ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA LOOPS BIKESTOP
Kata Kunci:
E-commerce, Business Model Canvas (BMC), unified model Language (UML), Search Engine Optimization, Loops BikestopAbstrak
Berkembangnya dunia digital saat ini semakin maju dan pesat. User (pengguna internet) sekarang tidak hanya memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi, juga mencari produk-produk yang dibutuhkan. Untuk mencari berbagai produk, user (pengguna internet) menggunakan E-Commerce. Saat ini, E-Commerce adalah layanan yang baik untuk menjual maupun memasarkan produk. Salah satu contohnya toko Loops bikestop, yang menjual berbagai produk sepeda dan aksesoris sepeda yang beralamat di Ruko Emerald Avenue 1 Blok AE No 6 Bintaro Boulevard Bintaro Jaya Sektor 9 Tangerang Selatan. Saat ini sistem penjualan, pemasaran dan promosi yang digunakan oleh toko Loops bikestop masih menggunakan model konvensional, dimana pelanggan harus datang langsung ke toko untuk membeli barang, hal ini membuat penjualan dan pemasaran produk kurang optimal karena penjualan produk hanya berada disekitar toko saja. Dari permasalahan tersebut mencoba memberikan solusi dengan cara mengubah sistem penjualan yang konvensional dengan berbasis teknologi yang disebut E-Commerce. Sebelum membuat web E-Commerce melakukan tahapan-tahapan penelitian terlebih dahulu agar hasil penelitian dapat sesuai dengan kebutuhan, melakukan Analisa Business Model Canvas (BMC) lalu membuat diagram-diagram dengan Unified Modeling language (UML) lalu pembuatan web dengan wordpress beserta plugin-plugin yang dibutuhkan terakhir melakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO) dan strategi marketing. Setelah website diimplementasikan dan dilakukan ujicoba dan dipastikan semua fitur transaksi dapat berfungsi dengan baik. Dengan tersedianya E-Commerce permasalahan yang ada dapat diselesaikan.
Referensi
Alwendi, "PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA," Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 17, pp. 317-325, 2020.
A. N. S. Diah Pranitasari, "ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ELEKTRONIK SHOPEE MENGGUNAKAN METODE E-SERVICE QUALITY DAN KARTESIUS," Jurnal Akuntasi dan Manajemen (JAM), vol. 18, pp. 12-31, 2021.
D. D. M. I. K. A. Emilia Murni, "PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM WEBSITE E-COMMERCE DALAM BISNIS BAKERY UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA PABRIK PRIMA SARI BAKERY," Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri (JRSI), vol. 7, no. Proses penjualan Prima Sari Bakery masih dilakukan secara manual, Selama ini sistem penjualannya masih mengandalkan media interaksi dengan konsumen (pelanggan) yaitu dengan menggunakan sistem pembukuan faktur, struk bon. Jangkauan pemasaran kurang luas, pp. 120-124, 2020.
A. Y. Penny Hendriyati, "IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB," JURSIMA, vol. 9, no. Terbatasnya pemasaran produk menjadi faktr kendala penjual dalam meningkatkan omset penjualan, sistem pengolahan penjualan yang kuran optimal, dan sulitnya menjangkau customer serta pembuatan laporan yang masih manual menjadi suatu faktor yang buruk bagi, pp. 40-48, 2021.
P. R. K. Elly Yanuati, "MODEL WEB E-COMMERCE GUNA MEMPERLUAS PEMASARAN PRODUK FURNITURE," Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 4, no. Proses penjualan pada Leny Jati Furniture masih dilakukan secara konvensional dimana transaksi dilakukan melalui interaksi langsung dengan konsumen. Pengolahan data transaksi belum memanfaatkan komputer jadi sangat rentan terjadi kesalahan dan kehilangan , pp. 165-172, 2021.
R. M. F. D. R. S. Aldi Zubaidi, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BOX DAN TEMPAT SESERAHAN DI "F" PRODUCTION SRUWENG BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER," Jurnal JASATEC, vol. 1, no. Sistem penjualan yang dilakukan secara offline, dimana konsumen harus datang langsung ke toko jika ingin membeli barang. Kurang luasnya jangkauan promosi yang digunakan oleh toko F masih menggunakan media spanduk didepan toko., pp. 82-90, 2021.
D. S. A. R. B. Dhimas Adhinar Afriansyah, "RANCANGAN BANGUN WEBSITE E-COMMERCE DI TOKO SEAN SHOES MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT," Journal Informatic Technology And Communication (JITU), vol. 6, no. Penurunan omset dikarenakan masa pandemi. Selain itu media promosi yang telah dilakukan hanya dengan menggunakan spanduk dan media sosial Instagram untuk mempromosikan produknya., pp. 1-8, 2022.
H. H. H. Nur Wijayanti, "BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN KOMPETENSI UMKM MAKANAN RINGAN DIKABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH," Jurnal Agroindusti Halal, vol. 6, pp. 114-121, 2020.
M. A. A. Nurul Mustofa, "PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE SPARE-PART KOMPUTER BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CODEIGNITER PADA DHAMAR PUTRA COMPUTER KOTA TANGERANG," OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 1, pp. 199-207, 2022.
N. W. Hasanudin, "IMPLEMENTASI YOAST SEO DAN OPTIMASI KEYWORD UNTUK MENINGKATKAN RANK PADA GOOGLE SEARCH ENGINE RESULT PAGE (SERP)," Jurnal Siliwangi, vol. 7, pp. 58-65, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.