PENERAPAN RETAIN E-CRM BERBASIS WEB DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PELAYANAN PENJUALAN PERUSAHAAN CV. GEMILANG PERMATA

Penulis

  • Muhamad Yasin Fachruddin Universitas Budi Luhur
  • Bima Cahaya Putra

Kata Kunci:

Customer Relationship Management (CRM)), electronic customer relationship (E-CRM), E-CRM CV.Gemilang Permata

Abstrak

Pada saat ini teknologi sudah mulai berkembang dengan sangat pesat, hal ini sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan. Agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, begitu banyak cara yang dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya. Pelanggan adalah sebuah asset yang sangat penting untuk perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus mengetahui bagaiamana cara agar meningkatkan suatu pelayanannya terhadap pelanggan agar tetap menaruh loyalitas kepada pelanggan. Hal ini bisa diraih salah satunya dengan cara mengimplementasikan sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang bisa membantu perusahaan dalam melayani dan mencapai tingkat kepuasaan pelanggan. CV.Gemilang Permata merupakan salah satu perusahaan yang beroperasi dibidang penyediaan kebutuhan buah dan sayuran dibeberapa restoran dan hotel untuk daerah Jakarta dan Tangerang. Pada CV. Gemilang Permata, masih belum adanya sistem informasi yang meningkatkan kinerja dan pemberian pelayanan yang puas terhadap para pelanggan  setia. Untuk itu  masalah yang dihadapi oleh CV. Gemilang Permata penulis mencoba menganalisa dan mendesign sistem dengan menggunakan metode Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Sistem E-CRM dibangun dengan pemrograman PHP dan database Mysql sebagai databasenya. Sistem ini dibuat untuk memperkuat hubungan CV. Gemilang Permata dengan pelanggan, sehingga dapat untuk meningkatkan sebuah pelayanan dan loyalitas terhadap pelanggan. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype E-CRM yang dapat meningkatkan loyalitas dan pelayanan terhadap pelanggan CV.Gemilang Permata. CV. Gemilang Permata meliputi fitur login, data pelanggan, data barang, mengecek data transaksi, mengecek data invoice pesanan, mengecek data retur, dan penanganan keluhan untuk memenuhi kebutuhan dan membantu kelancaran dari proses bisnis dan komunikasi untuk kedua belah pihak.

Referensi

Nabil Abdul Aziz., L and Patrie, H., “IMPLEMENTASI E-CRM UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN,” Jurnal Idealis, 2(6), 383-387, 2019.

Wildan,M and Juanita, S “Implementasi Electronic Customer Relatitionship Management Pada Aplikasi Layanan Pada Aplikasi Layanan Pelanggan Hotel,” Infotekmesin, 13(1), pp. 144-150. Available at: http://doi.org/10.35970/infotekmesin.v13i1.1045.

Putri, R.M., Pudjianto, T.H and Sabrina, P.N “Perancanagan Sistem Electronic Customer Relationship Management Pada Perusahaan Provider Internet PT. Blitzspot Network Solution." Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1),pp. 228-233, 2019.

M.Yusuf And L. L. Hin "Penerapan Elctronic Custumor Relationship Management (E-Crm) Untuk Meningkatkan Loyalitas Dan Pelayanan Terhadap Customer Pada Hotel Menteng 1," Pp. 214-219, 2019.

A. F. Sorengpati And B. D. Andah, "Rancangan E-Crm Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Pt. Digital Travel Indonesia, " Pp. 187-193, 2019.

N.Muslihah, I. Fahmi, A.R. Maulidiana, And I. Y. Habibie, Prinsip dan aplikasi Metode Penelitian Gizi. Universitas Brawijaya Press, 2021.[Online]. available: Https://Books.Google.co.Id/Books?Id=Ozoxeaaaqbaj.

Pramujaya, A. V. and Kurniawati, D. A. (2019) “ Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine pada Bag Transfer System dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dan Fishbone Analysis,” Conference on Industrial Engineering and Halal Industries (CIEHIS), 1(1). doi:2715-5382.

E. Nurfitriana, W. Aprilia, H. Ferlianti, And H. Basri, "Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutag Jasa Penyewaan Kendaraan Pada Pt .," Vol. 15, Pp. 34-43, 2020.

Destriana, R., Husain, S. M. and Handayani, N. (2021) Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase ‘Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.’ Deepublish. Available at: http://elibrary.bsi.ac.id/readbook/220446/diagram-uml-dalam-membuat-aplikasi-android-firebase-studi-kasus-aplikasi-bank-sampah

Destriana, R., Husain, S. M. and Handayani, N. (2021) Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase ‘Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.’ Deepublish. Available at: http://elibrary.bsi.ac.id/readbook/220446/diagram-uml-dalam-membuat-aplikasi-android-firebase-studi-kasus-aplikasi-bank-sampah

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Fachruddin, M. Y., & Cahaya Putra, B. (2023). PENERAPAN RETAIN E-CRM BERBASIS WEB DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PELAYANAN PENJUALAN PERUSAHAAN CV. GEMILANG PERMATA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1544–1553. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/994

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.