PERANCANGAN STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA COFFEE SHOP UD.DJAYA

Penulis

  • Balqis Hendrawan Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Ainur Rony

Kata Kunci:

Customer Relationship Management, Coffee Shop,Promosi

Abstrak

Coffee Shop merupakan lahan bisnis yang menjanjikan dan pertumbuhan Coffe Shop di Indonesia sendiri sudah tersebar luas di kota – kota besar maupun kecil. Coffee Shop tidak hanya tempat untuk berkumpul semata melepas penat atau mencari hiburan. Banyak dari kalangan muda hingga tua menjadikan Coffee Shop  sebagai tempat berdiskusi dan bertukar pikiran. UDJAYA Coffee Shop merupakan salah satu tempat kopi yang berada dikawasan strategis di Kota Bogor. ingin berusaha menciptakan hubungan baik dengan pelanggannya agar meningkatkan penjualan, namun saat ini Udjaya melakukan promosi hanya dengan satu platform yang dimana kurang maksimal dalam memikat perhatian pelanggan. Sehingga membutuhkan penggunaan sistem manajemen untuk membangun hubungan Udjaya dengan pelanggan, di antaranya dengan menggunakan sistem Costumer Relationship Management (CRM) yang memuat 1 tahapan CRM, yaitu Acquire. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi Customer Relationship Management agar mengetahui peningkatan pelanggan dan menjalin kontak dengan pelanggan. Maka dari itu disediakan media komunikasi langsung dengan pelanggan untuk meberikan fitur diskon. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dengan observasi langsung, wawancara serta dokumentasi. System CRM ini dibangun dengan menggunakan pemograman Hpertext Preprocessor (PHP) sebagai Bahasa pemograman dan Mysql database. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi untuk membantu perusahaan UD.DJAYA.

Referensi

D. Ngelyaratan, D. Soediantono, S. Staf, K. Tni, and A. Laut, “Customer Relationship Management (CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review,” 2022. [Online]. Available: http://www.jiemar.org

S. A. Quraniah and I. Mayasari, “Analisis Penerapan Customer Relationship Management Pada Website dan Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Shopee, Toko Kopi Tuku, Zalora, dan PT. Tirta Investama (Aqua),” 2021.

K. Yulistina Veronika Nababan, D. Hasibuan, and M. Yohanna, “METHOSISFO: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Perancangan Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Pada COC Cafe Dengan Menerapkan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Mobile,” 2022. [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/METHOSISFO

A. Syafnur, “IMPLEMENTASI PENGGUNAAN WEB DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGAMENT DI TENGAH PERSAINGAN ANTAR PEDAGANG KOPI,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, 2019.

A. B. Masrina, M. Amin, and P. Putri, “Implementasi E-CRM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Di Toko Matrix Celluler Berbasis Web,” JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 77–84, Jun. 2022, doi: 10.33330/jutsi.v2i2.1683.

Y. P. Afivah and S. Yulina, “Proceeding Applied Business and Engineering Conference Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis CustomerRelationship Management (CRM) Pada Heri Cafe”.

R. Y. Endra, Y. Aprilinda, Y. Y. Dharmawan, and W. Ramadhan, “Analisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website,” EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 11, no. 1, p. 48, Jun. 2021, doi: 10.36448/expert.v11i1.2012.

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

M. Velia Susanti, “PENERAPAN METODE WATERFALL PADA RANCANG BANGUN APLIKASI P2DB DI SMK DEWANTARA CIKARANG MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL,” Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 6, no. 2, 2021, [Online]. Available: https://www.simantik.panca-sakti.ac.id/

R. Sepka Wandela and E. Elisa, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PELANGGAN FITNESS BERBASIS WEB.”

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Hendrawan, B., & Ainur Rony, M. (2023). PERANCANGAN STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA COFFEE SHOP UD.DJAYA. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1495–1504. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/953