PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN DAN PENGELOLAAN BISNIS PADA TOKO JOSSPARTS

Penulis

  • Satrio Bagus Sindu Adi Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Website, E-Commerce, Business Model Canvas (BMC), Content Management System (CMS), Search Engine Optimization (SEO)

Abstrak

Toko Jossparts adalah toko yang menjual berbagai macam produk motor, khususnya sparepart motor Yamaha. Toko Jossparts menggunakan media sosial instagram sebagai tempat untuk melakukan promosi dan penjualan sekaligus untuk katalog produk. Masalah yang dialami oleh Toko Jossparts adalah banyak pelanggan yang ragu apakah toko dapat dipercaya dan sparepart original atau tidak. Selain itu, Toko Jossparts juga memiliki kesulitan dalam membuat laporan, karena proses pembuatan laporan masih dilakukan secara manual dengan melihat chat DM Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem penjualan online melalui Website E-Commerce agar pelanggan dapat melakukann pemesanan dan transaksi secara online dengan mudah. Penelitian menggunakan metode Content Management System (CMS) dalam membangun Website E-Commerce, menggunakan Business Model Canvas (BMC) dalam merancang desain bisnis, menggunakan Fishbone Diagram dalam menganalisa masalah, dan Search Engine Optimization (SEO) untuk melakukan promosi sparepart secara online. Hasil dari penelitian ini adalah dengan dibangunnya Website E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS) membuat sistem penjualan online yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang ada pada Toko Jossparts dan untuk melakukan promosi menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO). Sehingga dengan adanya E-Commerce, Toko Jossparts diharapkan dapat meningkatan penjualan produk pada toko, memudahkan pembeli dalam melakukan pemesanan dan transaksi secara online, serta memudahkan pemilik toko untuk pembuatan laporan.

Referensi

S. Handayani, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta", ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10(2), pp. 182–189, 2018.

(2022) jim.teknokrat.ac.id. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1549%0Ahttp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/1549/596

R. Wulandari, Aplikasi E-Commerce Penjualan Dan Pemesanan Sparepart Berbasis Web Menggunakan Framework Codeignitir Pada Toko Hikmah Motor, “JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi)”, vol. 8, pp. 1909–1922, 2021.

E. R. Akbar and H. Irawan, Analisis Dan Implementasi E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Pada Queenita Classic, “IDEALIS Indones. J. Inf. Syst.”, vol. 4, pp. 107–116, 2021.

D. Riandika and A. U. Hamdani, Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop, “J. Media Inform. Budidarma”, vol. 4, p. 785, 2020.

M. Hayaty, D. Meylasari, "Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization ( SEO ) Sebagai Media Promosi", Jurnal Informatika, vol. 5(2), pp. 295–300, 2018.

Saori, S., Anjelia, S., Melati, R., Nuralamsyah, M., Djorghi, E., & ulhaq, A., "ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PADA INDUSTRI LILIN (Studi kasus pada PD.Ikram Nusa Persada Kota Sukabumi)", Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1(10), pp. 2133-2138, 2021.

F. M. Firanda, S. Milwandhari, and V. Putratama, Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Web ( Studi Kasus : Dprd Kabupaten Garut ), “Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika – Politeknik Pos Indonesia,” vol. 13, pp. 15–20, 2021.

H. R. Bajakasa et al., "Aplikasi Berbasis Web Pengelolaan Penjualan Dan Pembelian Mainan ( Studi Kasus : Cv Karya Mandiri , Boyolali )", eProceedings of Applied Science, 2022, vol. 8(6), pp. 695–703.

Nor Maysari, M. Musbikhin, and Karmuji, “Model Pengembangan Bisnis Toserba Sunan Drajat melalui Pendekatan Business Model Canvas: (Studi di Toserba Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan)”, Al-Muzdahir: Jurnal Ekonomi Syariah, vol. 5, no. 1, pp. 17–28, Jan. 2023.

R. Parina, A. Wijaya, and Y. Apridiansyah, “Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif SD N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android”, jmi (Jurnal Media Infotama), vol. 18, no. 1, pp. 121 - 127, Apr. 2022.

Indra Priyadi, R. W. JB Sagay, "Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Pasar Komoditas Andalan Desa (PAKADES) Berbasis Mobile Android Untuk Petani Desa", Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol 1 No 2, pp 9-14, 2019.

E. Wulandari and G. Gata, "Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande", IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, pp. 545–551, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Adi, S. B. S., & Ariesta, A. (2023). PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN DAN PENGELOLAAN BISNIS PADA TOKO JOSSPARTS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1564–1572. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1005

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>