PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA CAFE TONGKRONGAN TIKUM

Penulis

  • Taufik Ramadhan universitas Budi Luhur
  • Wendi Usino Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono Universitas Budi Luhur
  • Atik Ariesta Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Electronic Customer Relationship Management, enhance, pemesanan menu, meningkatkan pelayanan, penawaran promo

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, dapat dimanfaatkan bagi para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usahanya. Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi pemasaran dengan pelanggan guna membantu terciptanya hubungan yang baik dari kedua belah pihak. Dengan cara meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya, dan juga nantinya dapat membantu pihak Cafe dalam memaksimalkan pendapatan. Pada saat ini Cafe Tongkrongan Tikum menjalani bisnis nya masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, yaitu belum adanya fasilitas pemesanan menu tanpa harus ke kasir yang menyebabkan antrian, belum adanya promo yang ditawarkan sehingga kurang tertariknya pelanggan, sulitnya pihak Café dalam melihat menu apa saja yang sering dan jarang dipesan oleh pelanggan sehingga pihak Cafe sulit untuk menentukan produk yang ingin dilakukan promo. Sehingga diperlukan sistem yang dapat membantu permasalahan tersebut. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan Customer Relationship Managament berbasis website. Dalam penelitian ini hanya membahas satu tahapan CRM yaitu Enhance atau serangkaian Upaya guna meningkatkan pelayanan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah Oberservasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Pemodelan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis dan desain berorientasi objek dengan menggunakan model Unified Modelling Langauge (UML). Sistem e-CRM ini dibangun dengan menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai Bahasa pemrograman dan databaseMySQL. Dari hasil penelitian ini dibuat sistem e-CRM berbasis website sehingga menghasilkan model E-CRM yang dapat membantu meningkatkan pelayanan Café Tongkrongan Tikum antara lain memberikan fitur diskon, fitur tambah topping, fitur penawaran paket promo, menyediakan fitur penyampaian testimoni dan kritik saran serta juga menyediakan laporan menu terlaris dan tidak laris terjual.Yang didalamnya terdapat 6 modul pada sisi user yaitu pemesanan, penyampain testimoni, penyampaian kritik saran, histori pemesanan, tambah topping, penawaran paket promo. Terdapat 8 modul yang ada pada sisi admin diantaranya tambah menu, tambah barcode meja, tanggapi testimoni, tanggapi kritik saran, melihat data customer, mencetak laporan transaksi, mencetak laporan testimoni, mencetak laporan Kritik Saran. Banyak nya file yang dirancang untuk implmentasi CRM ini yaitu sebanyak 38 file. Dengan adanya sistem e-crm memudahkan pihak café dalam melihat data transaksi pelanggan melihat barang yang laris terjual, dengan adanya fasilitas pemesanan menggunakan Barcode maka akan mempermudah proses pemesanan menu, dengan adanya implementasi Enhanching dengan memberikan Fitur Upselling dan Crossselling membantu pihak Cafe dalam memaksimalkan pendapatan Café, dengan adanya Penambahan fitur testimoni dan kritik saran ke dalam sistem E-CRM yang dapat memudahkan pihak Cafe mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Referensi

K. Yulistina Veronika Nababan, D. Hasibuan, and M. Yohanna, “METHOSISFO: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Perancangan Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Pada COC Cafe Dengan Menerapkan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Mobile,” 2022. [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/METHOSISFO

D. Mistikaweni and L. Li Hin, “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN CATERING HANDAYANI,” 2019.

E. Yuniarti and L. Abdillah, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA TOKO BELLA SONGKET PALEMBANG DENGAN METODE UP SELLING DAN CROSS SELLING,” vol. 4, no. 1, 2022.

L. Nabil, A. Aziz, and H. Patrie, “IMPLEMENTASI E-CRM UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MIE AYAM & BAKSO MONGGO PINARAK,” 2019.

Y. P. Afivah and S. Yulina, “Proceeding Applied Business and Engineering Conference Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis CustomerRelationship Management (CRM) Pada Heri Cafe,” 2022.

I. Bagus Gede Sarasvananda, C. Anwar, and D. Pasha, “ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNKAN PENDEKATAN E-CRM (Studi Kasus : BP3TKI Lampung),” ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNKAN PENDEKATAN E-CRM (Studi Kasus : BP3TKI Lampung), vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.

Dhika Harry and Awaldi Robby, “SISTEM PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI OSAKA RAMEN DEPOK BERBASIS JAVA,” Faktor Exacta, vol. 12, no. 4, pp. 262–271, Feb. 2020, doi: 10.30998/faktorexacta.v12i4.4623.

N. Muslihah, I. Fahmi, A. R. Maulidiana, and I. Y. Habibie, Prinsip dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Universitas Brawijaya Press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=xqFgEAAAQBAJ

Kurniwati Agustina Dwi and Putra Pramujaya vandy.A, “ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN PACKER MACHINE PADA BAG TRANSFER SYSTEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA), FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA), DAN FISHBONE ANALYSIS,” 2019.

M. Syarif and W. Nugraha, “PEMODELAN DIAGRAM UML SISTEM PEMBAYARAN TUNAI PADA TRANSAKSI E-COMMERCE,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 4, no. 1, 2020.

N. A. Maiyedra, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROMOSI TOUR WISATA DAN PEMESANAN PAKET TOUR WISATA DAERAH KERINCI JAMBI PADA CV. RINAI BERBASIS OPEN SOURCE,” PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROMOSI TOUR WISATA DAN PEMESANAN PAKET TOUR WISATA DAERAH KERINCI JAMBI PADA CV. RINAI BERBASIS OPEN SOURCE, vol. 7, no. 1, May 2019, [Online]. Available: https://ejournal.giciku.ac.id/

D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD, vol. 7, no. 1, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Ramadhan, T., Usino, W., Triyono, G., & Ariesta, A. (2023). PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA CAFE TONGKRONGAN TIKUM. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1430–1438. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/894

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>