PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA TOKO PAKAIAN NAZWA COLLECTION

Penulis

  • Gerrry Alvarel Universitas Budi luhur
  • Muhammad Ainur Rony

Kata Kunci:

website, E-Commerce, WordPress, woocommerce

Abstrak

Nazwa Collection adalah toko yang bergerak di bidang Fashion yaitu pakaian wanita khususnya untuk remaja sampai dewasa. Aktivitas transaksi jual-beli produk masih dilakukan dengan cara datang langsung ke toko Nazwa Collection. Penyampaian promosi produk masih dilakukan dengan cara menawarkan, memanggil dan merayu konsumen untuk datang ke toko. Permasalahan yang ada saat ini pada toko Nazwa Collection yaitu aktivitas transaksi jual-beli produk masih dilakukan dengan cara datang langsung ke toko Nazwa Collection dikarenakan tidak memiliki toko online dan tidak memiliki media promosi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu dalam segi penjualan toko Nazwa Collection kesulitan medapatkan pelanggan baru dikarenakan penyampaian promosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut (WOMM). Oleh sebab itu peneliti ingin membuat website toko online (E-Commerce) untuk meningkatkan pendapatan dan mempermudah transaksi jual-beli pada toko Nazwa Collection. Dalam pengembangan website E-Commerce ini peneliti menggunakan pemodelan website menggunakan metode UML berupa Activity Diagram, Fishbone Diagram, Business Model Canvas (BMC), Use Case Diagram, dan Rancangan layar. Untuk memperluas situs website yang dibuat maka peneliti mengunakan teknik optimasi mesin pencarian atau Search Engine Optimization (SEO) yang akan digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung pada sebuah halaman website dan juga digunakan agar sebuah halaman website dapat terdeteksi atau tertelusuri dengan baik pada sebuah mesin pencari. Sedangkan dalam membuat website, peneliti menggunakan Wordpress, WooCommerce, CMS dan MySQL. Hasil rancangan yang diharapkan peneliti adalah dengan adanya website ini toko Nazwa Collection dapat menjangkau pasar yang lebih luas, serta pihak toko lebih mudah memberikan informasi produk kepada konsumen.

Referensi

Azwar, Hamria, and Elisya Muksin, “TRANSAKSI PENJUALAN TOKO PAKAIAN BUMDES LIMBATO KABUPATEN BOALEMO,” JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK KOMPUTER, vol. 6, no. 2, pp. 141–149, 2021.

V. Kristianingrum and M. F. Y. Al-Fadillah, “Perancangan Website E-Commerce Penjualan Ikan Cupang,” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), vol. 18, no. 3, pp. 164–180, Feb. 2022, doi: 10.26487/jbmi.v18i3.19538.

Suriyati, “Desain Perancangan E-Commerce Kain Tenun Lombok Desa Sukarara Lombok Tengah,” vol. 2, no. 2, p. 36, 2019.

F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “PERANCANGAN SISTEM E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN PAKAIAN PADA TOKO A&S,” 2020.

Badrudin and Rayan Nurdin, “SIM (Sistem Informasi Manajemen) Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis CMS Wordpress Badrudin*) Rayan Nurdin *) Corresponding Author,” 2019. [Online]. Available: http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/index

F. Ramadhan and L. Fajarita, “IMPLEMENTASI RANCANGAN E-COMMERCE PADA SURYA TIMUR COLLECTION DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS),” 2020.

Sonata and Fifin, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 8, no. 1, p. 22, Jun. 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

P. S. Hasugian, “PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI,” 2018.

Diki Rasapta, Syndhe Qumaruw Syty, and Septa, “MENGENAL DAN MENERAPKAN ECOMMERCE UNTUK MENGAMBIL PELUANG USAHA UNTUK GENERASI MUDA DI SMK BISTEK CIBINONG,” vol. 1, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index

Rafi Bagaskara Halilintar and Dony Ariyus, ““Implementasi SEO (Search Engine Optimization) Pada Website AGC(Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) Studi Kasus: Website Gallery,” Universitas AMIKOM Yogyakarta, vol. 5, pp. 13–18, Feb. 2018.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Alvarel, G., & Ainur Rony, M. (2023). PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE PADA TOKO PAKAIAN NAZWA COLLECTION. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2). Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/743

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.