PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA TOKO HASANAH COLLECTION
Kata Kunci:
E-Commerce, Search Engine Optimization (SEO), Business Model Canvas (BMC), Content Management System (CMS), Toko Hasanah CollectionAbstrak
Hasanah Collection adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan pakaian wanita muslimah. Pada toko Hasanah Collection, masih banyak proses bisnis yang belum terdokumentasi dan pengolahan data masih manual. Pada tahap penjualan, Hasanah Collection hanya mengandalkan media sosial yaitu Instagram dan WhatsApp diantaranya pelanggan harus menghubungi penjual/pemilik agar mengetahui perkembangan stok, Pelanggan kesulitan untuk mencari produk yang ingin dibeli, dan admin atau pemilik sulit untuk membuat laporan yang berkaitan dengan bisnisnya, karena proses masih belum terkomputerisasi atau dilakukan dengan manual. Sehingga diperlukan penelitian perancangan sistem informasi penjualan berbasis web dengan Content Management System (CMS) agar dapat membantu proses penjualan pada Toko Hasanah Collection , dan mengoptimasi situsnya dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, Analisis Kebutuhan diantaranya instalasi dan konfigurasi CMS pada cpanel, Implementasi dan pengujian. Kesimpulan penelitian ini adalah pelanggan dapat mengetahui persediaan produk, dapat mencari produk dengan mudah, siapapun dapat mengunjungi toko kapan saja dan dimana saja, dan admin dapat membuat laporan dengan lebih efisien.
Referensi
D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39.
S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189.
R. Rohmanto and T. Setiawan, “Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram,” Intern. (Information Syst. Journal), vol. 5, no. 1, pp. 53–62, 2022, doi: 10.32627/internal.v5i1.506.
B. R. Halilintar and D. Ariyus, “Implementasi Seo (Search Engine Optimization) Pada Website Agc (Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan Serp (Search Engine Result Page) Studi Kasus : Website Gallery,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2018, vol. 6, no. 1, pp. 1-3–13, 2018, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2065
F. Ramadhan and L. Fajarita, “Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 251–259, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1508.
Hengki Tamando Sitohang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2018.
R. D. Purwanto et al., “Menggunakan Content Management System Wordpress Untuk Mengembangkan Website Penjualan Berbasis E-Commerce Pada Toko Anakku,” J. IDEALIS (Indonesia J. Inf. Syst., vol. 2, no. 5, pp. 577–583, 2019.
A. Hamid, F. Muttakin, M. R. Anugrah, N. Nazira, A. Al Qadr, and R. Ramadhan, “Analisis Business Model Canvas Pada Hawaii Swalayan Rumbai,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind. 14, vol. 8, no. 1, pp. 81–88, 2022.
E. Wulandari and G. Gata, “Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 545–551, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1717.
R. A. Hendrawan et al., “Pengembangan eCommerce Multi Kanal untuk UMKM Jajanan & Minuman Produk Lokal di Surabaya,” Sewagati, vol. 5, no. 1, p. 94, 2021, doi: 10.12962/j26139960.v5i1.7809.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.