pembuatan data laporan pengunjung harian dapat dengan mudah dan cepat.

Referensi

Yoanda S. Peningkatan Layanan Perpustakaan Melalui Teknologi RFID. Jurnal Pustakawan Indonesia. 2017;16(2).

Martias. Penerapan Teknologi Radio Frekuensi Identifikasi Pada Perpustakaan Berdasarkan Analisis Kelayakan Investasi. Jurnal Teknik Komputer AMIKBSI. 2015;1(1):190–6.

Engkus, Trisakti F, Hidayat A, Suparman N, Ludianingsih U. Kualitas Pelayanan Perpustakaan Berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi. 2019;10(1).

Sukrianto D. Pemanfaatan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) Pada Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Klinik Pratamaafiyah. Jurnal Intra Tech. 2020;4(1).

Handian Rachmat H, Allegro Hutabarat G. Pemanfaatan Sistem RFID Sebagai Pembatas Akses Ruangan. Vol. 2, Jurnal Elkomika ITENAS. 2014.

Pradana V, Wiharto HL. Rancang Bangun Smart Locker Menggunakan RFID Berbasis Arduino Uno. Jurnal El Sains. 2020;2(1):2527–6336.

Firmansyah A, Pratama DA. Perancangan Smart Parking System Berbasis Arduino Uno. Sigma - Jurnal Teknologi Pelita Bangsa. 2019;10(1).

Nurmuslimah S, Wibisono T. Implementasi Motor Servo Dan IR Remot Control Pada Tripod Sebagai Penggerak Arah Vertikal Dan Horisontal Action Camera. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan VIII 2020. 2020;69.

Siswanto E. Perancangan Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan RFID Pada E-KTP Di Balai Desa Sukorejo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis. 2018;

Nasrullah H, Christian J. Pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Sistem Absensi Pegawai. BIT [Internet]. 2013;10(1). available from: http://id.wikipedia.org/wiki/database

Nugraha W, Syarif M. Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas). 2018 Dec 4;3(2):94–101.

Lukman Mp, Angriani H. Implementasi Teknologi RFID Pada Sistem Antrian Rekam Medis Pasien Di Rumah Sakit. Ilkom Jurnal Ilmiah. 2018;10.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Yahya, I., & Chandra, J. C. (2022). Sistem Identifikasi Masuk Perpustakaan Menggunakan RFID Berbasis IOT Di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Bintaro. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 952–961. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/152

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>