PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA HARTO RENT CAR

Penulis

  • Faraz Jonanda Putra Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Electronic Customer Relationship Management, Rental Mobil

Abstrak

Jasa penyewaan mobil merupakan suatu bisnis yang terus berkembang tiap waktunya. Rental mobil dibuat untuk memudahan pelanggan dalam menyewa mobil untuk berbagai keperluan. Harto Rent Car adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan mobil, yang saat ini belum memiliki sistem informasi yang terkomputerisasi dalam proses bisnisnya yang mengakibatkan pendapatan rental belum maksimal serta sering terjadinya kesalahan pencatatan dan kehilangan laporan transaksi penyewaan mobil. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sebuah sistem informasi electronic customer relationship management (e-crm) untuk meningkatkan kualitas proses bisnis pada Harto Rent Car dengan metode penelitian yang dilakukan yaitu memahami masalah dengan cara observasi dan wawancara, menentukan tujuan setelah mendapatkan masalah, studi pustaka untuk menjadikan acuan dari penelitian sebelumnya, identifikasi kebutuhan untuk menetapkan kebutuhan sistem yang akan dirancang, perancangan aplikasi. Dengan menerapkan tiga tahapan CRM yaitu acquire, enhance, dan retain yang menyajikan sebuah sistem penyewaan mobil online untuk memberikan pengalaman bertransaksi pelanggan yang baik, kemudian untuk meningkatkan pendapatan rental, maka disajikan fitur paket penyewaan mobil dan diskon penyewaan mobil supaya pelanggan lebih tertarik untuk menyewa mobil, kemudian menyediakan wadah untuk ulasan pelanggan terhadap rental untuk menjaga hubungan baik rental dengan pelanggan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi electronic customer relationship management (e-crm) dengan menerapkan tahapan CRM yang diimplementasikan kedalam fitur-fitur pada sistem informasi yang dirancang yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses bisnis pada Harto Rent Car sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Referensi

A. R. Handrico and M. Fahrizal, “Sistem Informasi E-CRM Berbasis Web untuk Peningkatan Loyalitas serta Pelayanan,” Portaldata.org, vol. XXI, no. 1, pp. 1–14, 2021, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/34/33

Suryani, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) dalam RISET PEMASARAN, Pertama. Banten: Pascal Books, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=1FRzEAAAQBAJ

N. A. Manurung and A. Nugroho, “Implementasi Customer Relationship Management Di Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Otomotif,” J. Terap. Abdimas, vol. 3, no. 2, p. 97, 2018, doi: 10.25273/jta.v3i2.2795.

A. K. S, W. Witanti, and H. Ashaury, “Sistem Analytical Electronic Customer Relationship Management pada PT . Subur Raja Roda Sejahtera,” Addy Kurniawan S, pp. 478–485, 2019, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semnastik/article/view/2904/1774

W. Wulandari, P. D. P. Nugroho, and F. Ramadhan, “Rancangan Sistem Informasi Penyewaan Bus Dengan Pendekatan Electronic Customer Relationship Management (E-Crm),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2808.

G. Szalika, E. Yulianingsih, P. Studi, S. Informasi, and F. Ilmu, “Penerapan Konsep CRM Pada Penyewaan Lapangan Bulutangkis Berbasis Web,” J. Jupiter, vol. 14, no. 2, pp. 456–464, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/view/5164/2206

N. Haqqizar, T. W. Widyaningsih, M. A. Dewi, N. Haqqizar, T. W. Widyaningsih, and M. A. Dewi, “Model Agile Scrum untuk Pengembangan e-Customer Relationship Management Pendukung Layanan Sewa Gudang,” 2023, [Online]. Available: https://jurnal.tau.ac.id/index.php/siskom-kb/article/view/374/298

D. Dewianawati et al., MANAJEMEN PEMASARAN JASA, Pertama. Bali: CV. Intelektual Manifes Media, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=jbO1EAAAQBAJ

E. Wulansari, Hetilaniar, and P. D. Nurhasana, “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 138 Palembang,” Jjote J. Teach. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 118–125, 2022.

M. K. Apriansyah and A. Fauz, “Perancangan sistem informasi dan donasi al- mumtaz peduli pontianak berbasis website,” eProsiding Tek. Inform. …, vol. 2, no. 1, pp. 335–341, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/408%0Ahttps://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/download/408/52

A. Nazaruddin, E. Krisnanik, A. Muliawati, and N. Syamsiah, Analisa Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. 2022. [Online]. Available: www.penerbitwidina.com

A. Vandy Pramujaya Putra, “Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine Pada Bag Transfer System Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (Fta), Failure Mode and Effect Analysis (Fmea), Dan Fishbone Analysis,” 1st Conf. Ind. Eng. Halal Ind. Progr. Stud. Tek. Ind. Fak. Sains dan Teknol. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019, pp. 125–132, 2019, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3690/pdf

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Putra, F. J., & Rony, M. A. (2023). PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA HARTO RENT CAR. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1270–1279. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/776

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama