ANALISIS DAN PERANCANGAN E-CRM BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. ANUGERAH JAYA

Penulis

  • Triananda Fachri Nugroho Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Yuliazmi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Safitri Juanita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, DKI Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Pengadaan Barang, prototype, Analisis dan Perancangan, Meningkatkan Penjualan, E-CRM, Electronic Customer Relationship Management

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi tidak dapat lagi dipungkiri. Sudah seharusnya perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan membutuhkan sistem yang sangat baik sehingga dalam menjalankan bisnisnya mampu bekerja secara efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu gambaran strategi pemasaran sebuah bisnis dalam mengelola suatu hubungan antara perusahaan dengan Customer agar terciptanya keuntungan dari kedua belah pihak. Dalam upaya menambah Customer, meningkatkan hubungan dengan Customer serta mempertahankan Customer, CV. Anugerah Jaya merupakan perusahaan pengadaan barang dan jasa yang ingin menciptakan hubungan baik dengan Customer nya agar meningkatkan penjualan perusahaan. Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan ini mengalami beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu belum adanya fasilitas online untuk Customer melakukan pembelian barang, Customer yang menyewa beberapa barang saja, Customer lama yang tidak melakukan repeat order, serta penambahan Customer yang belum mencapai target. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang diberikan yaitu dengan memberikan fitur testimoni untuk meningkatkan hubungan baik dengan Customer, fitur membership untuk mempertahankan Customer, serta code voucher untuk menarik Customer baru dengan cara implementasi sistem berbentuk website eCRM, dengan tujuan meningkatkan penjualan pada perusahaan. Hasil dari tiga tahapan implementasi e-CRM yaitu pendapatan perusahaan meningkat, menarik Customer baru datang, mempermudah proses pembelian barang, serta meningkatnya hubungan baik dengan Customer.

Referensi

Y. Elva, N. Trisna, and R. Afira, “Customer Relationship Management (CRM) Untuk Peningkatan Penjualan Hasil UMKM Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) (StudiKasus : BUMDES Desa Apar Kota Pariaman),” J. Sci. Soc. Res., vol. 4, no. 3, p. 312, 2021, doi: 10.54314/jssr.v4i3.697.

A. B. Masrina, M. Amin, and P. Putri, “Implementasi E-CRM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk di Toko Matrix Celluler Berbasis Web,” JUTSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 77–84, 2022, doi: 10.33330/jutsi.v2i2.1683.

S. Prabawa, I. Nofikasari, and A. I. Pradana, “Customer relationship management,” Digit. Mark. Fundam. From Strateg. to ROI, vol. 15, pp. 427–470, 2021.

dewi Antika, F. Helmiah, and W. Handoko, “E-CRM in the Process of Improving Web-Based Sales Sistem At Zahreen’S Shop,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 563–572, 2022, [Online]. Available: http://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/article/view/240

S. N. Siahaan, I. K. Siregar, and C. Latiffani, “Implementasi E-CRM Untuk Meningkatkan Penjualan Obat-Obatan Dan Pupuk Di UD . Menara Tani Kecamatan,” vol. 9, no. 4, pp. 3718–3729, 2022.

N. Muslinah, I. Fahmi, A. R. Maulidiana, and I. Y. Habibie, Prinsip Dan Aplikasi Metodologi Penelitian Gizi. Universitas Brawijaya Press, 2021.

M. K. DR. Dewi kurniasih S.K.M, Failure in Safety Sistem : Metode Analisis Kecelakaan Kerja, 1st ed. Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=57QHEAAAQBAJ&pg=PA19&dq=pengertian+fishbone+ishikawa&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwik3YbO4u38AhVPRmwGHZ3ZA9YQ6AF6BAgEEAI#v=onepage&q=pengertian fishbone ishikawa&f=false

S. Khalimah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pergudangan Berbasis Website,” J. Ilmu Komput. dan Desain Komun. Vis., vol. 5, no. 1, pp. 22–34, 2020.

D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39.

N. 2022 Andyka Pratama Putra, “Rancang bangun sistem informasi penjualan kap lampu berbasis web pada jaya lamp,” vol. 1, no. 09, pp. 1398–1406, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Nugroho, T. F., Andah, B. D., Yuliazmi, & Juanita, S. (2023). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-CRM BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. ANUGERAH JAYA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(1), 980–989. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/718

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>