Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode SAW di PT Gracias Mitra Selaras

Penulis

  • Renaldy Yusuf Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

sistem penunjang keputusan, karyawan terbaik, Simple additive weighting

Abstrak

Teknologi Informasi merupakan suatu kegiaatan yang dilakukan oleh manusia untuk menerima dan mendapatkan informasi serta berkomunikasi dan bersosialisasi. Teknologi juga berkembang dengan sangat cepat seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang dapat menyediakan informasi dan membantu manajemen untuk mengambil setiap ketentuan dengan secara cermat dan bijak, dalam melaksanaan kegiaatan yang ada diperusahaan. PT Gracias Mitra Selaras yang bergerak dalam bidang Retail Supermarket Internasional, dengan ini membutuhkan sistem penujang keputusan yang dapat membantu perusahaan dalam setiap pemilihan penilaian kinerja karyawan terbaik,sesuai kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dengan adanya manajer, penilaian karyawan saat ini masih menggunakan dokumen kertas dan penghitungan dilakukan secara manual.  Untuk mengatasi suatu masalah yang ada di perusahaan seperti kurang efisiensi dalam melakukan pemilihan karyawan terbaik, penulis membuat suatu sistem penunjang keputusan memakai metode Simple Additive Weighting,agar dapat membantu suatu perusahaan. Untuk mengambil keputusan saat melakukan penilaian kinerja karyawan, ada beberapa kriteria dasar  sudah menjadi acuan antara lain : absensi, kualitas kerja, kerjasama, dan kedisiplinan. Perhitungan penilaian kinerja karyawan menggunakan normalisasi matriks ke sebuah skala yang akan dibandingkan dengan  nilai dan memilih alternatif terbaik, diharapkan mempermudah perusahaan untuk mendapatkan keputusan pemilihan karyawan terbaik dengan tepat dan akurat.Sebagai tambahan, sistem ini diharapkan dapat digunakan sebagai rekap data dan mempermudah dalam pencarian data dalam pencarian kinerja karyawan terbaik.

Referensi

A. P. Windarto, “Penilaian Prestasi Kerja Karyawan PTPN III Pematangsiantar Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 84, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v2i1.22.

D. Witasari and Y. Jumaryadi, “Aplikasi Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus Citra Widya Teknik),” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 2, p. 115, 2020, doi: 10.24853/justit.10.2.115-122.

Y. Astuti and I. Z. Fu’ad, “Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada PT. Patra Nur Alaska,” J. STMIK Pringsewu, vol. 5, no. 1, pp. 37–42, 2017,.ac.id/index.php/semna steknomedia/article/view/1699/1576

A. Setiadi, Y. Yunita, and A. R. Ningsih, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 104–109, 2018, doi: 10.32736/sisfokom.v7i2.572.

S. G. Andika, K. Kusnadi, and P. Sokibi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Siswa Sma Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Studi Kasus : Sma Santa Maria Cirebon),” J. Digit, vol. 9, no. 1, p. 59, 2020, doi: 10.51920/jd.v9i1.133.

H. Hertyana, “Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan terbaik menggunakan metode saw studi kasus amik mahaputra riau,” Intra-Tech, vol. 2, no. 1, pp. 74–82, 2018, [Online]. Available: https://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/27

D. Christiano, M. Wenthe, and V. H. Pranatawijaya, “Dini Menggunakan Teknologi Augmented,” Reasearchgate, 2021.

A. Ratih and K. Khotimah, “ANALISIS FISHBONE Impartiality Management at LSP BATAN with Fishbone Analysis Approach,” 2021.

I. S. Putra, F. Ferdinandus, and M. Bayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Dengan Metode Saw Berbasis Web,” CAHAYAtech, vol. 8, no. 2, p. 136, 2019, doi: 10.47047/ct.v8i2.50.

M. Faizin, A. Jamaludin, and K. Prihandani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Furniture Pada CV. Indomeuble Menggunakan Metode TOPSIS,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 406–421, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Yusuf, R., & Triyono, G. (2022). Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode SAW di PT Gracias Mitra Selaras. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 1(1), 2003–2010. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/369

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>