IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA APOTEK PRATAMA MEDIFARMA

Penulis

  • Syahrul Rizky Setiawan Universitas Budi Luhur
  • Agnes Aryasanti

Kata Kunci:

Apotek, Produk kesehatan, Content Management System, Search Engine Optimization, Business Model Canvas

Abstrak

E-commerce telah menjadi fondasi yang kuat bagi pertumbuhan bisnis di berbagai sektor, termasuk industri farmasi. Dalam konteks ini, toko konvensional seperti apotek Pratama Medifarma perlu beralih ke platform online untuk memperluas jangkauan dan memenuhi kebutuhan pelanggan digital. Permasalahan  yang  dihadapi oleh apotek Pratama Medifarma adalah proses transaksi yang masih dilakukan secara konvensional, di mana pelanggan harus datang langsung ke apotek untuk bertransaksi dan mendapatkan informasi detail tentang produk yang dijual, dan media pemasaran  yang hanya menggunakan media sosial Instagram yang belum optimal dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan Wordpress sebagai Content Management System (CMS) dalam pengembangan platform e-commerce untuk apotek Pratama Medifarma. Metode penelitian meliputi analisis literatur tentang tren e-commerce dalam industri farmasi, evaluasi kebutuhan khusus apotek Pratama Medifarma, dan implementasi Content Management System (CMS) Wordpress yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordpress memberikan platform yang intuitif, dapat disesuaikan, dan ramah pengguna untuk membangun toko online yang kuat. dan pada penelitian ini memakai Business Model Canvas (BMC), untuk metode analisis pemodelan di apotek Pratama Medifarma, dan juga menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan lalu lintas pengunjung ke situs website e-commerce. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penjualan bagi apotek Pratama Medifarma dibuatkan website e-commerce sebagai media penjualan, yang tidak hanya dapat mendukung perkembangan apotek tetapi juga membantu mengatasi masalah yang ada dengan menerapkan sistem penjualan e-commerce.

Referensi

J. T. Santoso, E-Commerce Tinjauan Manajerial dan Jejaring Sosial. Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.

A. Khaliq, “Perancangan Website Profil Program Studi Menggunakan Content Management System Wordpress,” Jurnal Nasional Teknologi Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 196–201, Jul. 2023, doi: 10.61306/jnastek.v3i3.93.

E. Aristriyana and R. Ahmad Fauzi, “Analisis Penyebab Kecacatan Produk Dengan Metode Fishbone Diagram Dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) Pada Perusahaan Elang Mas Sindang Kasih Ciamis,” Jurnal Industrial Galuh, vol. 4, no. 2, pp. 75–85, Feb. 2023, doi: 10.25157/jig.v4i2.3021.

Setiawan, “Business Model Canvas,” Jurnal Kajian Budaya dan Humaniora, vol. 5, no. 2, pp. 199–216, Jun. 2023, doi: 10.61296/jkbh.v5i2.158.

D. P. Adhi and W. N. Dewi, “Penerapan Aplikasi E-Commerce Produk Obat - obatan Pada Apotik Bagja Cirebon Berbasis Web,” Jurnal Digital of Information Technology (DIGIT), vol. 11, pp. 155–165, 2021.

G. Marizki, E. R. Susanto, H. Sulistiani, A. S. Puspaningrum, and Neneng, “Analisis Pendukung Keputusan Memilih Cms Ecommerce Pada Umkm Orbs,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 3, pp. 347–353, 2022.

M. Hirlan, “Penerapan Website E-Commerce Pada Apotek Simpenan Kabupaten Sukabumi,” Universitas Bina Nusantara, 2020.

I. Wahyuni, O. Oktaviani, and E. F. Rahayu, “Rancang Bangun Website E-Commerce Penjualan Pada Toko Obat Apotek Sumber Sehat Menggunakan PHP Dan MySQL,” ICIT Journal, vol. 8, no. 2, pp. 231–245, Aug. 2022, doi: 10.33050/icit.v8i2.2412.

A. R. Putri, A. Hafizhah, F. H. Rahmah, R. Muslikhah, and S. Nabila, “Penerapan Sistem Informasi Penjualan Obat Online Pada Apotek Dara Berbasis Website,” Jurnal Akrab Juara, vol. 6, pp. 100–107, 2021.

V. A. Mikola and Samsinar, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System Pada Clevhoshop Jogja Dengan Business Model Canvas,” Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer , vol. 4, no. Vol. 4 No. 1 (2023): JMIK Maret 2023, pp. 10–19, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Rizky Setiawan, S., & Aryasanti, A. (2024). IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA APOTEK PRATAMA MEDIFARMA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1424–1433. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1421