PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO PANCING IBU DWI

Penulis

  • Shinta Listiyani Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur

Kata Kunci:

E-Commerce, Content Management System (CMS), Wordpress, Toko Pancing

Abstrak

Toko Pancing Ibu Dwi merupakan toko yang berfokus pada penjualan berbagai kebutuhan peralatan untuk memancing. Proses bisnis saat ini terjadi belum mencapai tingkat optimal dalam meningkatkan penjualan, sehingga menyebabkan munculnya berbagai permasalahan yang sering terjadi dalam proses penjualan. Permasalahan yang dihadapi oleh Toko Pancing Ibu Dwi diantaranya proses transaksi masih dilakukan secara manual yang mengharuskan pelanggan mengunjungi toko secara langsung untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi detail mengenai produk yang dijual, tidak ada media pemasaran yang dapat mencakup jangkauan yang luas untuk menarik calon pelanggan serta pengolahan data pendapatan penjualan toko masih belum terkomputerisasi yang sehingga informasi pendapatan yang didapatkan tidak akurat. Karena itulah, penting bagi toko untuk memiliki teknologi informasi yang dapat membantu menangani berbagai masalah, seperti penerapan aplikasi penjualan elektronik (E-Commerce). Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data, perancangan sistem E-Commerce digambarkan dengan Unified Modeling Language (UML). Analisa model bisnis digambarkan dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Selain itu, untuk mengidentifikasi masalah dilakukan analisa menggunakan Fishbone Diagram. Proses implementasi E-Commerce dilakukan dengan menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress dengan Plugin Woocommerce untuk mendukung fungsi e-commerce. Selain itu, diterapkan juga Teknik SEO On-Page untuk meningkatkan peringkat pencarian kata kunci di mesin pencari serta Mix Marketing 4P untuk strategi pemasaran. Dalam penelitian ini, berhasil dibangun sebuah model E-Commerce berbasis web untuk Toko Pancing Ibu Dwi yang diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas sehingga meningkatkan pendapatan toko. Model ini dilengkapi dengan fitur-fitur usulan yang bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada Toko Pancing Ibu Dwi seperti adanya fitur katalog produk yang memberikan kemudahan bagi calon pelanggan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan dan fitur cetak laporan pendapatan yang memudahkan Toko Pancing Ibu Dwi dalam mengolah data penjualan. Selain itu, dilakukan pengujian performa website menggunakan Google Search Console serta melalui pengujian SEO, website berhasil tampil di halaman pertama hasil pencarian Google.

Referensi

R. R. Rerung, Pemrograman Web Dasar. Deepublish, 2018.

J. Manajemen, S. Informasi, R. Williandi, And A. Feranika, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Penjualan Peralatan Pancing Pada Toko Handoyono Berbasis Web Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi ( Jms ),” Vol. 3, Pp. 285–294, 2023.

M. Subeqi Et Al., “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Alat Pancing Berbasis Web Pada Toko Asri Raya Fishing,” Vol. 5, No. 2, Pp. 632–635, 2021.

N. M. Sungguh, S. Rostianingsih, And D. H. Setiabudi, “Perancangan Dan Pembuatan E-Commerce Pada Ud. Jackpot Pancing,” J. Infra, Vol. 5, No. 2, Pp. 176–182, 2017.

J. Simatupang And Y. Sepriani, “Sistem E-Commerce Pada Toko Aj. Pancing,” J. Intra Tech, Vol. 4, No. 1, Pp. 98–110, 2020.

R. Mawarni, D. Triyanti, D. Afriansyah, Y. Kurniawan, And D. Sartika, “Sistem Informasi Penjualan Alat-Alat Pancing Berbasis Web Pada Toko Yoggi Bersaudara Di Talang Padang Kabupaten Tanggamus (Studi Kasus Toko Yoggi Bersaudara),” J. Inf. Dan Komput., Vol. 10, No. 1, Pp. 214–219, 2022.

A. F. Prasetya, Sintia, And U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Terap. Dan Inf., Vol. 1, No. 1, Pp. 14–18, 2022.

J. Untan, “Analisis Fishbone Diagram Untuk Mengevaluasi Pembuatan Peralatan Aluminium,” Vol. 10, No. 1, Pp. 4–6, 2021.

I. Nurrachmi And Setiawan, “Analisis Penerapan Business Model Canvas Pada Koperasi Syariah,” Malia (Terakreditasi), Vol. 12, No. 1, Pp. 67–78, 2020, Doi: 10.35891/Ml.V12i1.1896.

D. W. T. Putra And R. Andriani, “Unified Modelling Language (Uml) Dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi Sppd,” J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, Vol. 7, No. 1, Pp. 32–39, 2019.

B. Huda And B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Management System (Cms) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce,” Systematics, Vol. 1, No. 2, P. 81, 2019, Doi: 10.35706/Sys.V1i2.2076.

R. B. Halilintar And D. Ariyus, “Implementasi Seo (Search Engine Optimization) Pada Website Agc (Auto Generated Content) Untuk Meningkatkan Serp (Search Engine Result Page) Studi Kasus: Website Gallery,” Semnasteknomedia Online, Vol. 6, No. 1, Pp. 1–3, 2018.

D. D. S. Ningsih And M. R. Maika, “Strategi Bauran Pemasaran 4p Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar Di Sidoarjo,” J. Ilm. Ekon. Islam, Vol. 6, No. 3, P. 693, 2020, Doi: 10.29040/Jiei.V6i3.1464.

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2023

Cara Mengutip

Listiyani, S., & Umar Hamdani, A. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO PANCING IBU DWI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2(2), 1360–1369. Diambil dari https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/883