PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMET SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SYAMRA COLLECTION

Penulis

  • Muhammad Rafi Febriansyah Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Website, Content Management System, Business Model Canvas, E-Commerce, Search Engine Optimization

Abstrak

Toko Syamra Collection merupakan sebuah toko yang bergerak dibidang pakaian modern dan pakaian muslim, berlokasi di Jl. Damai Raya, RT 09/RW 05, Petukangan Selatan, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan 12270. Adapun masalah toko ini yaitu pencatatan masih dilakukan secara sederhana dengan melakukan pembukuan sebagai media dokumentasinya, sehingga proses laporan pembukuannya memakan banyak waktu dan sering mengalami kendala seperti duplikasi data, seperti data penjualan dan pencatatan stok barang. Serta toko Syamra Collection masih kurangnya media promosi, produknya masih jarang dikenal oleh masyarakat dikarenakan pemilik hanya menggunakan instagram sebagai media pemasarannya, sehingga Syamra Collection belum menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Dalam penelitian ini menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) sebagai metode untuk menganalisis kinerja bisnis, diagram fishbone untuk menganalisis permasalahan pada sistem yang sedang berjalan, diagram use case untuk merancang sistem informasi dan content management system (CMS) Wordpress serta menggunakan plugin Woocommerce untuk implementasi website e-commerce guna memperluas website kemudian menggunakan teknik search engine optimization (SEO) untuk meningkatkan traffic ke website dan juga agar website mudah dicari pada mesin pencari. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem penjualan online atau e-commerce dengan content management system (CMS) yang dapat memenuhi kebutuhan dan memudahkan toko dalam menjalankan aktivitas bisnis seperti penjualan, stok, promosi, pengelolaan data dan transaksi online. Selain itu pelanggan dapat mengetahui produk-produk terbaru yang tersedia dan berbelanja dengan lebih mudah.

Referensi

W. Rayhan Adhitya, T. Teviana, A. Hidayat, And I. Khaira, “Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-Commerce Dan Media Sosial Terhadap Masyarakat Dalam Melakukan Pembelian,” Terap. Inform. Nusant., Vol. 5, No. 1, Pp. 63–72, 2024, Doi: 10.47065/Tin.V5i1.5293.

A. S. Rohmatillah, C. Butandy, F. Rafif Ferdian, M. Agusta, And M. A. Yudha Pratama, “E- Business Dan E- Commerce,” Comserva J. Penelit. Dan Pengabdi. Masy., Vol. 3, No. 11, Pp. 4405–4415, Mar. 2024, Doi: 10.59141/Comserva.V3i11.1256.

Y. L. R. Rehatalanit, “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis,” No. 5, 2021, Doi: Https://Doi.Org/10.35968/Jti.V5i0.764.

R. Hafsari, E. Arribe, M. Luthfillah Andria, And V. Miransya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Pt. Riau Pos Intermedia),” Prosisko Vol. 11 No.1 Maret 2024, Vol. 11, 2024.

I. Dhafalla Firmansyah And D. Anubhakti, “Penerapan E-Commerce Menggunakan Content Management System (Cms) Pada Toko Combi Shop,” Vol. 2, No. 2, 2023.

S. H. Winata, B. Cahya Putra, Y. Santoso, W. Usino, And I. Susanti, “Penerapan E-Commerce Menggunakan Content Management System (Cms) Wordpress Pada Yan Sketch Art Untuk Memperluas Pemasaran,” Vol. 3, No. 1, 2024.

F. Firanda, S. Milwandhari, And V. Putratama, “Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Web(Studi Kasus : Dprd Kabupaten Garut),” 2021.

E. Wulandari And G. Gata, “Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande.”

E. Aristriyana And R. Ahmad Fauzi, “Analisis Penyebab Kecacatan Produk Dengan Metode Fishbone Diagram Dan Failure Mode Effect Analysis (Fmea) Pada Perusahaan Elang Mas Sindang Kasih Ciamis,” 2023. Doi: 10.25157/Jig.V4i2.3021.

H. Warnaningtyas, “Ekomaks : Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif Dan Bisnis; E-Issn: 2580-0043 Desain Bisnis Model Canvas (Bmc) Pada Usaha Batik Kota Madiun,” 2020. [Online]. Available: Http://Ekomaks.Unmermadiun.Ac.Id/Index.Php/Ekomaks

O. Febriani, A. Putra, And R. Prayogie, “Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian 2020 Ibi Darmajaya Bandar Lampung,” 2020.

A. Antonius And B. R. Suteja, “The Implementasi Metode On-Page Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Peringkat Website Sebagai Hasil Pencarian Google,” J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., Vol. 7, No. 1, Apr. 2021, Doi: 10.28932/Jutisi.V7i1.3428.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Febriansyah, M. R., & Samsinar, S. (2024). PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMET SYSTEM (CMS) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SYAMRA COLLECTION . Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 3(2), 1523–1532. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1440

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>