SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SMK YADIKA 4 KARANG TENGAH KOTA TANGERANG UNTUK PELAYANAN PENDAFTARAN

Penulis

  • Fahrani Diaz Fajriah Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Customer Relationship Management, SMK, Pendaftaran

Abstrak

SMK Yadika 4 merupakan salah satu sekolah di bawah naungan Yayasan Abdi Karya (Yadika). Saat ini, proses pendaftaran siswa baru masih dilakukan secara offline dengan datang ke sekolah. Sekolah juga sulit mendapatkan siswa baru karena penyebaran brosur yang kurang luas. Kemudian sekolah belum bisa melakukan evaluasi terhadap pelayanan pendaftaran sekolah karena tidak ada penilaian dari wali murid maupun calon siswa mengenai pelayanan pendaftaran sekolah. Penelitian ini mengembangkan sistem informasi berbasis web yang menerapkan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Analisis dan desain berbasis objek menggunakan model Unified Modelling Language (UML) digunakan dalam pemodelan penelitian ini. Sistem CRM tersebut dikembangkan dengan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini dikembangkan sistem CRM berbasis website sehingga pada proses penerimaan siswa baru di SMK Yadika 4 dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Fitur yang dihasilkan dalam penelitian ini seperti, formulir pendaftaran online, dan penilaian feedback yang disampaikan oleh orang tua atau calon siswa mengenai pelayanan pendaftaran dengan fitur feedback, sehingga kepala sekolah dapat mengevaluasi pelayanan sekolah dari laporan feedback.

Referensi

Rusmanto, Manajemen hubungan pelanggan, teori dan implementasi dengan aplikasi web dan media sosial. Nurul Fikri Press, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=21lcEAAAQBAJ

Hamdi and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-Crm Dalam Penerapan Informasi Implementation of the E-Crm System in the Application of Information To Student Guardian Services At Tk,” vol. 2, no. September, pp. 1390–1399, 2023.

S. Aripin, Hendri Irawan, Wendi Usino, and Ita Novita, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023, doi: 10.36080/kresna.v3i1.74.

R. I. Ramadhani and J. Safitri, “Implementasi Electronic Relationship Management (E-Crm) Guna Meningkatkan Loyalitas Wali Murid Pada Yayasan Pendidikan Daya Dutika : Sekolah Cenderawasih,” Implementasi Electron. Relatsh. Manag. Guna Meningkat. Loyal. Wali Murid Pada Yayasan Pendidik. Daya Dutika Sekol. Cenderawasih, vol. 2, no. 5, pp. 360–366, 2019.

I. Fatoni, “Optimalisasi Penerimaan Santri Baru melalui Pengembangan Customer Relationship Management (CRM) di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri,” Hamalatul Qur’an J. Ilmu Ilmu Alqur’an, vol. 2, no. 1, pp. 19–29, 2021, doi: 10.37985/hq.v2i1.18.

M. Lenawati, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Universitas PGRI Madiun),” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 245–248, 2019.

D. M. Kusumawardani, S. Astiti, M. Y. Fathoni, D. Sunardi, S. Fernandez, and A. Juansa, WEB DASAR Menggunakan HTML, CSS, JS, PHP dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=o8a1EAAAQBAJ

S. K. M. K. Dedy Rahman Prehanto, S. T. M. K. I Kadek Dwi Nuryana, and S. M. Pustaka, BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=0OriDwAAQBAJ

N. Ahmad et al., ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBJEK. Penerbit Widina, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=wSSFEAAAQBAJ

M. K. Rachmat Destriana, S. K. M. T. I. Syepry Maulana Husain, M. K. Nurdiana Handayani, and S. K. Aditya Tegar Prahara Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=vmtYEAAAQBAJ

Rusmanto, Manajemen hubungan pelanggan, teori dan implementasi dengan aplikasi web dan media sosial. Nurul Fikri Press, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=21lcEAAAQBAJ

Hamdi and A. U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-Crm Dalam Penerapan Informasi Implementation of the E-Crm System in the Application of Information To Student Guardian Services At Tk,” vol. 2, no. September, pp. 1390–1399, 2023.

S. Aripin, Hendri Irawan, Wendi Usino, and Ita Novita, “Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2023, doi: 10.36080/kresna.v3i1.74.

R. I. Ramadhani and J. Safitri, “Implementasi Electronic Relationship Management (E-Crm) Guna Meningkatkan Loyalitas Wali Murid Pada Yayasan Pendidikan Daya Dutika : Sekolah Cenderawasih,” Implementasi Electron. Relatsh. Manag. Guna Meningkat. Loyal. Wali Murid Pada Yayasan Pendidik. Daya Dutika Sekol. Cenderawasih, vol. 2, no. 5, pp. 360–366, 2019.

I. Fatoni, “Optimalisasi Penerimaan Santri Baru melalui Pengembangan Customer Relationship Management (CRM) di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri,” Hamalatul Qur’an J. Ilmu Ilmu Alqur’an, vol. 2, no. 1, pp. 19–29, 2021, doi: 10.37985/hq.v2i1.18.

M. Lenawati, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Universitas PGRI Madiun),” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 245–248, 2019.

D. M. Kusumawardani, S. Astiti, M. Y. Fathoni, D. Sunardi, S. Fernandez, and A. Juansa, WEB DASAR Menggunakan HTML, CSS, JS, PHP dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=o8a1EAAAQBAJ

S. K. M. K. Dedy Rahman Prehanto, S. T. M. K. I Kadek Dwi Nuryana, and S. M. Pustaka, BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=0OriDwAAQBAJ

N. Ahmad et al., ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBJEK. Penerbit Widina, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=wSSFEAAAQBAJ

M. K. Rachmat Destriana, S. K. M. T. I. Syepry Maulana Husain, M. K. Nurdiana Handayani, and S. K. Aditya Tegar Prahara Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=vmtYEAAAQBAJ

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2024

Cara Mengutip

Fajriah, F. D., & Ariesta, A. (2024). SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA SMK YADIKA 4 KARANG TENGAH KOTA TANGERANG UNTUK PELAYANAN PENDAFTARAN . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(1), 535–543. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1222

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>