PENERAPAN METODE AHP DAN PROMETHEE PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PERPANJANGAN KONTRAK KERJA

Penulis

  • Danar Irawan Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahaya Putra

Kata Kunci:

analytical hierarchy process (AHP), PROMETHEE, SPK, Perpanjangan Kontrak Kerja

Abstrak

PT Pintar Seluruh Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa Pendidikan luar sekolah yang memiliki beberapa brand/produk, salah satunya yaitu brand/produk Kursus Pintar. Perpanjangan sistem kontrak yang dilakukan saat ini belum memiliki kriteria penilaian khusus bagi karyawan atau pembimbing, sehingga hal tersebut mengakibatkan produktivitas kinerja pembimbing menurun dan berdampak pada perusahaan yang tidak bisa mencapai apa yang menjadi tujuan dari perusahaan yang menciptakan brand/produk Kursus Pintar tersebut. Manfaat dilakukan penelitian ini antara lain Bagi Peneliti Meningkatkan pemahaman terkait implementasi metode AHP-Promethee dalam Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dan memberikan inspirasi peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai SPK menggunakan metode yang dapat digunakan untuk penentuan perpanjangan kontrak. Bagi Universitas Budi Luhur Peneliti berharap penelitian ini bisa memberikan kontribusi dalam mengembangkan teori khususnya pada sistem yang dapat mengambil keputusan serta penggunaan metode AHP-Promethee. Bagi Lembaga Kursus Pintar Memudahkan pengambilan keputusan terkait penentuan perpanjangan kontrak dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yang telah ditetapkan secara sistematis. Dapat memudahkan, serta tepat sasaran, dan menghemat waktu dalam membuat keputusan terkait penentuan perpanjangan kontrak pada Lembaga Kursus Pintar. Selain itu, tidak adanya sistem penentuan perpanjangan kontrak mengakibatkan penilaian penentuan perpanjangan kontrak kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mengusulkan sebuah sistem pendukung keputusan penentuan perpanjangan kontrak kerja pada PT. Pintar Seluruh Indonesia khususnya pada karyawan/pembimbing Kursus Pintar dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Promethee dengan delapan kriteria dan 32 alternatif. Metode AHP digunakan untuk melakukan pembobotan, dan metode Promethee digunakan untuk melakukan perangkingan. Selain itu, metode yang digunakan untuk pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang memiliki tahapan requirement analysis, design, development, dan testing. Hasil dari proses perhitungan menggunakan kombinasi metode AHP dan metode Promethee, didapatkan hasil bahwa Ichya Ulumudin (A2) mendapatkan peringkat 1 dengan hasil net flow sebesar 0.3023, selanjutnya pada peringkat kedua yaitu Sukmayani (A27) dengan hasil net flow 0.2474, dan peringkat ketiga yaitu Dicky Andiran (A31) dengan hasil net flow sebesar 0.2458.

Referensi

Achmad, Y. F., & Yulfitri, A. (2020). Pengujian Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Black Box Testing Studi Kasus E-Wisudawan Di Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal. Jurnal Ilmu Komputer, 42.

Adhar, D. (2021). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN MENU MAKANAN BAGI PENDERITA DIABETES MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS ANDROID.

Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK).

Agustini, & Kurniawan, W. J. (2019). Sistem E-Learning Do'a dan Iqro' dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, 1(3), 154-159.

Amalia, E., Hosen, M., & Oktaviarni, F. (2021). Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Antara Karyawan dengan Manajemen Axel Barbershop Kota Jambi. Journal of Civil and Business Law, 2(1), 64-95.

Anwar, S. K., Priyanto, A., & Ramdan, C. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata Menggunakan Metode AHP. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 5(1), 270-279.

Apriliani, D., & Somantri, O. (2019). Implementasi Metode Promethee Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Raport Dosen. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 4(1), 38-42.

Apriyani, M. E., Wijaya, I. D., & Wahyu, K. A. (2022). Decision Support System Location of Development Center Using Promethee Method. International Conference on Vocational Innovation and Applied Science, 1-8.

Arif, A. M., Kusrini, & Pramono, E. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PERAWAT MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE PADA PUSKESMAS RENA KANDIS KABUPATEN BENGKULU TENGAH . Jurnal Informa

Politeknik Indonusa Surakarta, 5(1), 7-16.

Azzahra, D., & Ramadhani, S. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG(OPAC) PERPUSTAKAAN BERBASIS WEBPADA STAI AULIAURRASYIDDIN TEMBILAHAN. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 152-160.

Dwi, N. R. (2021, June 11). Metode Waterfall: Pengertian, tujuan, 6 tahapan, dan contohnya. Retrieved from EKRUT Media: https://www.ekrut.com/media/tahapan-metode-waterfall

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Irawan, D., & Cahaya Putra, B. (2023). PENERAPAN METODE AHP DAN PROMETHEE PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PERPANJANGAN KONTRAK KERJA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1747–1756. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1099